Buku Penerapan Soft Computing dengan Matlab

Hasil dari tulis menulis di blog, terbit buku tentang penggunaan Matlab bersama pembimbing saya Dr. Prabowo Pudjo Widodo. Diterbitkan oleh penerbit: Rekayasa Sains.

Buku “Penerapan Soft Computing dengan MATLAB” membahas seluk beluk Soft Computing yang terdiri dari Fuzzy, ANFIS, Jaringan Syaraf Tiruan dan Algoritma Genetik. Walaupun terasa materi yang dibahas sangat luas, tetapi penulis yakin dengan memanfaatkan software Matlab, pembaca akan mampu membuat aplikasi dengan basis Soft Computing yang canggih.

Setiap bab dimulai dengan teori dasar singkat dengan harapan pembaca dapat mengerti algoritma dasar Soft Computing yang digunakan dan diakhir bab diakhiri dengan studi kasus penerapannya dengan Toolbox Matlab. Pada buku ini digunakan Matlab atas dasar pertimbangan kemudahan dibanding dengan bahasa lainnya yang sejenis. Sebagai penopang utama Soft Computing, Fuzzy dibahas lebih rinci dibanding dengan yang lain.

Untuk mempermudah mempelajarinya, diharapkan pembaca sudah menginstal software Matlab dan mempraktekannya secara langsung saat membaca buku ini. Di bab terakhir diberikan contoh kasus pembuatan aplikasi lengkap dengan bantuan Graphic User Interface (GUI). Untuk mengatasi lisensi Matlab yang mahal, dipelajari juga teknik kompilasi script Matlab menjadi program executable yang dapat dijalankan di komputer lain yang tidak terinstal Matlab.

Karena baru saja terbit, mungkin di toko buku belum tersedia. Lebih baik pesan langsung ke penerbitnya secara on-line: http://biobses.com/judul-buku,310-penerapan_soft_computing_dengan_matlab.html

Iklan

4 respons untuk ‘Buku Penerapan Soft Computing dengan Matlab

  1. mas, mau tanya… di dalam bukunya kan ada bahasan jaringan syaraf tiruan, ada ga kira-kira contoh kasusnya tentang perkiraan beban menggunakan jaringan syaraf tiruan radial basis function? kalau ada lengkap dengan script m-filenya.. mohon dibalas ya..
    Terima kasih..

    • kebetulan saya ga pegang bukunya, tentang apa ya? jst atau anfis. dibahas konsentrasi ke soft computing, mengenai gui sepertinya bisa dilihat di bab yang lain, misalnya untuk jst, ga jauh beda guinya dengan anfis.

  2. tentang JST, pada bab tersebut dibahn tentang pembuatan gui dengan 2form, 1form induk (untuk pelatihan data) dan 1form aplikasi penentuan beasiswa. tetapi dalam buku tersebut tidak dibahas tentang cara menghubungkan kedua form tersebut, kemudian tidak tersedia juga untuk source kode untuk untuk button penentu beasiswa’y.
    saya sudah mencoba menggunakan code yang ada pada anfis tetapi tidak berjalan…
    dan saya juga ada pertanyaan,, apakah untuk data input, bias, target dan output bisa ditampilkan pada tabel di GUI. bagaimana caranya., mohon pencerahan dan infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s