Pelatihan CATIA V5 R17

Menyambung tulisan lalu, pada tanggal 20, 21 dan 22 telah dilaksanakan pelatihan CATIA sebagai pengganti mata kuliah Bahasa Inggris III yang kurang pertemuannya. Diikuti oleh 15-an orang siswa, tinggal 4 orang yang berminat mendalami software yang digunakan pertama kali untuk merancang pesawat mirage itu.

Hari Pertama: Diperkenalkan dasar-dasar CATIA yang berupa environment, teknik pembuatan sketsa dan manipulasi ke bentuk 3D (Dres up fitures). Hasil lumayan, berhasil menciptakan bangun 3D walaupun masih sederhana. Beberapa siswa mundur karena kebingungan. Intinya, hari pertama membahas part design dan generate shape design (bentuk lembaran).

Hari Kedua: Diperkenalkan teknik Assembly design. Bentuk part design, pada assembly design dicoba untuk dirakit menghasilkan bentuk produk jadi. Di sini diperkenalkan cara menggabungkan (insert existing component) part yang telah dibuat. Pada pertemuan ini kita sudah masuk ke materi sistem basis data CAD (yang akan dijumpai di semester VI nanti).

Hari Ketiga: Rencananya akan diperkenalkan konversi dari 3D menjadi 2D (Drafting) sesuai dengan standar gambar mesin. Di sinilah sepertinya ada sedikit perbedaan pembelajaran menggambar mesin berbasis komputer antara catia dan autocad. Pada CATIA, materi 2D diajarkan terakhir setelah 3D, sesuai dengan paradigma baru yang berbasis object. (Prinsip object oriented adalah mencoba mendekati bentuk aslinya – 3Dimensi). Dan ternyata dari 3D ke 2D pada CATIA menghasilkan draft yang sangat cepat (saya sendiri yang selama ini menggunakan autoCAD terkejut).

Alhasil, semoga acara yang bermanfaat ini dapat dilanjutkan lagi, harapannya mahasiswa mencintai dasar-dasar ilmu yang wajib dimiliki oleh semua insinyur, okeh ..

Iklan

2 respons untuk ‘Pelatihan CATIA V5 R17

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s