Hasil Pilpres 2014

Setelah hampir sebulan terjadi pertarungan sengit antara kubu pendukung calon nomor satu Prabowo Subianto dengan calon nomor dua Joko Widodo akhirnya pada tanggal 22 Juli 2014 KPU mengumumkan pemenang pilpres kali ini. Sebelum diumumkan, secara mengejutkan calon presiden Prabowo mengumumkan bahwa dia mengundurkan diri dari pilpres karena kecewa dengan kinerja KPU yang menurutnya tidak adil dan tidak demokratis. Namun KPU tetap pada pendiriannya untuk menyelesaikan perhitungan suara yang kurang dua provinsi lagi, yaitu papua dan sumatera utara walaupun saksi dari pasangan nomor urut satu meninggalkan ruangan KPU atas instruksi capres Prabowo Subianto.

Setelah seluruh provinsi dihitung dan dimenangkan oleh pasangan Joko Widodo – Jusuf kalla, untuk mengumumkan secara resmi presiden terpilih, rapat pleno diskors hingga pukul delapan malam. Kubu Prabowo bermarkas di Polonia, sementara kubu Jokowi mengadakan acara buka bersama sambil menunggu pengumuman KPU di Kebagusan, rumah kediaman Megawati Sukarnoputri.

Terlambat sekitar 30 menit, akhirnya KPU mengumumkan pemenang pilpres dengan terlebih dahulu membacakan hasil perhitungan suara di 33 provinsi. Hasilnya adalah Jokowi unggul sekitar 8 juta (53%) suara dari kubu prabowo (47 %). Kubu Prabowo diberi waktu tiga hari untuk mengajukan banding ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika keberatan dengan hasil perhitungan suara KPU.

Setelah era pemerintahan yang tersentralisasi di jaman Sukarno dan Suharto, serta era transisi di jaman Habibie, Gus Dur, dan Megawati, akhirnya munculah era di mana sosok rakyat biasa bisa menjadi presiden setelah dua periode dikuasai oleh mantan militer (presiden SBY). Kali ini rakyat sudah meninggalkan bayang-bayang masa lalu di mana pemimpin harus memiliki keahlian di atas rata-rata atau keturunan dari pemimpin masa lalu dan bersifat sebagai “orang tua” rakyat biasa dan saat ini bisa membedakan antara “the king” dengan “presiden”. Bahkan ada ungkapan saat ini tetangga sebelah rumah bisa saja menjadi presiden, asalkan dipercaya oleh rakyat. Selamat untuk presiden RI yang baru Ir. Joko Widodo, eks Gubernur Jakartaf, Walikota Solo, pengusaha mebel .. dan alumni Universitas Gadjah Mada .. Kampus tercintaku.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Puisi Kehidupan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.