Mensitasi Secara Otomatis

Berbeda dengan dahulu, saat ini mensitasi jauh lebih mudah karena banyak aplikasi yang membantu pengarang dalam membuat sitasi, misalnya Mendeley. Alih-alih mengetik secara manual, aplikasi tersebut tinggal mengklik dokumen dalam Mendeley desktop dan langsung secara otomatis masuk ke dalam naskah tulisan. Selain itu ketika di tengah-tengah ada sitasi baru maka secara otomatis daftar pustakan akan bergeser menyesuaikan dengan urutan sitasi (biasanya style IEEE). Nah postingan ini sedikit membahas bagaimana cara memasukan sitasi ke Mendeley.

A. Memasukan File PDF

Cara ini merupakan cara mudah jika kita sudah memiliki artikel yang akan disitasi dalam bentuk PDF. Dengan men-drag file tersebut ke Mendeley maka jika format tulisan tersebut standar (biasanya springer, taylor francis, atau paper-paper dari OJS) secara otomatis Mendeley akan memilah-milah pengarang, judul, tahun, penerbit, dan lain-lain. Bagaimana jika tidak memiliki file PDF-nya?

B. Mengimpor BibTex

Cara lain jika kita hanya memiliki naskah onlinenya, atau hanya abstrak-nya saja di Scopus adalah dengan meng-ekspor ke format BibTex. Misalnya ada naskah di Scopus di bawah ini. Untuk mengunduh file BiBTextnya adalah dengan menekan tombol Export yang terletak di kiri atas.

Selanjutnya adalah mengklik BibTex dilanjutkan dengan menceklis Citation Information. Otomatis seluruh ceklis di bawahnya akan aktif. Tekan tombol Export di bagian bawah untuk memulai ekspor.

File berekstensi *.bib akan tersimpan. Selanjutnya bagaimana memasukan BibTex tersebut ke Mendeley? Caranya mudah saja, seperti memasukan file pdf sebelumnya maka dengan men-drag file BibTex ke jendela Mendeley maka naskah tersebut akan terekam dalam Mendeley kita. Tentu saja hanya berisi sitasi karena tidak menyertakan file naskahnya.

Biasanya jurnal-jurnal terkenal memiliki tombol untuk mensitasi tulisannya. Dengan tombol tersebut maka penulis terbantu untuk mensitasi naskah jurnal dan dapat menaikan h-index jurnal yang bersangkutan. Bagaimana jika tidak memiliki BibTex atau file PDF atau PDF-nya gagal meng-create sitasi secara otomatis? Tidak ada cara lain selain mengetik manual naskahnya.

NOTE: Untuk yang Scopus harus memiliki akun Scopus terlebih dahulu, atau menggunakan jaringan kampus yang sudah berlangganan Scopus.

Penulis: rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.