Cloud Computing

 

Kantor-kantor yang sering kita jumpai biasanya menyediakan satu ruangan khusus yang berisi server dengan alat komunikasi yang lumayan banyak. Dengan AC yang super dingin dan terus dijaga kebersihannya, mau tidak mau, perusahaan menyediakan staf khusus yang bertanggung jawab akan kelangsungan sistem yang ada. Bagaimana jika server beserta piranti-piranti yang berharga mahal itu kita serahkan ke vendor-vendor dalam pengelolaannya? Tentu saja banyak ruang dan sumber daya yang dapat dihemat. Kita tinggal membayar vendor tersebut yang saat ini bahkan sistem informasi manajemennya juga telah tersedia dan bereslah semua urusan. Konsep tersebut dikenal dengan istilah Cloud Computing.

Tidak semua institusi saat ini berminat dengan cloud computing. Misalkan, data suatu perusahaan, tentu saja tidak serta merta bersedia menitipkan pada Cloud. Cloud computing bermaksud memberikan efisiensi dan efektifitas dalam memanfaatkan sumber daya. Misalnya, saat Anda ingin berangkat ke kantor, jika Anda menggunakan mobil, ketika tiba maka mobil Anda parkir dan tentu saja tidak memiliki nilai ekonomis karena tidak dimanfaatkan. Konsep Cloud Computing mirip ketika Anda ingin berangkat kerja, Anda memanfaatkan kendaraan umum. Tinggal bagaimana Anda percaya terhadap kendaraan umum tersebut. Untuk kondisi jalan dan armada yang masih amburadul seperti di Jakarta, tentu saja banyak yang tidak berminat. Begitu juga Cloud Computing, jika security, kecepatan akses dan sebagainya belum maksimal, selama itu pula orang belum berminat menggunakan Cloud Computing.


Salah satu contoh langsung adalah, tulisan ini ditulis menggunakan google (http://www.docs.google.com). Di mana file ini tersimpan, terus terang saya tidak tahu, tapi saya mempercayakannya kepada google. Jika komputer saya tidak terinstall Microsoft Office, maka saya masih bisa mengetik memanfaatkan salah satu aplikasi Cloud Computing ini. Saat ini saya sedang tertarik meneliti masalah ini. Chao …

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s