Pengenalan CVT

Kalo sudah baca  Perbandingan Motor Matic, dan sudah jadi penggemar matic, ada baiknya baca juga perihal CVT di bawah ini (materi untuk mobil sih .. tapi ga jauh beda dengan motor kok):

Pengenalan CVT

Continously Variable Transmission (CVT) bekerja pada dasar  sama seperti transmisi otomatis pada umumnya dan mencapai hemat bahan bakar sama dengan pada transmisi manual. CVT dapat berfungsi secara virtual bebas selip (slip-free) dan memungkinkan mesin tetap dalam power range yang optimal, yang menghasilkan hemat bahan bakar yang lebih baik.

 CVT bekerja dalam range of ratio yang lebih rendah untuk akselerasi yang lebih baik dan pengereman mesin yang lebih besar. Posisi “L” juga digunakan untuk pengereman mesin sementara PCM/TCM menggunakan range of CVT ratios yang paling rendah untuk tenaga mendaki yang lebih besar.

 Dasar Operasional CVT

Untuk mengatur persyaratan untuk operasionalnya, komponen elektronik digunakan untuk mengontrol CVT.  Transmission Control Module (TCM) atau Power Control Module (PCM) menerima informasi dari sensor kemudian menggerakkan solenoid untuk operasional yang diperlukan.bila solenoid digerakkan, tekanan ATF digunakan kepada hydraulic valves, yang membuat hydraulic valves berpindah ke engage/disengage clutches atau menggunakan tekanan  ATF ke drive/driven pulleys.

Sama dengan AT yang konvensional, bila ada kerusakan didalam system, lampu D4 akan berkedip untuk memberitahukann kepengemudi dan akan menyimpan DTC didalam TCM/PCM. Pada waktu rusak, CVT masih dapat dijalankan dengan aman.

Untuk informasi tambahan  tentang CVT control, lihat ke Pedoman Informasi Teknisi CVT . CVT tidak menggunakan Torque Converter tetapi malahan menggunakan Start Clutch untuk fungsi tersebut. Ini memerlukan TCM/PCM untuk mengatur tekanan oli Start Clutch, yang menyebabkan perlu melakukan Kalibrasi Start Clutch agar TCM/PCM control benar.

(Bersambung)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s