Penggunaan Tenses dalam Jurnal Ilmiah

Naskah ditolak publisher karena bahasa Inggris berantakan biasanya sering dialami kita yang pemula ketika mengirim naskah tulisan ilmiah ke jurnal internasional. Padahal sebelumnya tidak ada masalah ketika mengirim ke jurnal lokal yang menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini terjadi karena bahasa Inggris memiliki tenses berbeda dengan bahasa kita. Beberapa rekan yang sudah mau lulus banyak memberi masukan, tetapi karena secara lisan dan sambil ngopi, terkadang ketika mulai menulis malah lupa lagi. Akhirnya secara tidak sengaja menemui situs yang berisi tatacara penulisan tenses dalam jurnal. Untungnya cuma dua halaman dan sudah dalam framework intro, method, result, and discussion (IMRaD). Silahkan diunduh di sini.

Tenses berhubungan dengan waktu dan open/closed suatu pernyataan. Waktu di sini bisa saat ini, lampau, atau yang akan datang. Simple past biasanya untuk pernyataan di waktu lampau dan closed. Sementara present perfect menyatakan kondisi saat ini dan open.

Simple past / closed event : the other person has already graduated.

How long have you been at Melbourne Uni?

Present perfect / open event: the other person is still engaged on his / her course.

Silahkan terus membaca tulisan menarik tersebut dan dilanjutkan dengan membuat paper ilmiah. Hal ini penting karena reviewer saat ini akan melihat bahasa Inggris sebelum melihat isi dari tulisan. Jika dirasa kesulitan memahaminya biasanya mereka menolak (reject), dan ini sangat disayangkan, padahal bisa jadi konten dari tulisan kita sebenarnya layak diterima. Situs ini bagus juga dijadikan rujukan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s