Konversi dari RST ke TIF pada IDRISI

IDRISI merupakan software yang ampuh untuk mengelola klasifikasi lahan berbasis data raster (image). Untuk menghitung statistik spasial, biasanya periset memanfaatkan software Fragstats, yang saat tulisan ini dibuat sudah masuk ke versi 4. Sementara IDRISI menggunakan file berekstensi *.rst, Fragstats menggunakan jenis file standar geotiff, *.tif. Oleh karena itu kemampuan untuk mengkonversi RST ke TIF pada IDRISI mutlak diperlukan. Walaupun ada cara lain, yaitu menggunakan file ASCII, tetapi berdasarkan postingan terdahulu, agak ribet menyeting saat menambahkan layer ASCII ke model Fragstats dibanding layer dalam format TIF.

Buka aplikasi IDRISI dan pilih menu FILEexport Desktop Publishing Format – GEOTIFF/TIF. Kita akan diminta memasukan file RST yang akan dikonversi menjadi TIF. Lihat gambar berikut:

Selain memasukan file RST yang akan diubah menjadi TIF, IDRISI juga mewajibkan menyertakan file PALLETE, yang merupakan penjelasan dari warna klasifikasi. Cara pembuatan pallete sudah dibahas di postingan terdahulu (search IDRISI di blog ini).

Setelah ditekan OK, maka IDRISI akan membuatkan file TIF yang sepadan dengan file aslinya (RST). Coba buka ArcGIS dan buka file TIF tersebut. Perhatikan, di sini klasifikasinya masih kacau, tetapi dengan mengklik kanan – properties – pilih symbology kita dapat mengklasifikasi kembali dengan baik.

Pilih jumlah kelas sesuai dengan RST. Sesuaikan juga Color Ramp sesuai selera Anda. Misalnya tampak pada gambar di bawah ini.

Fragstats memerlukan satu file tambahan yakni descriptors.fcd yang fungsinya menjelaskan kode klasifikasi. Cara mudah membuatnya adalah dengan mengedit file tersebut dari tutorial yang disediakan oleh Fragstats.

Tinggal dilanjutkan ke Fragstats. Selamat mencoba, semoga sedikit membantu.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s