Mengambil data dari Excel ke MATLAB

Selain mengambil data dari file berekstensi DAT, Matlab juga bisa mengambil data dari Microsoft Excell (baik 2007 maupun 2002/2003). Fungsi yang digunakan adalah “open”. Untuk mempraktekannya coba buka Microsoft Excell kemudian coba buat satu field berisi dua buah field (kolom) berikut ini.

Perhatikan Nama Sheet perlu diganti karena nama ini akan menjadi nama variabel data di workspace Matlab. Ganti Sheet1 menjadi Data misalnya. Simpan dengan nama bebas, misalnya tabel, tidak perlu disave as menjadi word 2002/2003. Buka Command Window Matlab, lakukan instruksi:

>>Open tabel.xlsx

Klik “Finish” saat jendel “Import Wizard” terbuka, centang isian M-Code, jika akan diaplikasikan dalam bentuk Script M-File. Klik tombol radio “Other” terlebih dahulu.

Berikutnya akan muncul satu variabel baru Data, yang jika kita ketik variabel tersebut akan memunculkan data yang sama dengan data excell.

>> Data

Data =

1 11

2 12

3 111

4 14

5 25

6 56

7 67

8 86

9 54

10 67

Berikut ini hasil generati kode –M.

function importfile(fileToRead1)

%IMPORTFILE(FILETOREAD1)

% Imports data from the specified file

% FILETOREAD1: file to read

% Auto-generated by MATLAB on 08-Aug-2011 13:50:26

 

DELIMITER = ‘ ‘;

HEADERLINES = 0;

 

% Import the file

newData1 = importdata(fileToRead1, DELIMITER, HEADERLINES);

    

% Create new variables in the base workspace from those fields.

vars = fieldnames(newData1);

for i = 1:length(vars)

assignin(‘base’, vars{i}, newData1.(vars{i}));

end

 

 

Coba sendiri untuk akses ke GUI-nya ya.

 

 

 

Iklan

9 respons untuk ‘Mengambil data dari Excel ke MATLAB

  1. Salam mas,
    Saya ada problem dengan fuzzy. Misalkan saya ingin memperoleh nilai output fuzzy untuk banyak data yang data inputnya diambil dari file excel caranya bagaimana? Dalam file saya ada input 2 buah, sebut saja masakan dan pelayanan, serta output 1 buah misalnya bonus. Rasanya terlalu lama bila mencoba input data satu satu, kemudian outputnya ditulis di excel… karena data output logika fuzzy tersebut akan diproses untuk mengetahui tingkat validitas dari output fuzzy dengan kenyataan di lapangan.
    Jadi keinginan saya, ada data input berupa MASAKAN dan PELAYANAN dari Excel, kemudian dengan fuzzy matlab bisa dihasilkan Output berupa BONUS, tentunya setelah prosedur fuzzy matlab dilakukan, termasuk rule basenya.
    Mohon pencerahan, sangat ditunggu
    email sy : faqihn@yahoo.co.id
    terima kasih

  2. Terima kasih ilmunya pak. Minta tolong pak, bisa diberikan contoh kode program matlab tentang exponential average dimana data yang dipake juga diambil/diimport dari excell. terima kasih sbelumnya pak

  3. Informasinya sangat membantu sekali. Saya ingin bertanya, misalkan saya ingin mengolah data dari data yang sudah di export tadi, misalkan untuk perhitungan berulang, variabel apa yang digunakan? Terima kasih

    • variable standar matlab biar lebih cepat. gunakan saja *.mat file jika ingin menyimpan sementara. Data dari excel mirip dengan data dari dat file, lebih mudah dibanding dari access atau MySQL karena harus utak-atik tipe data Cell.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s