Kendala Pada Matlab

Matlab merupakan bahasa komputasi teknis yang bermaksud membantu para saintis dalam melaksanakan kegiatan sehari-harinya (riset, project, data processing, dan sebagainya). Kendala mahasiswa yang menggunakan matlab sebagai tool pendukung adalah saat disidang mahasiswa tersebut tidak sanggup menjelaskan konsep dasar yang melatar belakangi operasi pada Matlab. Beberapa penguji terkadang meminta source code dalam bahasa tertentu seperti C++ dan Java. Jika mahasiswa yang bersangkutan sudah mempelajari teori dasarnya terlebih dahulu mungkin tidak ada masalah, namun jika karena terdesak oleh waktu dan mahasiswa itu tidak sempat mempelajari dasar teori algoritma yang mendasarinya, malapetaka akan menimpa mahasiswa itu. Sebenarnya pada help Matlab, setiap akan memberikan referensi tutorial, Matlab memberikan dasar teori pendukungnya dengan disertai oleh buku rujukan yang bisa kita beli atau download di internet.

Untuk kasus dimana dosen penguji meminta kode sumber, mungkin agak sedikit bermasalah terutama jika dosen penguji tersebut tidak mengakui M-file sebagai bahasa pemrograman layaknya C++, Java, VB dan sejenisnya. Untuk menyiasati hal itu ada baiknya kita mengkonversi bahasa matlab menjadi bahasa C++. Langkahnya adalah dengan membuat deployment project (file – new – Deployment Project). Setiap kita selesai membuat kompilasi program menjadi exe, Matlab selalu menyediakan source code dalam bahasa C++ di folder “Src”. Berikut ini contoh program menghitung beasiswa dengan menggunakan FIS dan ANFIS yang setelah dikompilasi muncul file dalam bahasa C++.

Sebenarnya inti dari programming adalah algoritma, jadi jika kita memahami algoritma maka bahasa apapun dapat kita kuasai. Fanatik terhadap satu bahasa menurut saya kurang baik. Tetapi sebisa mungkin kita memahami dua atau tiga bahasa pemrograman yang dapat kita jadikan alat dalam menterjemahkan algoritma yang telah kita kuasai atau sedang dipelajari.

Gambar di atas mengilustrasikan hasil running file executable hasil kompilasi dari bahasa Matlab. Tampak bahwa matlab sudah mampu membuat aplikasi layaknya bahasa pemrograman yang umum dipakai, disetai dengan GUI yang sudah maju sejak versi 6 hingga sekarang (versi 7).

Salam …

Rahmadya Trias Handayanto

Iklan

14 respons untuk ‘Kendala Pada Matlab

  1. Salam
    Dapatkah input fuzzy berupa data dari file excel? kemudian output diperoleh lewat fuzzy matlab secara otomatis. Sehingga jika kita ingin mendapatkan output dari banyak data inputan (sesuai range) tidak usah satu persatu memasukkan angka ke variable input.
    ditunggu balasannya
    trims. email : faqihn@yahoo.co.id

  2. Pak Rahmadya, Kebetulan saya ada tUgas membuat aplikasi beasiswa seperti gambar diatas..
    Form nya pun sudah saya buat, Tetapi permasalahannya saya tidak paham di Source Code nya
    Mohon Referensi dan Masukannya pak..
    terima kasih

  3. selamat pagi, pak saya ingin tanya, apakah berdasarkan hasil pemodelan ann untuk prediksi, kita bisa mendapatkan rumus empirisnya?
    terimakasih pak

  4. assalamualaikum, pa saya mau bertanya, saat saya jalankan exe hasil deploy di laptop yang saya pakai untuk mendeploy alhamdulilah bisa namun ketika di running di PC/laptop lain kenapa muncul pesan error missing MCLMCRRT7_15.dll ya??? mohon pencerahannya pa terima kasih

    • karena laptop target tidak ada file itu. untuk laptop lain yg tidak ada matlab, jalankan dulu file berisi matlab runtime (berisi dll itu) yg ukurannya kalo ga salah sekitar 300mb, terletak di folder hasil deploy. jangan lupa restart dulu.

      • file berisi matlab runtime itu yang MCR kah pa?? brukuran sekitar 175mb soalnya pa, tidak sampai 300mb. folder hasil deploy yang saya lakukan itu ada folder distrib dan src. restartnya dilakukan setelah menjalankan program tersebut ya pa? Terimakasih Pa

  5. Assalamualaikum pa,saya sudah coba install mcr nya di pc lain, tapi masih gagal pa eksekusi exe nya, kenapa ya pa? apakah saya salah dalam cara install mcr nya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s