Mengkoneksikan Database Ke Matlab – Bagian 3

Mengambil data dari database lewat GUI membutuhkan sedikit pengetahuan mengenai sistem kerja GUI dan M-File pada Matlab. Jika tulisan ini pertama kali Anda baca sebaiknya Anda lihat materi sebelumnya di: BAG 1 dan BAG 2 . Jika sudah Anda mengerti, barulah bisa mengikuti tulisan ini, tentu saja sambil membuka Matlab Anda. Berhubung ActiveX  antara satu komputer dengan komputer lainnya berbeda, di sini untuk melihat data yang kita ambil saya menggunakan objek “Table” pada GUI. Coba kita mulai dari awal, buka GUI dengan mengetik guide di command window atau dengan cara File – New – GUI di pulldown menu. Pilih Blank GUI karena kita akan membuat GUI dari nol. Karena hanya sekedar mengakses database, coba rancang bentuk berikut ini yang rencananya nanti tabel tersebut akan berisi data yang dipanggil oleh GUI tersebut.


Untuk mengisi nama kolom, klik kanan pada tabel tersebut pilih Properti Editor … Isikan nama-nama kolom sesuai dengan tabel yang anda miliki. Untuk menambah kolom ketikkan klik insert, lalu isi nama pada kolom kosong seperti berikut ini.


Klik Apply dan OK jika sudah selesai, maka Anda telah berhasil membuat tabel kosong yang nantinya akan kita isikan datanya lewat script. Jika tabel dan ODBC sudah Anda buat, mari kita mencoba mengakses data dari database tersebut dengan toolbox database yang disediakan oleh matlab. Perhatikan ujung kanan bawah Matlab Anda, ada tulisan Start bukan? Banyak pengguna Matlab baru yang tidak “ngeh” dengan tombol tersebut. Coba tekan, arahkan ke toolbox, lalu pilih Visual Query Builder pada database. Gunakan cara seperti pada tulisan saya terdahulu . Berikutnya agar bisa diterapkan di GUI yang baru kita buat, maka kita mau tidak mau harus mengkonversi menjadi bahasa Matlab dengan cara mengklik: Query – Generate M-File. Oiya, pilih seluruh Fields (kode, nama dan harga) dan isikan databrg pada MATLAB workspace variable.


Hasilnya adalah serangkaian kode Matlab yang berisi koneksi database dilanjutkan dengan script SQL ambil data (Select). Simpan dan beri nama dengan nama ambildata. Sekarang kembali ke GUI yang telah Anda buat, coba jalankan (RUN) sehingga Anda akan diminta mengisi nama file GUI itu, beri nama, misalnya data. Masih kosong? Tentu saja karena belum kita isi programnya. Pada grid_opening function isikan dengan script m-file hasil generasi dari querybuilder. Bingung? Coba anda klik simbol “f” di M-file editor anda, maka akan muncul grid_openingfunction, klik maka anda diarahkan ke function tersebut. Function itu dieksekusi saat GUI dijalankan. Coba edit script berikut ini, dengan menginsert script ambildata ke data_openingfcn:


Oke, kembali ke command window, coba ketik ambildata agar variabel databrg muncul di workspace. Mengapa? Nanti Anda akan tahu sendiri maksudnya. Di fasilitas help mungkin tidak ada, tetapi jika Anda memiliki bakat “utak-atik” tentu akan menemukannya. Buka GUI dan klik kanan pada tabel dan pilih table property editor. Ribet ya bolak balik? Kalau tadi anda mengedit kolom untuk mengisi kode, nama dan harga, di sini anda klik Data untuk mengisikan data. Nah, karena Anda sudah menjalankan script ambildata, muncul dah di sana variable databrg, klik pada variabel tersebut, lanjutkan dengan apply dan OK.


Harusnya Anda melihat ada isian pada list data (conn, databrg, e dan s). Jika tidak berarti Anda belum menjalankan instruksi yang saya berikan di atas. Jika sudah, coba Anda jalankan GUI yang telah anda buat, hasilnya adalah GUI tersebut berhasil mengakses database kemudian diambil datanya dan diletakkan di objek tabel pada GUI.


Selamat mencoba, pusing dikit ga pa pa kan? Sumpah .. itu cara paling gampang !!!


Rahmadya Trias Handayanto

Iklan

35 respons untuk ‘Mengkoneksikan Database Ke Matlab – Bagian 3

  1. mas, objek tabel ada dmatlab versi brp?dmatlab sy yg 7.0 tdk ada mas..,
    Oia mau tanya untuk sintaks matlab 2010 dan 2008 apa ada perbedaan ya mas..
    mksh sblmnya..

  2. coba lihat gambar pertama, objek table ada di atas objek panel (versi 2010) .. coba nanti sy lihat versi sebelumnya, jangan-jangan memang khusus versi 2010.

  3. mas, kalau mau menampilkan harga pasir aja di textbox gmn caranya?
    trus kalau kita mau insert kan data lewat App GUI kita gmn juga caranya?
    makasih mas

    • ada temen2 yg bisa ngasih saran ? sy lagi break sebentar mengenai database ini .. kalo ada waktu luang saya oprek lagi .. sory

  4. pak, etha nanya yaa…
    bisa gk konversi script fuzzy logic toolbox ke m-file? maksudnya, etha kan udah selesai buat program pake fuzzy logic toolbox, nah..script yg ada di editor bisa dicopy paste n di-run ke m-file gak pak?
    thanks buat bantuannya pak..
    🙂

    • fuzzy yg dibikin diekspor aja ke file (ekstensinya fis), kemudian di M-file tinggal dipanggil dengan instruksi “readfis(‘namafuzzy’);” yang penting file fis diletakkan dalam satu folder dengan M-file. dan kalo dikompilasi jadi exe tetap bisa kok 🙂

  5. salam kenal mas…..mo tanya untuk database yang digunakan dari face recognition menggunakan JST itu data dari JST nya ato yg mana ?
    dan cara untuk memanggil data dari excel k matlab itu listingnya gmn?

    • ada caranya, lewat pushbotton di GUI. di m-file editor masukan code get fila. sy ada listingnya hanya saja sekarang lagi sibuk ngurus sertifikasi dosen, nanti saya akan tulis mengenai hal ini.

    • ada dua jenis manajemen data gambar, pertama gambar di simpan di database, jenis kedua, yang disimpan di database hanya lokasi file gambar saja. yang saya tahu, cuma jenis kedua saja.

  6. maaf sebelumnya kalo out of topik
    caranya gmn pak supaya file fuzzy yg udah kira bikin terkoneksi dengan database, saya sudah bikin toolbox fuzzy tp sekarang hasil inputan di fuzzy disuruh untuk terkoneksi dengan database, mohon petunjuknya pak…
    terimakasih

    • tiap citra jadikan satu vector .. coba pelajari fungsi merubah matriks jadi vektor di help matlab. data setnya nanti jadi kumpulan beberapa citra dengan tiap citra jadi satu baris/vektor.

  7. siang master ..
    ko yang di visual query builder ,pas di database kan pas waktu bikin ga pake user name dan password ya, ko tiba2 ditanya id sama pass nya mas?? mohon bantuannya

  8. Permisi, mau tanya sedikit nih.
    Kalu saya ingin bisa memasukkan data dari matlab ke access perintah yang perlu ditambahkan apa saja ya?
    Thanks sebelumnya

  9. mas bagaimana cara kalau untuk menyimpan data dr matlab agar tersimpan di daabase. kalo tutor di atas kan untuk memunculkan database yang sudah dibuat. kalau mau menyimpan data dr matlab dengan mengisi harga jumlah dll agar tersimpan di database bagaimana ?
    terimakasih 🙂

  10. jadi gini mas saya sudah buat applikasi matlab gui. namun disuruh menambahkan 1 tombol yaitu rekap. dimana kita input data dr matlab gui lalu bisa masuk ke database ms access.lalu datanya bisa ditampilin dari gui dan bisa diprint mas 🙂 minta sarannya mas 🙂
    atau boleh minta contact y mas 🙂

  11. mas gimana yach cara menentukan range di fuzzy, maaf karna z baru jg knal matlab karna ad tugas dari kampus buat sistem pakar diagnosa penyakit hewan peliharaan. mohon bantuanya mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s