Mengatasi AC Rumah Yang Bocor

Masalah AC bocor merupakan masalah yang menjengkelkan bagi para pemilik AC. Saya termasuk salah satunya. Dulu, jika masalah ini terjadi, cara paling gampang adalah menelpon tukang pembersih AC. Crat .. crot .. tidak beberapa lama .. bereslah sudah. Tapi muncul kejengkelan baru, “Pa, freon-nya harus diisi nih !!”. Menurut teori, ciri2 freon habis adalah AC yang kurang dingin akibat media pembuang panasnya (freon) sudah banyak yang menguap. Salah satu penyebab freon menguap adalah panas yang tertutup debu pada condenser. Masalahnya AC saya masih dingin Kok !!


Setelah membetulkan penyedot debu saya yang rusak, saya mencoba menyedot kotoran/debu yang menempel pada AC. Setelah Kap dibuka, dan ternyata, debu yang menutupi hampir seluruh saringan udara. Setelah dicopot, dengan mudah saya menyedot semua kotoran yang menempel pada saringan udara. Setelah itu pasang kembali saringan udara dan penutupnya. Apakah masalah bocor terselesaikan? Tentu saja tidak .. biasanya saya tetap menyalakan AC dan meletakkan panci di bawahnya (cara darurat).


Tentu saja cara ini tidak menyelesaikan masalah, nenek-nenek juga bisa!!!. Beberapa situs di internet menjelaskan penyebab AC bocor adalah pipa saluran keluaran yang tersumbat debu, maka jika debu tersebut berhasil dibuang, maka masalah bocor sudah pasti bisa diatasi. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuang debunya? Cara yang dilakukan tukang servis adalah dengan menyemprot, masalahnya saya tidak punya alat semprot tersebut. Bagaimana dengan penyedot debu yang saya miliki. Tentu saja bisa, asalkan AC sedang kering, karena jika dipaksakan dalam keadaan basah, dijamin pembersih debu saya akan rusak. Masalah muncul karena seringnya AC dipakai, maka kapan ada waktu keringnya? Seperti surat Al-Insyirah : “Innama’al Usri Yusro” bahwa pasti ada “kunci” jawaban setiap masalah, masalah tersebut dapat saya atasi. Kebetulan dekat tempat pembuangan air kondensasi AC dekat dengan kran penyiram tanaman.


Dasar fikirannya adalah, tenaga vakum dapat dapat menyedot debu yang menyumbat saluran pembuangan air AC. Tancapkan pada ujung saluran pembuangan AC ujung selang kran tersebut.

Buka kran beberapa detik .. lalu matikan!!! Di sini saya beri tiga tanda seru, karena jika kelamaan, maka air akan mengalir ke dalam AC rumah!!!


Cabut selang air yang menancap pada ujung selang pembuangan AC. Lepaskan .. dan “Astaga” kotoran hitam pekat yang banyak tiba-tiba keluar tiba-tiba disertai dengan aliran deras air dingin sisa pembuangan AC yang tertahan debu tersebut dan “Alhamdulillah” bocor pada AC dapat diatasi. Selamat mencoba !!!

About these ads

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - skrg Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)
Tulisan ini dipublikasikan di Mesin, Perpindahan Panas Dasar. Tandai permalink.

52 Balasan ke Mengatasi AC Rumah Yang Bocor

  1. Feri berkata:

    Saya berterima kasih Àtas info ini, saya sdh melakukannya hasilnya saya tdk perlu panggil tukang AC tuh, AC sdh tdk bocor lagi namun ada koreksi jika disemprot dari bawah terlalu lama air bisa tembus ke AC didalam, AC saya sempat konslet namun besoknya normal kembali jika mau angak repot sedikit buka AC seperti mau di steam kemudian masukan selang di pembuangan AC nah ini semprot sekuat2nya aman krn airnya keluar di luar. Selamat mencoba mudah kok.krn tukang AC kalau steam AC selang pembuangan tdk disemprot

    • rahmadya berkata:

      Mohon saran Mas Feri ini diperhatikan bagi yang mau mencoba ..
      buka AC seperti mau di steam kemudian masukan selang di pembuangan AC nah ini semprot sekuat2nya aman krn airnya keluar di luar

  2. lasudie berkata:

    thanks atas sarannya..bro.. ini dia yg saya cari..

    • suroto berkata:

      selamat sianb mas bro saya sudah baca artikel ini tapi semua sudah saya lakukan

      ==> bagaimana kalau kondisi selang air sudah laancar ==> terus waktu dilihat dipermukaannya bersih

      dan ternya setelah saya buka semua didalamnya seperti ada lendir / kotoran debu yang campur air

      susah hilang

      kata tukang AC harus OVER HOLE , bagaimana solusinya

      terima kasih

      • rahmadya berkata:

        iya bener, ada lendir yang tidak bisa dibersihkan dengan cara di atas. cara di atas untuk darurat saja (pipa tertutup kotoran hingga mampet)sebelum panggil tukang ac yang bener.

  3. Yoni Noah berkata:

    Thx artikelnya.. Gw coba sendiri tapi gw kaga pake selang dan kran air.. Tapi selang pipa pembuangan air ac gw sodok pake kawat kecil yg lentur.. Trus gw puter puter sampe lendir dan air keluar semua… Soooorrrr gituh! Sampe kena bajuu! *mana baju kerja lagi huhuhuhu* Berikut dengan lendir lendirnya juga.. Gw enggak tau sih apa yang terjadi setelah ini.. Yg jelas air ac enggak netes lagi.. Alhamdulilah…

    • rahmadya berkata:

      yang bikin mampet itu ya lendir itu .. kalo sudah keluar ya ga bocor lagi, asal embun dari ac berhasil masuk ke ujung pipa buang

  4. Yoni Noah berkata:

    Dan skrg PR nya nyari bangkai tikus deh diatas loteng yang udah dicari 3 hari sampe badan kotor tapi gak nemu nemu juga tuh bangkai.. Huhuhuhu… Thx for the tips! Membantu sekali…

    • rahmadya berkata:

      dulu saya pernah ngeracun tikus, dapet 8 mati. tapi, sekarang punya balita, ga berani nyebar lagi. masak ga bisa menemukan sih? sempat ada yang menemukan bangkai di dalem tas ..
      nyuruh orang saja .. saya pernah nyari tikus malah dapet uler …

  5. sapto berkata:

    manteb mas…sy sudah buktikan sewndiri

  6. Nurdin Yunus berkata:

    Saya Ac Slip dikama merek LG Hercules, setiap 3 bulan sekali bocor dan air menetes didalam kamar,, setiap service uang keluar Rp. 100.000,- dan setahun Rp. 400.000,-. Terima kasih dengan adanya tip diatas saya akan mencoba menyervis sendiri. mudah-mudahan bisa menghemat.

  7. meizal berkata:

    terima kasih atas info nya semoga berguna bagi semua masyarakat aminnn……..

    cuma takut konslet aja hehehehe… tq

    • rahmadya berkata:

      kalo pipa ke ac bisa dilepas, dilepas aja waktu disedot. berhasil asal kotoran di sisi yang dilepas. kalo di sisi sambungan ke ac, mau ga mau harus disambung waktu nyedot (listrik dlm keadaan off)

  8. tarrua berkata:

    benar pa, ac bocor solusinya sempratkan air dari selang pembuangan. saya sudah buktikan hasil. thx infonya sangat membantu.

  9. Jefry berkata:

    terima kasih banyak atas info dan sran2 yang anda sampaikan dalam postingan ini mengenai ac yang bocor
    benar2 membantu saya..

  10. ardhinta berkata:

    terimakasih banyak infonya pak , , barusan ac saya juga, airnya meluap ke kamar, ampe basah2 tempat tidurnya . . setelah baca-baca dan khusunya di sini, , ternyata saluran buangnya ketutup sama sarang tawon . . hehehehehe, , karena selang buang ngak saya sambung pake pipa jadi nggantung gitu aja, , setelah saya tiup dari luar, , keluar dech debu-debu dan telur si tawon . . sekarang dah lancar jaya . . .

  11. topan berkata:

    AC saya sudah dibersihkan lUar dalam… Yang sekarang jd masalah adalah ac dalam 1 menit pipanya membeku mulai dari pipa luar sampai ke dalam jadi ac gak dingin… Tolong yang pernah pengalaman begitu solusinya apa ya !! Makasih

  12. Dheni Prasetyo berkata:

    Salam kenal mas.
    Tanya dunk.
    Apakah mas sudah pernah mengganti ac yang diceritakan tersebut

  13. adie berkata:

    Saya baru saja mencoba tapi agak kelamaan matiin selang airnya, kira kira kalau saya hidupkan bisa konslet ga ya, soalnya saya ga berani nyalakan setelah baca ada komentar di atas ada yg konslet

    • rahmadya berkata:

      kalo sampai masuk ke kamar airnya, harus dikeringkan benar2. Biasanya AC kan dirancang kena air (air embun/semprotan air saat servis )

  14. Nurhayati berkata:

    AC dikamar saya dari pipa antara AC dan kompresor menetes minyak (ndak tau minyak apa) dan pipa bersalju kalo AC dimatikan. AC tidak dingin. Sudah dipanggil tukang servis AC, katanya bocor. sudah diperbaiki, kembali dingin tapi baru 3 minggu dipake sudah menetes lagi minyaknya dari pipa penghubung dan bersalju lagi. Ada yang bisa bantu?

    • rahmadya berkata:

      seperti apa minyaknya? biasanya bocor freon, itu kan gas. gas ditekan, panas keluar, masuk ke kondenser ac jadi dingin, keluar jadi cairan, kembali lagi ke luar/kompressor utk ditekan, panas dibuang keluar. jgn2 itu minyak freon, cirinya freon cair itu berembun dan bikin es

      • Nurhayati berkata:

        Minyaknya berwarna kuning kecoklatan. Saya yakin itu minyak karena ada bekas didinding dan lantai serta menetes diatas air maka kelihatan air jadi betminyak permukaannya.

  15. Nurhayati berkata:

    Jadi minyaknya dari freon ya? bagaimana cara mengatasi kebocoran yang begini? sudah coba disiram tapi ndak ngaruh…

  16. edward berkata:

    Ac saya mitsubishi 1/2 pk. Awalnya dingin lalu pas selesai dicuci oleh petugas ac langsung tidak dingin. Kemudian lampu kuning mengedip kemudian ac mati. Saya tekan cancel atau on/off menyala lagi, dan 20 menit lampu kuning mulai mengedip lagi dan ac mati sampai berulang2. Kemudian saya panggil service ac yg lain. Dia bilang freonnya habis, kemudia saya suruh isi. Dan benar langsung dingin dan tidak mati2 lagi. Tapi berjalan 2 hari mulai lagi. Dan dicek freonnya berkurang dari 100 ke 60. Kira2 apa penyebabnya ya. Tks

    • rahmadya berkata:

      ga ada freon ga dingin. sebenarnya freon habisnya sedikit demi sedikit, kecuali bocor. saya cuci ac dari dulu langganan org yg sama walaupun sempat didatangi tukang cuci lokal yg dgn gaya preman sedikit maksa cuci ac ke mrk, bahkan menanyakan siapa yg kmrn nyuci ac. akhirnya tetap saja tempat saya ga make mereka. ciri khas tukang cuci yg bagus dia terima pasang/pindah/bongkar ac, klo cuma bisa nyuci doang resiko krn ga ngerti sistem.

  17. mas widi scb berkata:

    Ac saya merk samsung 1/2 pk, sekitar 6 bln yg lalu outdoornya diturunin krn mentok plafon, trus sm mereka diisi freon +dicuci jg, selang 2bln pipa diindoornya ada yg netes2 trus ga dingin dipipa out doornya ada putih2 seperti salju, trus sympanghil tukang ac dan diisi freon lgi , dan skg blom sampe3 minggu udh keluarsalju lg outdoornya dan netes lg pipa indoornya kira2 knp ya ac saya,
    Terimakasih

    • rahmadya berkata:

      banyak kejadian seperti itu karena tukang ac ceroboh dan membuat bocor, karena outdoor harusnya membuang panas, bukan membuang dingin (dingin dibuang kedalam/panas keluar). sering diistilahkan ac itu pompa panas.

  18. febrina berkata:

    Pengen nyoba juga tp takut kesetrum sama bisa bongkar ga bsa masang

  19. Budi Kurniawan berkata:

    AC split saya 3/4pk 820w, terakhir di servis akhir Januari 2014 karena kurang dingin dan di dalam indoor nya ternyata Ice-ing (jadi es/bunga es), kata teknisi nya ada kemungkinan bocor/freon habis, kemudian ditambahkanlah freon sebagai solusi pertama, alhasil AC dingin bgt walopun di setting economic, tapi 2 minggu kemudian (hari ini) dingin nya AC tidak terasa hanya adem saja alias gerah, padahal on di setting normal cool high fan. Kira-kira pnyebab nya apa ya? Klo begini terus bisa-bisa harus ganti AC baru deh.. Ditunggu respon nya yak :)

    • rahmadya berkata:

      sebenarnya yan g membuat dingin itu adalah tekanan yang turun secara tiba-tiba (kondenser) dalam volume yang tetap, pv/t = c. jika tekanan turun dalam volume tetap maka suhu pun turun. tentu saja turunnya suhu untuk beda tekanan (tekanan dari pompa, dimana makin kuat pompa, pk makin besar) antara udara biasa dengan freon jauh beda. Untuk beda tekanan yang sama, penurunan suhu gas freon jauh lebih tinggi (kalo kuliah di mesin mas pasti diajari cara baca grafik termodinamikanya). freon itu gas yang sifatnya kalo ada lubung sebesar rambut pun ya kabuuuurrr. kalo udah kabur yang ga bisa dingin banget .. paling ya adem gerah :). Sebenarnya kalo ada es-nya berarti ciri2 freon dinginnya kabur mas.

      • doniel berkata:

        Kmrn stlh d servis ac sy msh aj netes air, pas d cek yg indoor kok slang freon ada keringat gt mas, itu knp Ɣ ǝǎ ? Apa itu yg menyebabkan msh netes?

      • rahmadya berkata:

        Sebenarnya embun pasti ada, apalagi saat udara panas dan lembab. Masalahnya air embun berhasil keluar pipa buang ga?

  20. Agung Maulana berkata:

    Terimakasih infonya mas. Sangat membantu,,, terimakasih

  21. Kang Di berkata:

    sedot aja di ujung pembuangan selang dengan vacum cleaner

  22. agha berkata:

    mas mau tanya, ac dirumah saya bocor bukan karena saluran pembuangan yg mampet. pernah saya buka casing ac nya terus saya perhatiin ternyata ada tetesan yg menetes diluar tempat penampung air. udah berkali2 coba panggil ltukang ac untuk dibersihin, tapi tetap saja tidak ada perubahan.

    • rahmadya berkata:

      jangan2 masangnya miring .. soalnya tempat penampung air itu kan dirancang mengalir dari semua pusat embun ..

      • Agha berkata:

        Umur AC sy sudah 8 thn,mas. Selama 8 tahun belum pernah berubah pemasanganya.
        Dan kejadian bocor ini baru sekitar satu tahun belakangan ini. Menurut saya masalahmya bukan karena pemasangan yg miring.

  23. wie berkata:

    Nanya mas, ac saya samsung, saya udah coba saran mas, disemprot pake air selang, cuma saya semprotnya dibagian selang yang menggantung, untuk pembuangan, selang itu terhubung ke pipa lagi, tapi selangnya mudah dilepas dari pipanya, makanya saya lepas dari pipanya, lalu selang air saya sambung ke selang ac yang gantung itu, untuk disemprot air kran, waktu nyemprot saya dibantu anak saya, nah rupanya apa saya yang kelaman nyemprotnya atau jarak selang dengan acnya yang terlalu dekat ya? sehingga koq didalam kamar malah banjir / basah sama air ke meja2 yang ada di kamar? memang waktu menyemprot saya matikan aliran listrik rumah dari sekring listrik.lalu saya hidupkan lagi listrik di sekringnya. tetapi melihat banjir di meja dan lantai, saya tak berani menyalakan ac hari itu juga.esoknya saya nyalakan, ac sempat nyala sebentar, lalu koq tiba2 mati sendiri.dan lampu indikatornya kedap-kedip merah dan hijau, kira2 kenapa ya mas? apakah bisa shortcut? nyesal juga saya nyemprot pakai air kemarin itu….apakah aman ac saya untuk kedepannya mas? lalu bagaimanakah solusinya agar ac saya bisa nyala kembali seperti biasa (normal) dengan amannya, tidak seperti sekarang, nyala beberapa detik lalu mati sendiri dengan kondisi lampu indikator kedap-kedip merah dan hijau,,,,,terima kasih sebelumnya atas jawabannya mas…..

    • rahmadya berkata:

      Waduh, kebanyakan ya. Sebenarnya fungsi air itu untuk nyedot saja krn prinsip vakum. Atau jangan2 memang air embun ac memang sudah parah dan banyak tersumbat di bag atas dekat ac jadi ada dorongan sedikit langsung keluar. Coba cek di komentar sepertinya ada yg kejadiannya mirip tapi ga masalah setelah ac dikeringkan, bisa ditanyakan beliau.

      Sebaiknya jika antara ac dan buangan terlalu jauh letaknya tidak menggunakan cara ini.

  24. mira berkata:

    mau tanya mas, ac saya samsung 1/2 pk, saya baru masang sekitar 1.5 bulan tapi kok skrg dinginnya sudah berkurang ya ? saya tanya ke yg tukang ac yg masang pertama dan kata dia kemungkinan freonnya harus diisi lg dan katanya pipanya mungkin ad yg patah sehingga ad kebocoran karna panjang pipa terlalu ngepas, (padahal sebelumnya saya sudah menegaskan apa bisa dengan panjang segitu) dan di ujung pipa ad putih2nya.klo kaya gitu knp ya ?

  25. Deny berkata:

    AC dirumah saya merk LG,,, kalo pembuangan mampet biasa saya tiup pake selang lewat unit indoor (buka casing) n hasilnya lancar jaya,,, cuma kejadian terakhir air netes bukan dari bak penampungan yang penuh (indikasi pembuangan mampet),,, melainkan dari lubang ventilasi tempat udara dingin ditiup ke dalam ruangan,,, apa penyebabnya? terus solusinya apa ya? Trims

    • rahmadya berkata:

      Apa ada pergeseran tutup waktu dibuka sebelumnya, krn harusnya seluruh embun berkumpul di sekitar lubang yg ditiup. Walaupun lokasi embun jauh, krn kemiringan harusnya menuju lubang pembuangan. Kemungkinan kedua ac dipindah tapi miring saat dipasang

      • Deny berkata:

        unit ndak dipindah mas,,, dan bak tampung air saya cek malah kering,,, cuma embun malah muncul dari dalam ventilasi keluarnya udara dingin,,, emang di dalamnya keliatan udah keliatan kotor banget udah 2 th-an gag dicuci orang servis,,, hehehe mentang2 udah bisa ngatasi banjir gara2 pembuangan mampet

      • rahmadya berkata:

        Berarti debu bisa mengarahkan aliran air embun ya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s