Windows Surface RT

Beberapa bulan yang lalu kampus tempat saya belajar menawarkan sebuah tablet berbasis windows 8 dengan nama Windows Surface RT dengan discount hingga 50%. Tadinya berharga 12 ribu Baht menjadi 6000 baht saja. Dengan kurs 1 baht kira-kira Rp 370 rupiah, berarti harga satu buah tablet tersebut sekitar 2 jutaan dari yang seharusnya 4 jutaan. Selain itu ada tawaran keyboard portabel dan touch pad portable. Saya memilih keyboard karena lebih nyaman untuk mengetik karena fungsinya sama dengan laptop. Sementara touch pad agak sulit untuk mengetik walaupun lebih nyaman dibanding mengetik langsung di tablet dengan keyboard virtual. Harga satu keyboard untuk windows rt dibandrol dengan harga 3000-an baht, atau sekitar satu jutaan rupiah, lumayan mahal, apalagi keyboard tidak ikut diskon.

Setelah mengantri beberapa saat akhirnya berhasil juga transaksi pembayaran dengan kartu kredit, maklum kiriman DIKTI belum jelas. Setelah barang diterima saya langsung ke bagian pengecekan untuk dilakukan setting windows 8 pertama kali, pengisian nama tablet, pemasangan screen protector yang dihargai sekitar 250 baht (70-an ribu rupiah). Sampai di dorm, saya utak-atik, ternyata praktis juga. Saya salut juga ketika menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada, mirip dengan laptop istri saya yang berbasis windows 8.

Satu hal yang membedakan dengan tablet yang saya beli sebelumnya adalah dalam hal asesoris tambahan. Ketika harddisk eksternal saya tancapkan di tablet, seluruh data saya langsung terbaca, berbeda dengan samsung sgt 10 saya yang lama, ada pesan error bahwa yang saya tancapkan adalah high power usb. Tentu saja samsung yang lama harus membeli konektor usb tambaha yang harga originalnya ratusan ribu rupiah. Ternyata usb bisa saya tancapkan mouse serta ketika saya tancapkan ke blackberry saya, langsung bisa terhubung dan memindahkan data dengan mudah, berbeda dengan samsung yang harus lewat mekanisme bluetooth.

Ketika mengetik tulisan ini, saya menggunakan tablet windows rt saya, ternyata mirip dengan mengetik lewat keyboard. Keyboardnya lumayan enteng di tekan. Ukurannya yang besar huruf-hurufnya menghindari saya dari salah tekan. Selain itu ketika selesai mengetik dapat saya langsung upload ke blog saya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s