Mengkoneksikan Database Ke Matlab – Bagian 2

Menyambung tulisan yang lalu (https://rahmadyatrias.wordpress.com/2011/02/22/mengkoneksikan-database-ke-matlab-–-bagian-1/), berikut ini akan dipaparkan bagaimana cara menghubungkan Matlab dengan Open Database Connectivity (ODBC) yang telah dibuat. Setelah ODBC dibuat dengan software apapun, Windows akan menjembatani antara software database dengan beragam aplikasi. Inilah yang sedikit membantu, hanya saja, ODBC berplatform Windows.

Cara paling gampang untuk mengkoneksikan suatu database dengan Matlab adalah dengan memanfaatkan Visual Query Builder yang ada pada toolbox Matlab. Cara ini merupakan cara paling mudah (tanpa coding), sangat disukai oleh para Mahasiswa S2 yang alergi dengan coding. Jangan heran ya, kalo menjumpai mahasiswa komputer yang alergi ama coding.

Gambar berikut ini menunjukkan tampilan jendela visual query builder (querybuilder) yang membantu kita mengambil dan mengirim data dari Matlab ke database dan sebaliknya. Sebelumnya, Anda harus telah membuat ODBC, karena jika belum, pada “data source” database Anda tidak ada. Perhatikan, karena saya telah membuat ODBC bernama rab, maka tampak pada “data source” ODBC milik saya.

Jika saya klik “rab” maka Matlab akan melakukan proses pemanggilan tabel yang akan diletakkan di kolom “Tables”. Dan jika tabel “barang” saya klik, maka akan menampilkan Fields yang terdiri dari kode, nama dan harga. Misalnya saya akan membuat suatu variabel, katakanlah “Kode” yang berisi data kode pada tabel barang, maka klik “kode” pada Fields dan beri nama variabel dengan mengetik “Kode” pada MATLAB workspace variable. Setelah itu klik “Execute”, maka Matlab secara otomatis akan membuat bahasa SQL “SELECT ALL kode FROM barang dan akan membentuk variabel baru bernama Kode. Ketik pada Command Window, maka Anda akan memperoleh isi dari variabel Kode.

>> Kode

Kode =

‘001’

‘002’

‘003’

‘004’

Bagaimana menerapkannya dalam GUI, seperti form penjualan, pembelian dan sebagainya? Wah, panjang banget ceritanya. Donlot videonya di https://rahmadyatrias.wordpress.com/2009/12/07/tutorial-menulis-program-berbasis-gui-dalam-bahasa-matlab-7 , coba praktekan, semoga berjalan lancar.

 

Iklan

25 respons untuk ‘Mengkoneksikan Database Ke Matlab – Bagian 2

  1. salam kenal Pak Rahmadya… saya mau nanya nih…. saya telah membuat GUI matlab sederhana yaitu penjumlahan bilangan…. namun belum selesai sehingga saya men-save progam tersebut…. nah saya bingung ketika ingin mengedit (menyelesaikan) progam yang saya buat… saya mohon bantuannya Pak Rahmadya…. terima kasih sebelumnya….

    • sebaiknya current directory dipilih terlebih dahulu. satu program GUI matlab terdiri dari satu GUI berekstensi FIG, satu script kode program berekstensi .M dan file tambahan seperti fuzzy, jaringan syaraf tiruan, logo, dan lain-lain. Berbeda dengan visual basic jika ingin mengetik script dengan dobel klik pada object, di Matlab kita harus mengklik icon M-editor, atau jika menggunakan command window dengan mengetik >>edit

  2. Pak untuk ODBC nya, setelah saya memilih microsoft access driver dan saya ok
    selanjutnya tidak ada perintah untuk menginputkan nama file odbc nya
    apakah ada masalah dengan microsoft access driver pak??

  3. Pak saya mencoba untuk membuat ODBC dengan Microsoft Access database sesuai dengan yang bapak contohkan. tetapi setelah saya memilih Microsoft Access database dan saya ok. tidak ada perintah untuk menginputkan nama file odbc nya
    kira-kira kenapa ya pak? apakah ada masalah dengan Microsoft Access database saya?
    terimakasih

      • kalo saya pake postgresql .. ada isian untuk password postgresql di ODBC .. dan jika ODBC ingin di password juga boleh, jadi ada dua password, pertama yg digunakan akses Matlab ke ODBC dan yang ODBC ke Postgresql. Tapi kalau Accessnya tidak dipassword dan ODBC tidak dipassword juga tidak apa2, tinggal beri saja user dan password kosong nantinya di Matlab di antara tanda petik ”.

    • buka ODBC klik Add .. pilih software DBMS nya .. terus diminta menulis data source name, tulis sesuai dengan nama yang anda inginkan .. sudah beres

      • ketika saya klik Add dan pilih software DBMS nya yang tersedia hanya ada 3 pak yaitu
        1. MySQL ODBC 5.1 Driver Notmarked
        2.SQL Native Client 2005.90.5000.00
        3. SQL server 6.01.7601.17514

        tidak terdapat pilihan Microsoft Access Driver
        apakah ada masalah ya Pak dengan driver di laptop saya??
        terimakasih

      • bukan, hanya saja sepertinya windowsnya 64bit. tapi jangan khawatir karena walaupun 64 bit, ada yang 32 bit juga, coba cari file ini dan jalankan: C:\Windows\SysWOW64\odbcad32.exe
        maka anda akan menemukan access driver.

  4. Pak, permasalahnya sekarang, setelah saya memilih start, toolbox dan database serta memilih file odbc yang sudah saya buat, selalu saja muncul username dan password, padahal dalam proses pembuatan filenya untuk username dan passwordnya sudah saya kosongkan.
    ketika saya oke tanpa menginputkan username dan password maka muncul tulisan seperti ini “[Microsoft][ODBC Driver Manager] the specified DSN contains an architecture mismatch between the driver and aplication odbc”
    kira-kira permasalahannya dimana ya pak? terimakasih banyak

  5. sudah pak, saya sudah mencoba menggunakan yg 32 bit sesuai dengan yang di contohkan yaitu c/window/SysWOT64/odbcad32.exe
    tapi tetap saja hasilnya nanti diminta inputkan username dan password. adakah solusinya pak?
    trimakasih

    • di langkah pada postingan saya di atas itu muncul username dan password ketika mengklik salah satu ODBC bukan (di saya rab)? kalau saya mengklik Ms Access memang keluar username password, tapi kan saya menggunakan rab yang tidak saya password.

  6. Pak saya ingin bertanya mengenai syntak untuk pemanggilan dari database pada matlab.
    misalkan pada database saya sudah membuat field dengan nama frekuensi dimana untuk frekuensi terdiri dari banya baris. ketika saya memanggil dengan syntak f=cell2mat(frekuensi) maka yang terpanggil semua baris pada field frekuensi. yg ingin saya tanyakn bagaimana syntak untuk pemanggilan parameter dengan membedakan letak barisnya? Terimakasih Pak

  7. Permisi mau tanya Pak, apakah ODBC versi 32bit hanya bisa diakses menggunakan Matlab versi yg sama (32bit) juga?, karena ODBC tidak keluar di Data Source Matlab saya (62bit)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s