Moving Window Analysis (Tutorial-4 Fragstats)

Jika pada postingan terdahulu, satu GRID dicari harga-harga statistik spasial-nya, sekarang kita mulai melibatkan GIS tool untuk melihat hasil olahnya. Masih diambil dari (Mcgarigal et al., 2015), tutorial 4 membahas “Moving Window Analysis”. Maksudnya adalah analisa suatu data GRID (raster) dengan menggunakan jendela persegi dengan ukuran tertentu yang bergerak ke seluruh lansekap. Silahkan unduh Fragstats di link berikut ini beserta tutorialnya.

Buka Fragstats, buat proyek baru dengan menekan “New”. Setelah itu tambahkan file ASCII dengan menekan “Add Layer”. Pada tutorial digunakan file TIFF yang merupakan standar Fragstat, tetapi kita coba dengan ASCII yang bisa digunakan hampir di semua GIS tool.

Jangan lupa memasukan data-data “row coung”, “column”, dst seperti gambar di atas. Tekan “…” untuk memasukan file yang dituju di tutorial 4 yaitu Reg78b.asc. Tekan “OK” dan pastikan tidak ada error/pesan kesalahan (lihat Activity Log).

Pada tab “Analysis Parameters” centang “Moving Windows” beserta “class” dan “lanscape” metrics. Pilih jendela “square” dengan panjang 500 meter (tekan […] terlebih dulu untuk mengisi nilai square).

Berikut ini adalah langkah penting dimana kita akan menentukan kelas mana yang dianalisa dengan moving window. Buka descriptors.fcd dengan notepad atau text editor lainnya. Di sini kita akan sedikit mencoba berbeda dengan tutorial, yaitu kelas Urban yang akan dianalisa. Caranya adalah mengubah seluruh kelas pada kolom Enabled dengan “False” sementara Urban tetap dijaga “False“.Masukan file dengan menekan “Browse” di bagian Analysis Parameters.

Setelah kelas yang akan dianalisa dipilih (Urban), berikutnya adalah memilih metrics yang tepat. Di sini dianjutkan dengan memilih Area-Weighted Mean (AM) untuk level kelas dan lansekap (kotak kuning dan biru di Fragstats). AM dikenal juga dengan istilah Correlation Length.

Coba jalankan model dengan menekan tombol segitiga hijau, tunggu beberapa saat hingga indikator process berhenti. Perhatikan di Activity Log, output berupa file ASCII dengan nama reg78b.asc_mw1. Silahkan buka dengan GIS tool, misalnya ArcGIS. Tidak ada result statistik ketika tombol “Results” ditekan, karena di sini kita membuat peta baru yang berisi hanya Urban.

Sepertinya agak ribet jika menggunakan ASCII ketika ingin dibuka di ArcGIS. Lebih mudah menggunakan TIF dan menggunakan toolbox konversi dari TIF ke RST atau sebaliknya. Selamat mencoba.

Reference

Mcgarigal, K., Cushman, S. and Ene, E., 2015, FRAGSTATS v4: Spatial Pattern Analysis Program for Categorical and Continuous Maps [Online]. Available at: http://www.umass.edu/landeco/research/fragstats/fragstats.html.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s