Menangkap Masukan dari Keyboard pada JAVA

Berhubung computer yang ada di lab Software Engineering kebanyakan terinstall Eclipse, maka untuk melakukan basic input output sementara menggunakan console lewat keyboard. Berikut ini cara penulisan listing di class main.

Ada tiga komponen yang harus kita import guna mendapatkan fasilitas input output dengan keyboard antara lain:

import java.io.BufferedReader;

import java.io.IOException;

import java.io.InputStreamReader;

Seperti biasa untuk membuat instan baru di main.java kita panggila kelas yang sebelumnya telah kita buat (persegiPanjang.java). Beri nama instan tersebut misalnya p. Untuk kelas persegiPanjang dapat dilihat pada tulisan saya terdahulu. Perhatikan listingnya sebagai berikut di IDE Eclipse (saya menggunakan versi Juno):


Sebenarnya kita bisa langsung mengetik BufferedReader tanpa perlu mengetik import di kepala program karena ketika selesai Eclipse akan memberikan peringatan kalau kita harus mengimport suatu komponen. Kita tinggal mengklik ganda pilihan yang ada dan instruksi import langsung berjalan.

Untuk menangkap data, berarti kita memanggil operation setPanjang dan setLebar dari kelas persegiPanjang, dalam hal ini direpresentasikan dengan objek “p”. Sedangkan untuk mengeluarkan hasil perhitungan luasnya dilakukan dengan memanggil operasion getLuas dari kelas persegiPanjang. Berikut hasilnya jika program di atas di running:


Perhatikan bagian bawah IDE Eclipse. Anda diminta memasukan panjang dan lebar yang kemudian disusul dengan hasil perhitungan Luasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s