Perkembangan Disain

Berbicara mengenai perencanaan produk tidak lepas dari kebutuhan dan keinginan pasar. Sesungguhnya kita tidak bisa secara tepat meramalkan keinginan pasar, tetapi pergerakan dari perubahan keinginan pasar dapat dilihat gejalanya. Walaupun secara teknis suatu produk sangat baik, tetapi jika tidak memiliki disain yang kurang diminati akan gagal di pasaran. Tentu saja jika gagal di pasaran, produk tersebut dikatakan gagal.


Sebagai studi kasus kita lihat motor honda yang di tahun 80-an sangat terkenal. Bahkan di tahun itu orang sudah menyebut naik motor dengan naik honda karena brand honda yang sudah merakyat. Coba bayangkan jika honda tidak melakukan riset pasar terhadap bentuk disainnya yang baru, tentu saja konsumen akan beralih ke merek baru karena takut dikatakan naik motor babeh.


Seiring dengan perkembangan teknologi dan kondisi jalan di Indonesia, perlu untuk merancang mesin dengan kapasitas besar. Akhirnya muncul motor-motor dengan cc besar seperti honda megapro dengan cc 145 dan 160. Honda mega pro di atas hasil modifikasi buntut yang lama yang banyak diprotes karena berbentuk seperti perahu.


Seiring dengan perkembangan jaman, perhatikan bentuk honda tiger 2000 yang mengikuti perkembangan jaman dari velg racing (walaupun ada yg suka model klasik velg jari-jari) dengan tutup tangki tambahan sebagai asesoris. Di awal tahun 2000 motor ini sempat merajai jalan.


Dan ternyata bentuk tedeng tambahan di tangki (lihat gambar di atas diambil dari dapurpacu.com .. gambar cewek cuma penyedap aja lho ..) ternyata banyak dipakai oleh motor-motor sport saat ini seperti yamaha, honda dan bajaj (pulsar). Dan lumayan, meningkatkan penjualan karena memiliki disain yang baik. Bagaimana disain yang akan datang, tentu saja kita harus mengikuti arah pasar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s