Membuat Jaringan Syaraf Tiruan (JST) di Matlab

Beberapa literatur banyak kita jumpai baik terbitan lokal maupun internasional yang membahas mengenai JST. Teknik yang merupakan salah satu dari sekian banyak teknik dalam Soft Computing. Ada baiknya kita membaca landasan teori mengenai JST pada salah satu buku itu, bila perlu buat ulang dari algoritma yang tersedia dengan bahasa pemrograman yang Anda kuasai seperti C++, Pascal atau Java. Matlab menyediakan toolbox yang dapat kita lihat struktur programnya. Misal kita ingin tahu bagaimana Matlab membuat JST. Ketik saja di command window: >> edit newff. Maka kita dapat melihat alur program M-File yang merupakan fungsi untuk merakit JST.

Misalnya kita memiliki tiga buah masukan dan satu keluaran. Keluaran yang dihasilkan akan kita arahkan ke sasaran tertentu. Teknik ini sering dikenal dengan nama Supervised Learning. Misal kita memiliki tiga buah sampel yang masing-masing menyatakan kurang, baik, dan cukup. Katakanlah sampel itu A, B, dan C. A=[0; 0; 1], B=[1; 0; 1] dan C=[1; 1; 1]. Perhatikan, di Matlab vektor kita nyatakan dengan matriks kolom. Berikutnya, karena bertipe pembelajaran terpandu, kita harus membuat target, T=[1 5 10]. Perhatikan, untuk target matriks dibuat dengan vektor baris. Artinya jika ada masukan seperti A, keluarannya harus mendekati target=1, jika masukan B, keluaran harus mendekati 5, dan begitu pula untuk masukan C. Untuk pembelajarannya, JST melakukan secara simultan A, B dan C. Jadi input untuk pembelajarannya: Input = [A B C] yang sama dengan, Input =[0 1 1; 0 0 1; 1 1 1] yang merupakan matriks tiga baris dan tiga kolom. Jika seluruh matriks sudah diinput pada command window, maka kita sudah siap untuk merakit JST. Ketik “nntool” pada Comand Window.

Klik Import, pilih variabel input pada workspace untuk input dan T pada workspace untuk target. Klik OK saat Anda diminta konfirmasinya. Jika sudah berarti kita telah memberikan masukan dan target pembelajaran. Tinggal kita merakit JST, klik “New” dilanjutkan dengan melakukan setting di Toolbox. Pilih masukan dan targetnya (Input dan T). Secara default, jumlah neuron per layer adalah 10 (layer tersembunyi). Di sinilah letak kelemahan JST. Jika Anda gunakan neuron terlalu banyak, jangan heran jika ada pesan kesalahan “Out of Memory”.


Jika sudah OK, pada nntool, dobel klik network1. Tentu saja Anda boleh merubah nama network1 menjadi nama lain sesuai selera. Lakukan proses pembelajaran dengan mengklik “Train”. Kembali kita diminta memilih Input dan Target. Jika sudah klik “Train Network”.


Selamat, Anda telah berhasil membuat JST sekaligus melakukan pembelajaran terhadap JST tersebut dengan tiga masukan tersebut. Kembali ke nntool, langkah terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mengeksport JST itu ke workspace dengan mengklik tombol “Export”. Pilih salah satu saja yaitu network1, karena akan kita gunakan untuk menguji masukan tertentu apakah masuk kategori kurang(1), cukup(5) atau baik(10).

Untuk mengujinya, pada command window, jika anda ketik sim(network1,A), anda harus menemukan jawaban= 1. sim(network1,B), jawabannya harus 5, begitu juga yang C, jawaban harus 10. Coba misalkan ada data baru D=[1; 1; 0], cenderung masuk kelas baik, cukup atau kurang? Ketik saja sim(network1,D). Jawabannya adalah 10, berarti dia masuk kelas “Baik”. Mudah bukan? Tinggal tugas Anda adalah membuat tampilan visualnya (GUI) agar pengguna mudah memakai program JST yang baru saja Anda hasilkan lewat console. (Note: untuk yang ingin mengetahui competitive network, lihat posting berikutnya).


Rahmadya Trias Handayanto


About these ads

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - skrg Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)
Tulisan ini dipublikasikan di Artificial Neural Network, Fuzzy Logic, Matlab. Tandai permalink.

121 Balasan ke Membuat Jaringan Syaraf Tiruan (JST) di Matlab

  1. jo berkata:

    wah thanks banget nih mas tulisan ny.. sngat membantu sekali… kalau langkah tersbt sdh d buat..dan tampilah interface dng matlab gui ny jg sdh d buat…selanjutnya bagaimana caranya menghubungkan antara jst yg kita buat dengan nntool tersbt dngan intrface yg kita buat menggunakan matlb gui… mohon bantuan nya lagi mas.. d tunggu postingannya..akan sngt membantu sekali..trm kasih seblmnya

  2. rahmadya berkata:

    tadi kan, JST sudah ditraining. jangan lupa disimpan, >> save JST (misal). di GUI ya tinggal dipanggil: load JST, dilanjutkan dengan out=sim(network1,handles.data). Note: handles.data diambil dari input GUI (nama var tidak harus data). handles dipakai karena diambil dari fungsi lain. coba ketik: >> guide, pilih contoh GUI dan analisa bagaimana dia menangkap suatu masukan, dan memprosesnya di pushbutton.

  3. jo berkata:

    ok mas..akan coba d praktekin…tp msih agak bingung nih mas..mngkn krna ngk liat secara langsung proses menggabungkan source dng intrface nya.. kalau mngkin lwt vidio tutorial bagaimana cara menggabungkn jst dengan interface pke gui matlab..sy rs akan lebih sangat membntu mas.. thanks sblmnya.. sy harp ad vidio tutorial bagaiman cara membangun aplikasi jst dengan interface gui matlab secra lengkap ..walau mngkin dengn contoh aplikasi jst yg sederhana sj. skli lagi term kasih mas..akan sngt membntu sy yg sedng beljar ttng hal ini..

  4. rahmadya berkata:

    ok, sementara kalau ingin lihat videonya (dengan screen.exe) bisa donlot di: http://rahmadyatrias.wordpress.com/2009/12/07/tutorial-menulis-program-berbasis-gui-dalam-bahasa-matlab-7/

    • Jo berkata:

      sudh d download mas.. ok d tunggu postingan vidio tutorial nya mas utk membuat jst dng interface gui matlab… dngn contoh sederhana jg tidak ap2 mas..yg penting bisa tau lengkp langkah per langkah dlam proses pembuatnya… thanks seblmnya

  5. Jo berkata:

    mas mau tanya lagi ni. mohon bantuan ny. sy sedang membuat jst utk memprediksi prestsi mahsiswa dngn memanfaatkan data nilai UAN 6 mata pelajrn siswa saat SMA. intrface ny sudah sy buat menggunakan matlab gui. pertnyaan nya bagaiman script / code untk tombol pelatihan , pengujian dan prediksi nya.

    inputny adalah 6 mt pljran tersebut dlm matrik d simpan dalam m.file (misal p)
    outputnya jumlah nilai dari 6 mt pljrn itu. d bg jd 2 ktegori yaitu 10 dan o1 d simpn d m.file ( misal 0). mhn bntuannya mas

    • rahmadya berkata:

      Supervised Learning kan? Misal ada 10 data dengan 4 data masuk kategori A (saya beri nilai 1) dan kategori B (saya beri nilai misal 5). Jadi ukuran data yang akan ditraining 6 baris dan 10 kolom (6×10), dengan 4 kolom pertama dari kiri kategori A dan sisanya kategori B. Jadi sebagai targetnya, t=[1 1 1 1 5 5 5 5 5 5]; jika dijalankan dengan fungsi “sim” mendekati 5, masuk kategori B dan jika mendekati 1, masuk kategori A. Kalo training, sebaiknya terpisah dengan simulasi.

      • farah berkata:

        boleh tanya? nilai 1 dan 5 dari mana ya? apa itu permisalan saja?
        klo permasalahan lain, kan otomatis juga nilainya bukan 1 dan 5.
        bagaimana anda bs memutuskan utk memberi nilai 1 for kategori A dan 5 for kategori B.
        mohon dijawab. *penting banget. trimakasih banyak
        jika boleh, bs di cc ke email sy : far.mizuki@gmail.com

      • rahmadya berkata:

        Yg jelas output harus angka, bukan huruf A/B

  6. Jo berkata:

    iy supervised learning.
    code untuk menangkap nilai hasil training nya itu gmana mas. misal kita punya tombol pushbotton pelatihan. hasilnya ingin kita tempatkan d statictetx hasil pelatihan. plus ketika kita ingin menyimpan bobot dan biasnya di pushbotton save bias dan bobot yg tlh d buat menggunakan matlab gui.

  7. fikha berkata:

    mas mau tanya.. misalx sy pux data kelembaban thn 2004-2009, trus sy mau pakai data itu untuk prediksi kelembaban thn 2010-2012.. sy bingung cara memakai tool box nftool diatas mas utk prediksi kelembaban 2010-2011, trimakasi sblmx mas..

    • rahmadya berkata:

      pokoknya JST minimal harus ada input variabelnya (lebih dari satu). kemudian tiap masukan menghasilkan keluaran apa (disebut target). data 2004-2009 variabelnya apa? atau jangan-jangan pakai regresi saja? Misal kasus verifikasi kredit, ada beberapa variabel yg dicek, kemudian hasilnya diterima/tidak. serangkaian data nasabah tersebut dilatih dengan target diterima/tidak. Misal 100 nasabah, variabel ada 4, berarti input matriks 4 baris 100 kolom (4×100) dan target vektor 1 x 100.

  8. fikha berkata:

    variabelx hanya kelembaban mas (1 inputan) dari tahun 2004 – 2009 jumlahx 2192 data… saya pakai untuk memprediksi kelembaban thn 2010 – 2012 bisa ga mas?

  9. fikha berkata:

    atau mas punya solusi lain, metode prediksi bagaimana yg cocok utk data sy. trimakasi sebelumx mas :)

  10. fikha berkata:

    mas mau tanya lagi, bagaimana caranya untuk tambahkan data input seperti gambar pertama diatas karena di tools matlab cuma 1

  11. udiens berkata:

    Mas bisa minta contoh program untuk pemangilan data dari database dengan matlab……

    • rahmadya berkata:

      orang soft computing biasanya database-nya dengan excel/notepad yang disimpan dengan ekstensi *.dat. Kalo akses database lewat access/mysql/dll, ikutin panduan di help-nya.

  12. prima annesa berkata:

    mas,, saya mo melakukan peramalan kurs dengan jst.. gmn carax ya? makasi

    • rahmadya berkata:

      data2 lama beserta variabel yang mempengaruhi perubahan kurs tinggal ditraining aja .. makin lengkap bahan training, hasil makin akurat.

  13. prima annesa berkata:

    saya sgt butuh bahasan ttg ini mas,…
    listing program peramalan nya gmn mas?

  14. farid berkata:

    mas saya mau tanya, kalo menggunakan matlab 2010 kira-kira sama apa tidak ya mas? saya sudah coba dengan matlab 2010 tapi hasilnya untu sim(network1,A) hasilnya yang tampil pada command window adalah ans = 1
    0
    0
    saya berharap solusinya y mas,terimakasih

  15. farid berkata:

    mas saya mau tanya, kalo menggunakan matlab 2010 tutorilanya ada agk mas.? terimakasih

    • rahmadya berkata:

      hampir 3 bulan sy coba matlab 2010, ternyata ada masalah saat melakukan kompilasi program berbasis jst menjadi exe .. entah apa sebabnya. Tadinya saya kira salah di coding .. ternyata ketika dikompilasi dengan menggunakan versi sebelumnya (versi 2008b) ternyata berhasil. Akhirnya saya kembali ke Matlab 2008b nih ..

  16. prima annesa berkata:

    mas,, saya mw tnya.. gimna caranya file excel bisa di olah d matlab.. udah saya load n tidak tridentifikasi katanya… mhon bantuannya mas… mkasi

  17. irel berkata:

    wah mas..tulisan bagus nih….banyak membantu untuk saya yang lagi mau belajar matlab.
    mau naya nih mas.
    1.jika inputnya tidak berupa matrik,apa harus dijadikan matriks terlebih dahulu ?
    2. untuk feedforward NN,kan bisa dijadikan suatu predictive, adakah tutorialnya gak?

    • rahmadya berkata:

      1. ya, harus berupa matriks yang terdiri dari vektor-vektor kolom dimana satu kolom mewakili satu data
      2. tutorialnya banyak, bahkan ada yg praktis (format presentasi) bagi yang tidak ada waktu banyak untuk membaca, cuma belum sempat saya upload, dan link sumbernya saya lupa.

  18. Richy berkata:

    saya richy….
    mas tanya bsa tolong tampilkan jst untuk pengenalan suara di matlab??sekaligus cara menyusunnya…
    terimakasih…

    • rahmadya berkata:

      coba baca wavelet di help matlab. saya kebetulan sedang mengerjakan proyek mendeteksi kerusakan mesin diesel dengan masukan suara mesin di cylinder head. rencananya saya menggunakan wavelet.

  19. buch berkata:

    mas kalau mau buat aplikasi jst pengenalan pola sidik jari dengan matlab apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dan memakai toolbox ap?

    • rahmadya berkata:

      oiya, saya juga sedang mencoba menerapkan itu di tablet pc. kalo di rumah punya ipad dan sejenisnya, dia bisa menangkap sidik jari ga di layar sentuhnya?
      Klo mendeteksi sidik jari dengan jst bisa aja sih, hanya saja sidik jari itu dianggap sebagai pola (citra), padahal di buku2 biometrik banyak yang sudah menganalisis sidik jari lewat teori-teori dengan istilah-istilahnya seperti lembah, dll

      • buch berkata:

        kalau pakai hp samsung android bisa nangkap sidik jari kah?pikiran saya sih sidik jari di buat sebagai pola citra aj…baru di buat jstnya diterapkan di aplikasi untuk mempermudah kepolisian untuk identifikasi sidik jari yang sudah terdaftar di kartu identifikasi…

    • rahmadya berkata:

      alat menangkap sidik jari-nya apa? citra yang dihasilkan ditraining bersama yang lainnya. agak panjang sih ceritanya, coba cari ebook-nya dulu tentang biometrik, sebab sidik jari kalo ingin hasilnya ok, tidak serta merta hanya dianggap citra/gambar.

  20. eviyana berkata:

    bapak bagaimana dengan penggunakan JST dengan data suara…….?????bagaimanakah langkah-langkahnya…….???dan data suara yang saya gunakan sudah diolah dulu menggunakan STFT……..

    • rahmadya berkata:

      suara, gambar, dll, asal dirubah jadi vektor, ya pasti bisa diolah JST untuk dilatih. masalahnya kadang jika vektor terlalu panjang, komputer bisa hang jika kurang memory.

      • evy berkata:

        bagaimana cara merubah data data suara menjadi vektor????n pa bisa kita potong vektornya???
        thanks sblumnya

      • rahmadya berkata:

        dengan instruksi resize .. tapi biasanya resize itu matriks sebelum dirubah jadi vektor

  21. evy berkata:

    makasih……dan boleh minta link e-book atau jual buku yang membahas ini tidak???

  22. nurul berkata:

    mas, mau tanya.. kalau bahasan materi tentang jaringan syaraf tiruan radial basis function ada ga? saya sedang buat skripsi tentang perkiraan beban menggunakan metode tersebut… udah ketik scriptnya juga di matlab R2010a (versi 7.10.0.499) waktu run di command window, hasil trainingnya bagus tetapi hasil prediksi data (data testingnya) jauh dari target.. apakah kiranya ada solusi? terima kasih sebelumnya.

    • rahmadya berkata:

      saya pernah submit makalah JST ke seminar internasional di UI (ICACSIS) tahun lalu. Setelah diperiksa oleh reviewer ternyata saya diminta melakukan pengujian ulang (teknik cross validation). Jadi sebenarnya masalah utama kalau kita merancang sistem yang bersifat learning bukan programnya jalan atau tidak, melainkan tepat sesuai harapan atau tidak.
      Waktu tesis dulu saya sempat mengganti laptop karena untuk meningkatkan kinerja syaraf saya perbanyak neuron-nya. Dampaknya adalah laptop langsung “hang” saat learning. Sebenarnya dapat diatasi dengan cara saat learning kita menggunakan laptop berprosesor paralel yang kuat (sejenis server) dan di kampus kebetulan ada satu server pratikum.

      • nurul berkata:

        judul lengkap makalah JSTnya apa mas? atau mugkin ada link dan referensi yang tepat dan berhubungan dengan RBF neural network?

      • nurul berkata:

        syukurnya saya tidak bermasalah dengan laptopnya.. apa mungkin script Matlabnya kurang lengkap, saya belum tau kesalahannya dimana? sudah coba normalisasi data, tetapi hasilnya makin kacau.

      • rahmadya berkata:

        walah ..saking paniknya karena dead line penelitian dan seminar internasional jadi baru sempat balas nih. Terus terang saya belum sempat menggunakan network jenis rbf. saat ini memang setiap penelitian sebenarnya tidak bisa dikerjakan seorang diri. harus sering tanya sana sini, repotnya kalo yang ditanya ga ada ya :). dulu saya ga ada fikirian bisa buat aplikasi seperti ini: http://youtu.be/IFIM0wPcgP8. karena kepepet dan takut disuruh ganti uang riset yang 35 juta akhirnya jadi juga.
        Kacau apanya sih?

  23. fredy berkata:

    mas, kalau mau mencocokan pola sidik jari dengan matlab itu bagaimana ya.?
    saya sudah ada gambar sidik jari yg sudah saya olah.

    http://imageshack.us/photo/my-images/20/78720565.jpg/

    • rahmadya berkata:

      kalo langsung kyknya kurang bagus hasilnya. standarnya sih dgn minutea. coba baca buku biometrik, katanya ada tiga jenis sidik jari manusia, sy lupa namanya untuk jenis jari anda, klo jari saya bunder, seperti obat nyamuk. jika itu saja udah beda ga perlu dicek lagi minutea nya

  24. nurul berkata:

    Ia kacau karena saat di run hasilnya antara output dengan target malah semakin jauh.. apa boleh saya kirim datanya dalam bentuk notepad mas?

  25. nurul berkata:

    sudah saya kirim ke e-mail, menurut Bapak apa ada solusi ataupun saran?

  26. nurul berkata:

    iya, itu data target aktualnya yang mau diprediksi Pak..

  27. najib berkata:

    makasih pak… tulisannya langsung bisa di praktekin… :-)

  28. helmi berkata:

    kalau menggunakan nntool untuk operasi logika misal AND atau OR itu bagaimana ya pak

  29. nurul berkata:

    Assalamu’alaikum.. Maaf sebelumnya mau tanya Pak Rahmadya, apa sudah ada jalan keluar tentang permasalahan yang saya tanya dahulu, Pak? saya juga sudah mencoba berkali-kali tapi hasilnya masih belum ada perubahan.
    Oia, pak saya tanya lagi.. jaringan syaraf tiruan RBF ini kan algoritmanya termasuk ke dalam pembelajaran supervised dimana output targetnya sudah diketahui..terus teman saya komentar ‘ untuk apa dibuat perkiraan dengan RBF kalau hasil outputnya sudah diketahui? biasanya perkiraan itu dilakukan untuk yang akan datang.. bukan memprediksikan data yang sudah ada.. terus saya bingung jawabnya… bagaimana tanggapannya Pak dengan komentar seperti itu?
    terima kasih sebelumnya atas respon dari berbagai pertanyaan saya.

    • rahmadya berkata:

      yg waktu itu akurasinya rendah ya. blm saya coba, kirain udh beres :-). bilang aja ke temennya gimana mau ngutangin dia kalo kemaren2 suka ga dibayar :-)
      intinya sih machine learning, mirip regresi tp msk ke soft computing

  30. panji berkata:

    mas, kalo merubah atau mengolah suara dengan wavelet gimana ya?
    ada contoh codingannya gak buat pengolahan suara dengan wavelet?

  31. farah berkata:

    Mas, sy mw tanya. BUTUH banget PENCERAHAN.
    sy punya input data : berupa matriks berukuran 120×5. (artinya sy memiliki 5 parameter pada 120 gambar).
    inginnya data2 tersebut diklasifikasikan dgn JST menjadi 6 kelas.
    yg sy bingungkan, TARGET OUTPUT nya sy isi apa ya? content matriks target outpunya apa ya?
    Trimakasih sebelumnya. MOhon balasan secepatnya, *urgent
    Trims so much

  32. ryuzaki berkata:

    mas, boleh saya minta tlong minta coding JSt yg sederhana dan langkah menjalankannya ga,,?
    sya ada tgas membuat jst tpi tidak tahu harus mulai dari mana…
    terima kasih

  33. Eji duanta berkata:

    Mas, mau tanya. kalo JST tentang pengenalan pola daun menggunakan matlab. cara kerja nya gimna mas?

    • rahmadya berkata:

      data yang terdiri dari berbagai jenis daun (tiap jenis daun diwakili oleh beberapa sampel) dilatih dengan target sebanyak jumlah daun itu sehingga dihasilkan jst yang siap pakai untuk klasifikasi. Setelah saya cek ternyata matlab 2007 lebih baik dari 2008 dan 2010 untuk klasifikasi dengan JST. Oiya, harus belajar image processing dulu ya agar gambar daun dirubah jadi matriks.

  34. cuphu berkata:

    assalamu’alaikum pak, pak itu T=[1 5 10] darimana ya?
    ” Berikutnya, karena bertipe pembelajaran terpandu, kita harus membuat target, T=[1 5 10].”
    nggak paham saya.

  35. wongndeso90 berkata:

    assalamu’alaikum pak, pak itu T=[1 5 10] darimana ya?
    ” Berikutnya, karena bertipe pembelajaran terpandu, kita harus membuat target, T=[1 5 10].”
    nggak paham saya.
    oh ya pak, YM nya aktif jam berapa aja? banyak yg mau saya tanyakan,
    terimakasih

  36. wongndeso90 berkata:

    jadi cara menentukan target keluaran itu pake logika and dari masukannya??
    ada tutorial/modul nya langsung yg membahas tentang ini nggak pak? soalnya saya jg punya buku JST dan beberapa tutorial JST,, tp nggak disebutkan cara menentukan target keluarannya.
    terima kasih

  37. abdiinegara berkata:

    assalamu’alaikum pak, pak ada beberapa pertanyaan ini :
    1. caranya melatih data itu bgaimana? rumusnya bagaimana?
    2. juga cara menguji data,,??
    3. terus cara menentukan target keluaran, itu ada rumusnya atau kita karang sendiri?
    maaf saya newbie pak, mohon dijawab pak, saya nggak paham.
    terima kasih

    • rahmadya berkata:

      1. spt ngajar kali kalian anak sampai 10, kasih tabel suruh hapal
      2. tanpa melihat tabel tanya anak tsb, kalau 2*2 jawabnya 4 berarti akurat.
      3. target 2*2 ya 4
      ( cuma perumpamaan, tp ya seperti itu jln ceritanya )

      • abdiinegara berkata:

        1. nah itu pak saya bingungnya kan saya punya buku JST, disitu ada contoh (aplikasi) dan ada 11 variabel, x1=0;x2=0,25;x3=0,25;x4=0,5;x5=0;x6=0;x7=1;x8=0;x9=1;x10=0;x11=1 dan hasil pelatihan dari 11 variabel itu =0,994… disitu nggak dijelaskan 0,994 dari mana?
        mungkin bapak tau..
        2. pengujian 11 variabel : x1=0;x2=0;x3=0;x4=0;x5=0;x6=0;x7=0;x8=1;x9=0;x10=1;x11=1, hasil pengujiannya = 0,9787. nah itu angka 0,9787 dari mana rumusnya apa?

      • rahmadya berkata:

        jst ga perlu tahu dari mana asalnya, krn mungkin dr eksperimen. misal tanda tangan, tidak mungkin ditanya asalnya, knp bentuknya begitu? langsung saja dilatih 11 variabel itu, cuma masalahnya knp cuma satu data? spt mengajarkan kali kalian, kalo cuma 2×2, jika diberi masukan 3×1 tentu saja ngaco, kecuali kalo ditanya 2,1×1,9 mungkin masih mendekati 4

  38. abdiinegara berkata:

    itu sebenarnya ada 50 jumlah datanya dg 11 variabel, memprediksi penyakit, 11 variabel itu adalah gejala yg ditunjukkan.., itu 25data pertama targetnya adalah 1, 25 data berikutnya adalah 0.. itu targetnya yg sudah ditentukan sendiri berarti dong pak?

  39. Chandra berkata:

    kk, saya mau naya kalau biar nampilin proses Training lewat button GUI gmn?
    sekalian kalau nampilin hasil dari proses training lewat GUI gmn?
    Tolong di bls secepat’a ya kk

    • rahmadya berkata:

      Buat Pushbutton, isi kode dengan kode yang sama ketika digunakan di command window.
      >>net=newff(….
      >>net=train(….
      nanti keluar sendiri proses pelatihannya, tunggu sampai berhenti. Jangan lupa tambah instruksi save agar hasil training tersimpan

  40. Novi berkata:

    Assalamualaikum
    selain matlab bisa mencoba java belum, pak?? untuk memprediksi jaringan syaraf tiruan.
    numpang tanya juga. kalau mendapatkan hasil output, target di lihat dari mana, pak??
    mhon bantuannya. terima kasih

    • rahmadya berkata:

      saya ada ebook NNs dengan java dan c++, bisa baca sendiri, donlot di flazx, tatacara donlot bisa liat di youtube :-)
      target itu utk pelatihan, output dari simulasi

  41. Een Qurota Aini berkata:

    Salam pak. Pak sy een. sehubungan dgn skripsi saya ttg JST, yaitu identifikasi kualitas daun.Nah sy msih bingung untuk input’a pak.Klo dr nilai RGB dan citra biner itu bagaimana pak? trus untuk menyimpan file yg berekstensi .DAT sperti di bawah ini gmn cara’a yah pak?
    imdat=imread(‘sampel1(input).jpg’);
    imgray=rgb2gray(imdat);
    imbw=im2bw(imgray);
    nah trus langkah untuk menyimpan dalam file.DAT itu bagaimana pak?mhon bantuan’a pak.terima kasih banyak

  42. abdiinegara berkata:

    assalamu’alaikum pak, cara menentukan jumlah neuron masukan, tersembunyi sama keluarannya bagaimana ya pak? TA saya pengenalan iris mata pake NN backpropagation

  43. ifeiyen berkata:

    makasih udh mengulas seputar jst di matlab.sy coba contoh di atas tp dgn network type LVQ..tp sewaktu ditrain tidak jalan.apa untuk network LVQ caranya beda?

    • rahmadya berkata:

      kebetulan saya belum pernah mencoba LVQ, untuk belajar sebaiknya copas aja dari help. jika sudah jalan baru disamakan dengan yang kita rancang tata cara penginputan ke toolboxnya.

  44. Sudrajat berkata:

    mas bagaimana merubah pernyataan menjadi data untuk di masukan ke jst dan mendapatkan hasil tunggal dari beberapa pernyataan…trims

    • rahmadya berkata:

      pokoknya JST harus berupa bilangan. Jika ya, ragu2 dan tidak dinyatakan dengan bilangan, tinggal diganti misalnya ya=0, ragu2=5 dan tidak =10.

  45. z31n berkata:

    salam..mas mau tanya,,saya coba membuat JST untuk prediksi,,saya coba sendiri, tapi bingung ngambil outputnya..saya coba inputnya pake metode leave one out, karena data saya dikit. jadi satu data dikeluarin jadi data uji, sampai semua data pernah jadi data uji. sya mau tanya, bagaimana ngambil hasilnya?yang kecetak, pasti iterasi terakhir..udah gitu, grafiknya juga gak bisa dipake,,gmn cara lihat perfrmanya ya? terimakasih banyak.

  46. z31n berkata:

    komen saya gak terkirim ya mas? sorry post lagi,,klo repost, di delete aja..makasi..
    pos saya begini.. saya mau tanya, saya coba buat jst untuk prediksi, saya menggunakan metode leave one out (untuk inputnya, karena data yang saya punya jumlahnya sedikit). LOO ini mengeluarkan satu data untuk dijadikan data uji, sisanya adalah data latih, proses ini terus berulang sampai semua data pernah menjadi data uji. Yang ingin sya tanyakan, bagaimana mengambil matrik hasil outputnya? yang ada, cuma iterasi terakhir aja. padahal butuhnya tiap iterasi. selain itu, bagaimana melihat performanya? terimakasih banyak

    • rahmadya berkata:

      LOO itu kok prinsipnya mirik cross validation ya? saya pernah mencoba cross validation dengan perintah fungsi crosvalind di matlab, coba baca helpnya mas, semua matriks keliatan kok. Cross validation itu mensekat data menjadi beberapa grup data dimana sebagian besar menjadi grup training dan sisanya untuk testing, kemudian dilanjutkan data yg untuk testing jadi untuk training, dan sebagian kecil data yang untuk training sebelumnya menjadi testing, hingga seluruah grup data menjadi data training dan pernah menjadi data testing.

      • z31n berkata:

        iya betul,,LOO itu bagian dari cross validation..saya membuat LOO nya sendiri, menggunakan perulangan for. kemudian JST nya ada di dalam looping nya. Yang saya bingung, matrik hasilnya gak bisa diambil. Selain itu, sya gak bisa melihat performa JST nya.. boleh saya kirim hasil koding mentahan saya ke email? bnr2 btuh bantuan mas, hehe.. email saya zein.sv@gmail.com. klo blh, sgera saya kirimkan.

      • rahmadya berkata:

        ada sedikit utak-atik pada penanganan matriks

      • z31n berkata:

        utak atiknya bgmn mas? minta petunjuknya.. trmakasih bnyak sebelumnya mas

  47. mas, saya membuat aplikasi peramalan dengan menggunakan matlab R2008b dan database Mysql, tetapi waktu saya run programnya ternyta preprocessing saya yg bermslah, itu bagaimana ya mas apa pemanggilan data input dan data target saya yang ada di dalam database yang salah? mohon bantuannya mas, terima kasih :)

  48. ilisusantihirawan berkata:

    mas, saya membuat aplikasi peramalan dg metode backpropagation dengan menggunakan matlab dan database mysql, nah ketika saya run ternyata program saya itu bermasalah di preprocessingnya, bagaimana itu ya mas?

    • rahmadya berkata:

      bagus juga tuh pake mysql .. koneksi ke database dari matlab-nya jalan ga? oiya, ambil data mysql-nya langsung atau lewat perantara ODBC, atau dipindah dulu ke excel?

  49. salam mas ,, kalau bikin JST trus digunakan di handphone android bisa gak ?? caranya bagaimana ?? apa perlu pake matlab juga ?? mohon infonya makasih

    • rahmadya berkata:

      jika sudah ditraining dan ditemukan bobot (weight) dan biasnya, bisa aja digunakan fungsi JST di Android. Tapi kalo untuk training di Android, bisa saja, cuma kurang efektif karena butuh prosesor yang kuat.

  50. faudzi berkata:

    assalamualaikum pa, saya mau tanya.

    saya sedang membuat aplikasi tentang JST Backpropagation.
    pada aplikasi saya menggunakan 3 ciri signifikan, dan output yang di inginkan ada 18.
    saya telah mengikuti tutorial yg bapa kasih, akan tetapi ketika saya saya uji hasilnya tidak sesuai, dan tidak tahu kenapa ketika training, performanya kurang bagus dan epochnya hanya di bawah 10 kali.

    mohon bantuannya pa, terimakasih :)

  51. butuhpencerahan berkata:

    Pak mau tanya, kalau terdapat error ‘model’ parameter must be a string. solusinya gimana ya?
    Pas di klik errornya dimana ternyata menunjuk ke y = sim(jaringan1,x);
    apa ada salah penulisan nya pak?
    terima kasih

    • rahmadya berkata:

      seperti biasa cek program matlab dengan menjalankan sample program di help (kalo ga bisa berarti matlab bermasalah).
      jaringan1 itu kan hasil training network, sedangkan x itu data yang akan diuji oleh JST. penuilisannya udah benar tinggal masalahnya jaringan1 dan x harus benar / sesuai format (jumlah atribut/field nya, sementara jumlah record bisa saja berbeda antara data training dengan testing (x).

  52. Dwi Putri Lestari berkata:

    sy sedg buat tugas akhir mengenai pengenalan tanda tangan menggunakan metode JST pke software matlab…
    sy msih bingug alur JST di codingnya nanti..
    klo boleh sy minta panduan dan source codenya pak sbg panduan pengerjaan..
    ini email sy
    ayiaransa@gmail.com
    *terimakasih sebelumnya pak..

  53. Dwi Putri Lestari berkata:

    bagaimana pak?

  54. Saya sedang membuat script untuk memprediksi mata uang menggunakan matlab. Apakah bapak memiliki contohnya karena kami kebingungan dicoba memakai yang milik training iris terdapat perbedaan.

    Terima kasih,

    • rahmadya berkata:

      membedakan uang palsu agak sulit, kalau cuma image kayaknya bisa. iris bisa kenapa di uang ga jalan? waktu iris memperhitungkan warna juga kah?
      saya tidak punya, sepertinya sudah banyak yg buat.

  55. Budi berkata:

    maaf pak saya mau minta referensi atau contoh program tentang pengenalan pola golongan darah atau yang beda tp hampir sama pengerjaannya, saya sedang tugas akhir mengalami kesulitan.. saya menggunakan jst algoritmanya backpropagation.. terimakasih atas bantuannya..

  56. Nando berkata:

    salam mas. sya nando..
    saat ini sya sedang mengkaji jurnal tentang prediksi besaran gempa bumi dengan jaringan syaraf tiruan memakai matlab.
    dalam hal ini memakai NNtool. dan sya sudah coba langsung pada matlabnya dengan sembarang data yg sya buat. karena sya blum tau parameter” yg dibutuhkan..
    sya dpatkan plot grafik, “performance”, “training state” dan “regresi”. mohon informasinya mengenai kegunaan plot grafik ini mas?
    dan sebenarnya hasil apa yg diharapkan dari matlab ini mas?
    trims.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s