Instalasi Idrisi Selva versi 17

Software idrisi merupakan software untuk mengelola sistem informasi geografis (SIG) terutama dalam menangani peta yang berasal dari satelit. Beberapa tulisan di jurnal internasional memanfaatkan software ini untuk memprediksi perkembangan daerah urban atau peri-uban seiring berjalannya waktu. Akurasinya pun sudah teruji dan yang terpenting vendor aplikasi ini menyediakan versi trial agar pengguna bisa mengenal lebih lanjut sebelum membeli software seharga puluhan juta rupiah ini.

Berikutnya kita diminta membaca license Agreement dilanjutkan dengan mencentang tombol persetujuan. Pesan dalam bentuk readme juga muncul yang memberitahukan bahwa versi trial hanya berlaku selama 30 hari dari saat instalasi.

Berikutnya idrisi meminta informasi untuk registrasi nanti. Isikan sesuai dengan kebutuhan.

Pilih Complete Setup ketika muncul jendela tipe instalasi idrisi.

Lokasi letak program perlu dirubah jika Anda ingin meletakan program di direktori khusus. Secara default akan berada di program file (windows versi 32bit).

Berikutnya nama untuk Start Menu dapat dirubah, atau biarkan saja secara default (IDRISI Selva).

Kemudian konfirmasi terakhir sebelum proses instalasi muncul dilanjutkan dengan proses instalasi yang memakan waktu beberapa menit saja.

IDIRISI selva versi trial siap digunakan. Anda bisa langsung menjalankan dengan mengklik Run IDRISI Selva now sebelum menekan Finish.

Bagi yang sudah pernah menggunakan ArcGIS sepertinya tidak memiliki masalah dengan IDRISI. Hanya saja IDRISI memiliki keunggulan dari sisi pemodelan berbasis waktu (Time Series). Selain itu, pengolahan citra (image processing) yang tersedia pada IDRISI untuk mengelola data foto satelit sangat mumpuni dan telah banyak digunakan hingga saat ini.

Bagi yang belum pernah melihat IDRISI Selva, bentuk tampilan awalnya adalah sebagai berikut. Semoga tertarik.

Referensi:

http://parallax-survey.blog.ir/tag/Download%20IDRISI%20Selva%2017%20free

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s