My Thunder

sampingI

Inilah kendaraan kedua saya setelah jupiter-z. Saat mengendarai jupiter-z dulu, saat membawa barang berat (tas besar) yang diletakkan di antara kaki, ternyata nyaman saat bermanuver. Muncullah fikiran untuk mengendarai motor “lelaki” yang berat di tengah (karena tanki bensin). Setelah dicari-cari, ternyata yang paling murah adalah thunder-125. Alhasil, terbelilah thunder -125 versi lama (non-kick starter) tahun 2004.

Berikut ini kelebihan thunder-125:

  1. Untuk jarak jauh, tidak capek dan stabil. Apalagi motor saya sudah ganti stang (milik tril – yamaha) dan ditambah “riser” (alat untuk menambah tinggi dudukan stang).
  2. Irit. Antara shogun dan spin, ternyata thunder paling irit (asal belom di “otak-atik”).
  3. Body OK. Walaupun murah, ternyata struktur rangka, body, assesoris tidak “murahan”. Terbukti sanggup menahan bobot berat. Padahal motor saya di bagian belakang dipasang box, temen-temen sy nyebutnya “magic jar”. “jangan-jangan si …. muat di box lu, mat”, kate temen ane. “ya iyalah muat, asal dipotong-potong dulu, he he he…”. Coba bandingkan, diameter, ukuran, panjang dsb dengan motor saingan (bajaj xcd-125 ato megapro) lebih besar.
  4. Tanki besar. Cocok untuk para pencinta modif (jadi sport ok, jadi touring ok). Tapi kayaknya sih cocok untuk modif jenis touring.
  5. Bandel. Ini bukan monopoli thunder. Sepertinya, seluruh merk suzuki bandel (kalo nggak rusak parah, masih bisa jalan). Ukuran mesin suzuki yang lebih besar memberikan toleransi antar komponen menjadi besar (tetapi resikonya kurang efisien/boros) sehingga lebih “bandel” , karena kerusakan satu part tidak menulari yang lain, beda dengan honda yang kecil dan efisien/irit, tapi resikonya satu part rusak bisa menulari yg lain/merembet.
  6. Pelek racing. Untuk jalan jauh, jalan malem, jalan ancur, cocok. Tentu saja asalkan ban sudah diganti tubeless. Alhamdulillah, sampai saat ini ga pernah dorong. Bahkan kalo kena paku, sempet nunda besok nambelnya (sy jadi punya langganan tukang tambal khusus).
  7. Komunitas yang baik. Walupun sy tidak pernah masuk ”club” krn dilarang istri, tetap saja kalo di jalan suka ”di sapa” para bro – bro thunder lainnya. Tapi ruginya ya itu, kurang informasi sehingga banyak ketipunya (bengkel nakal).
  8. Banyak komponen alternatifnya. Karburator bisa diganti punya King, bohlam lampu punya vespa. Klakson, sy ganti punya mercedes.

Bagaimana kelemahannya?

  1. Kapasitas mesin kecil (125 cc). Ini mah semua orang tau. Tapi, rasio transmisinya lumayan baik untuk tarikan, walaupun untuk top speed kalah sama spin (kaya peluru larinya). So, sebaiknya di modif touring (aspek kenyamanan yang utama, bukan speed). Tapi, thunder sepertinya dirancang untuk RPM tinggi agar bisa lari lebih kencang. RPM tinggi berarti kerja mesin lebih berat, efeknya panas dan dapat dilihat, sirip thunder panjang-panjang dibanding motor lain. Tapi sy sih ga pernah make RPM > 5 (di atas 60 km/jam), karena selain getarannya terasa banget (apalagi ga diservis-servis) ya .. boros.
  2. Ga ada engkol. Tapi itu kan versi yang lama. Untuk versi berikutnya ternyata ada engkol (walaupun kata temen sy yg punya, tidak pernah dipake). Tetapi tetap saja harga jual untuk yang ga ada engkolnya turun deh.
  3. Harga jual jatuh. Walaupun masih di atas king, tetap saja harga jual thunder (khusus yang ga ada engkol jatuh) terjun bebas. Untungnya belom ada peraturan pemerintah yang melarang orang beli motor bekas.
  4. Butuh perawatan kelistrikan. Saya sudah ganti spul (dinamo yang tugasnya ngisi aki) dan kiprok (regulator yang ngatur arus bolak-balik dari dinamo menjadi arus searah ke aki). Waktu itu gara-gara ga pernah ngecek air aki, aki jadi rusak. Kiprok ikut rusak gara-gara akinya saya ganti aki kering. Akhirnya saya balik ke aki basah lagi (o iya, aki thunder 125 kapasitasnya di atas aki tiger lho – 8ah).
  5. Body (bagian plastik) mudah retak karena benturan. Tapi jangan takut, bisa di-replace. Sy sudah ganti tutup kiri (untuk angin), abis 50 ribu, dan bagian belakang sudah retak gara-gara dudukan box bawaan. Akhirnya sy dateng ke las khusus motor (di deket saya ada khusus las tiger) jadi kokoh sekarang (abis 150 ribu). Walaupun harus ijin kantor karena datengnya hari biasa (soalnya hari minggu/libur ga kebagian, maklum, khusus tiger coy).

Iklan

130 respons untuk ‘My Thunder

  1. mas ulasan tentang thundernya OK, pengetahuan saya jadi bertambah karena saya pemakai thunder 125.

    banyak kekecewaan pada thunder, pertama pakai jalan jauh mrembet, servis karbu udang sering, masih juga bgitu. kedua aki tiba2 mati, padahal baru kmarinnya dipake jalan jauh ok2 aja eh besok paginya udah ga bisa di pake elektrik staternya.

    kasi tips dong ngerawat thunder 125

    thanks
    oya kalo ada info beasiswa s2 kasi tau ya!

    • waktu sy ga tau penyebabnya, mrembet sering jadi masalah. penyebab mrembet:
      1. oli ga cocok, jangan pernah dari sintetik beralih ke mineral. kalo udah sintetik, ya sintetik terus.
      2. mesin kurang panas, tapi kalo kita kenal karakter mesin kita, enak kok, walaupun kurang panas tapi kalo ditariknya pelan-pelan di awal ga masalah (tapi jangan ada tanjakan, tetep aja harus ngegas kan).
      3. Mesin kepanasan akibat oli tidak cocok, nah kalo ini tunggu 10 menit jalan lagi (jadi telah ngantor deh).
      repotnya, kalo mrembet, thunder kita ga ada engkolnya. padahal saat mrembet terjadi fuel yang tidak terbakar yang membanjiri silinder dan busi. kalo ada engkol sih bisa dibuang dengan engkol. nah kalo ga ada engkol? saya paksa dengan elektrik starter efeknya parah (mungkin karena lebih dari 5x) spul (dinamo pensuplai listrik ke aki, kawatnya kongslet/terbakar). jadi ya itu, aki tekor, besoknya dorong ke bengkel.
      banyak kok universitas2 negeri yang baru buka s2, jadi murah (angkatan pertama), universitas lapis kedua (undip dan sejenisnya), universitas negeri baru atau coba ke universitas yang baru beralih dari swasta ke negeri (www.untirta.ac.id, atau sebentar lagi unsila juga mau jadi negeri).

  2. makasi mas tanggapannya, mudah2an ga kapok bagi ilmu ya.

    ya tuh mas thunderku di bawa jauh mrembet, kata mas ga boleh ganti oli dari sintetik ke mineral kenapa mas? soalnya saya sering gonta ganti oli tuh tapi ga gonta ganti pasangan lo. kata bengkel dari yang resmi ampe ga resmi katanya karena vakum karbu yang masalah udah diganti masih juga. temanku punya thunder juga, e masalahnya sama juga begitu.

    gimana ya kira2 solusinya? apa thunderku mesti di lego? jangan ah masih kredit tuh.

    menurut mas oli apa yang bagus buat thunder 125 ku?

    thanks ya mas

    • Mineral itu asli dari makhluk hidup yang udah mati sedangkan sintetik tidak. Mineral lebih kental dan kalo cara produksinya kurang baik (kebanyakan sih) agar kotor. Untuk racing biasanya pakai sintetik (top 1, repsol, castrol dan sejenisnya). Sudah menurut hukum alam kayaknya, dari mineral ke sintetik, semua mesin cocok. Tetapi kalo dari sintetik ke mineral, coba aja sendiri, kalo ga mogok.
      Tadinya saya pikir, oli palsu (masa dari bengkel resmi pusat di sunter oli palsu? ga mungkin lah, lagian itu yang ketiga kalinya) ternyata ya itu, ga cocok. O-iya, supaya kejadian yang menimpa saya tidak terjadi, ikuti millis2 di internet supaya ga dikadalin bengkel (baik yang sengaja, maupun yang sok tau n nerka-nerka aja), soalnya yang keluar uang kan kita. Kalo masih kredit jangan dijual dong..

  3. oli yang cocok wat thunder apa yaaaaa
    krena q mash pakek yg oli ddaeler
    dan kayaknya kurang mantap lox pakek yang itu.
    kayak cepet bgt panas.

    • he he he … sepertinya ruang bakarnya mulai banyak areng-nya tuh. Arang bisa menambah panas atau jangan2 oli palsu (kalo dari dealer kayaknya dijamin asli). Kalo males membersihkan ruang bakar, banyak yang merasa cocok dengan BM1 (kata yang punya bengkel). Kemungkinan palsu kecil karena bungkus langsung rusak (dari kertas) dan tidak bisa dipakai lagi (beda dengan castrol or repsol yang bisa diisi oli palsu wadahnya). Kecuali kerja sama dengan pabrik kertas kali. Tapi sekali beralih ke sintetik, balik lagi ke mineral (standard) agak sulit kecuali diservis ruang bakarnya (kata temen sih).

  4. mas kl mas pk oli apa? ud brp lama pk nya?

    sy seminggu lg servis #1 jd tolong pencerahannya dong nama2 bengkel BERES yg bAGUS……kl bisa yg didaerah tangerang krn sy tngl dsna…….
    makasih byk mas…..

    • Oli mineral: sgo dan yg dari pertamina, untuk oli sintetis, urutan saya: bm1, repsol, castrol atau dari suzuki yang sintetis (awas jangan yg palsu). Klo udah sintetis biasanya ada masalah kalo balik lagi ke mineral.

  5. ngebahas soal oli,sy puny thunder 125 kira2 klo pke oli shell helix 15w-50 bagus gk y k mtor sy??mohon pencerahannya mas..terimakasih.

    • sy sering nyoba bolak balik dari repsol kembali ke shell balik lagi ke repsol (tergantung bengkelnya ada barangnya apa), ga ada bedanya tuh, oke oke saja. Cuma sekali sial, pake repsol tipe kental, kayaknya palsu, akhirnya ganti oli lagi padahal baru dipake 2 hari. Yang penting asli … makanya sy pakai BM1 yang kemasannya kertas sekali pakai, ga bakal palsu, kecuali pemalsunya kerja sama ama pabrik kertas kali.

  6. mas mohon pencerahannya. saya pernah pake pertamax buat bahan bakar thunder saya, kata teman-teman bagus. pake pertamax emang enak, tarikan enteng. tapi tiap pagi sewaktu motor masih dingin dihidupkan ada suara kasar di mesin, namun setelah motor panas suara itu hilang. kenapa ya mas?
    trus saya balik lagi pake bensin suara itu ilang, karena penasaran saya pake pertamax lagi. eh suara itu muncul lagi, trus saya ganti lagi pake bensin, tapi kali ini suara itu tidak ilang-ilang, kecuali pada saat mesin dah panas. mohon bantuanya soalnya motor ksayangan dan masih kredit. apa akibat saya senang ganti2 oli ya? soalnya tiap ganti oli, olinya ga pernah semerek, pengen coba2 aja.

    atas pencerahannya saya haturkan banyak terimakasih

    • sy juga pernah ngerasain ga enaknya pertamax di thunder, tapi bukan suara, tetapi kopling sering slip dan mesin panas banget. itu kayaknya bukan karena pertamax jelek tetapi karena jenis olinya yang ga cocok. power pembakaran pertamax yang besar kalo ga di-support dengan baik oleh oli, kopling dan sebagainya bisa ngerusak juga sih (apalagi yang doyan ngebut). oiya, kompresi thunder cukup besar, harusnya cocok dengan pertamax. coba baca rubrik tentang oli, mudah2an bisa nyari jenis oli racing tahan panas (kalo saya sih repsol jenis encer): https://rahmadyatrias.wordpress.com/2009/08/12/istilah-istilah-dalam-pelumas-kendaraan/

  7. ada saran ga mas oli yang bagus slain repsol? di bali susah cari tuh. apalagi BM 1 susah banget.

    saya pernah pake SGO, Union, Castrol, Shell Advance VSX2 kayaknya ga beda jauh tuh. gmana nih?

    • sy pernah nyoba pertamina enduro 4T racing, mesin agak berat, kayaknya lebih kental, tapi nggak mogok. lumayanlah, waktu itu bengkelnya ga punya repsol. nggak ada temen yang nyaranin pake top one. yang sekelas rapsol sih castrol, pernah nyoba fastron, … rasanya mirip pertamina enduro.

  8. mas saya pemakai thunder 125 udah setahun lalu sih, motor thunder saya sempet mencapai 120 kmh/jam saya pake oli shell vsx, tapi sekarang mentok cuma bisa di 100 kmh/ jam,kenapa ya? sekalian mau tanya supaya tarikan gas nya ringan nggak berat harus digimanain..thks

    • nggak gedein ban kan? untuk motor dengan cc yang sama (nggak di bore up) supaya kenceng harus meningkatkan daya ledak (bensin yang murni) dan RPM. Oli sangat berperan, tetapi di RPM tinggi, mutlak nafas hisap dan buang sebesar mungkin (karburator bersih dan menggunakan knalpot racing). emang kadang kita ga sadar, thunder kita makin tak bertenaga setelah nyoba thunder temen (apalagi baru). Untuk ngebut, rata-rata sih, karburatornya diganti punya rx king, karena tidak ada limiter (sejenis magnet pengatur bukaan), tapi ya itu, jadi boros. Banyak yang bilang, percuma knalpot racing kalo karbu-nya nggak.

  9. Mas saya ikut nimbrung dikit ya, kalo menurut saya biar motor kencang tu cari aja CC nya yang gedean. Thunder biar kencang cari yang CC 250 kan ada tuh. ato cari motor 2 tak sekelas ninja RR. di bali juga banyak penunggang Suzuki Bandit. di jamin bisa ngebut. ato cari motor kawasaki 250 RR. Kalo thunder di oprek gimana juga larinya segitu. Thunder 125 tu kayaknya enak diajak santai, jalan-jalan sore gitu. saya juga pengguna thunder 125, ya puas-puasin aja. kalo thunder ngejar lari kayak setan, kayaknya susah deh. kburu jebol tuh mesin. yang penting mesin normal thunder 125 enak buat nongkrong. pa lagi nongkrongi cwe. he…………………he……………

    sorry kalo ada yang kurang berkenan.

    • setau sy modif thunder ada 3: gaya racing, gaya naked dan gaya touring. betul kata si made, yg cocok itu gaya touring, karena thunder paling nyaman setelah ganti stang, pasang riser dan ganti shock breaker. gaya racing hampir tidak kedengeran lagi, kebetulan waktu sy pasang stang gede, rekan kita lagi bongkar kedok racingnya. katanya sih malu, motor racing kok disalip cewek make spin. dia rubah jadi naked, lumayan oke juga sih, kepala diganti punyanya satria f150, ban kecil, monoshok dan rem belakang cakram. cuma ya itu .. setangnya kecil dan bongkok, pasti pegel.

  10. thks mas untuk komentarnya, emang skrng thunder saya ban nya diganti pake velg 17, kalo bannya diganti pake yang gede bakal pengaruh ga ke mesin..jadi cepet rusak atau pengaruh ke komponen2 yang lain…sekalian mas saya mau ngasih saran gimana kalo yang nulis disini bisa upload foto/nempelin fotonya biar kereen…

  11. motor thunder saya nyampe 130km/hr. tapi gk ada yang dirubah…..cuma sering bulak balik bandung jakarta doang…..trus gw pake oli repsol….nah masalahnya knapa aki saya volt nya gk nyampe 12v….padahal baru ganti…tapi stater normal…

    • berarti tegangannya jatuh dong? waktu sy pasang alarm, ternyata thunder tegangannya bervariasi, ngikutin kecepatan, saat kecepatan tinggi, kalo ngga arus, tegangannya ikut naik. mudah2an arus ga ada yg bocor ke ground tuh ..

  12. haloo mas

    sekarang mas masih pakai thunder kah??

    saya udah 1/2 thn ni punya thunder 125,tapi belum nemu oli yang cocok,,thunder mas pakai oli merk apa??

    kl di mtor bebek saya pakai S*P*R***N*T*A 4000 15-50 buatan negri si upin ipin<<
    enak banget,,cocok banget deh,,tapi harganya yg gak cocok,,) 0,8L tu rp.40.000,,sial nya kl di thunder msti bli 2 botol

    thunder saya gak cocok pake oli encer kyk 10-40w merk apapun,,krna cpt menguap

    kasi saran ya mas

    • udah dijual sih .. tapi ke temen. repot juga, beli satu kurang .. dua kelebihan. oli racing emang gampang menguap. dulu sy ga ada masalah dengan bm1 (dari kertas bukan botol), kyknya susah dipalsu.

  13. Thunderku tahun 2009, sudah tak ganti pake karbu king, spuyernya ukuran 150-17,5, uenak tenan buat lari, ban blakang aku ganti pake swalow ukuran 120/90, waktu pake karbu standar cuma bisa 90km/jam sendirian, dan mesin berisik, tapi pake karbu king dengan spek ban yang sama bisa ampe 120km/jam boncengan bareng do’i, tapi punya masalah dengan saluran Vakum Euro 2, harus ditutup supaya gak brebet, dan jeleknya aku belum dapetin seting yang pas untuk karbu, busi selalu hitam, tapi untuk lari udah lumayan lah

  14. Membaca banyaknya keluhan diatas dari pemakai suzuki thunder 125 maka saya tergerak hati untuk bagi bagi pengalaman nih,semoga aja membantu.begini brother thundie,perlu diketahui bahwa suzuki thunder 125 adalah salah satu dari produk suzuki yang terkenal bandel dan cocok disegala medan.produk ini sangat terkenal bukan saja diindonesia namun diseluruh dunia.hal ini bisa dibuktikan dengan cukup banyaknya pemakai motor ini baik itu perorangan maupun dengan klub.dinegara negara lain saja seperti colombia , rusia,chili,china,uruguay,inggris dan negara-negara lain banyak sekali klub – klub motor yang didirikan dengan berbasis mesin ini cuma namanya saja yang berbeda seperti sling shoot diindia,EN 125 diinggris ,GN 125 dicolombia maupun Rusia dsb,Suzuki marunder 125 dinggris ,uruguay,Rusia,Chili dsb,Thunder 125 diphiliphine,cambodia dsb. ( info lebih lengkap tentang motor ini dapat menghubungi saya ).
    Namun meskipun berbasis mesin yang sama ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan yang dilakukan pada motor ini berdasarkan negara masing – masing.antara lain dari sisi body atau bentuk maupun pemakaian ban sampai karburator.
    Namun yang paling menonjol menurut saya khususnya dari segi power maupun akselerasi adalah Karburator.kenapa dengan karburator ? Begini,ketika pertama sekali membeli motor ini saya pikir saya akan mendapat performa yang cukup mumpuni dari motor ini namun ternyata semuanya diluar dugaan saya ,dia tidak cukup mengesankan saya apalagi saya dulu adalah seorang senior mekanik pada suatu dealer ditempat saya. penasaran dengan performanya yang ada saya mencoba untuk mencari tahu apa penyebab dari hal tersebut ,sebab bila dibandingkan dengan performa suzuki thunder yang berada dinegara-negara lain bisa dikatakan performa suzuki thunder diindonesialah yang paling rendah,hal ini dapat anda buktikan sendiri dengan banyaknya video diyou tube yang menampilkan motor ini dengan performa yang mencengangkan,bahkan mampu menembus angka 150 km / jam.( coba simak diyou tube ).Mengapa demikian rendah performanya ?hal ini ternyata berasal dari faktor pemakaian karburator yang saya anggap kurang tepat.Dari specifikasi dan data part manual yang saya dapat ternyata hampir seluruh motor thunder dinegara lain menggunakan karburator dengan diameter 22 dan sebagian kecil menggunakan karburator 24.so apa kesimpulannya ?
    begini : karburator yang dipakai suzuki thunder 125 memiliki kesamaan dengan karbu yang dipakai satria FU 150 yaitu VM 26 .untuk pilot jetnya sendiripun juga memakai 12.5 dengan main jet 110.secara teknis, bila karbu dengan venturi tersebut dipakai pada motor 150 cc maka hal itu wajar,tapi bila ia dipakai di kelas 125 cc ini yang tidak wajar kecuali motor tsb telah dibore up. makanya jangan kaget bila performanya jadi menurun atau ngempos diputaran menengah atas.sebagai perbandingan saja,suzuki GN 125 yang beredar dinegara luar hanya memakai karbu mikuni 22 dengan pilot jet 35 dan main jet 102,sedang yang lain pula menggunakan karbu keihin 22 dan 24.coba bandingan dengan thunder yang ada diindonesia.Wajarkan kalo tak bertenaga ?( kebesaran karbu akan menyebabkan tidak imbangnya pasokan bahan bakar dan udara meskipun dapat juga menjadikan mesin lebih irit tapi berakibat panas). Lantas apakah Suzuki salah dalam memberikan karbu ini kepada thunder yang ada diindonesia ? jawab saya tidak ! mengapa ? karena pihak suzuki sendiri saya yakin telah melakukan survey terhadap masyarakat indonesia yang menurut saya senang akan metode irit bensin. Nah dari penjelasan saya diatas dapat saya simpulkan bahwa bila anda menginginkan performa sebaiknya jangan menggunakan karbu king karena akan sangat merusak motor anda dengan adanya penumpukan kerak pada piston anda,memang enak pada putaran bawah tapi biasanya tetap jelek diputara atas..dan sebagai tips bagi yang ingin membuat thunder 125 lumayan bertenaga namun tidak mau mengganti part yang ada adalah :
    1.Potong corong angin yang masuk kefilter udara digaris yang paling ujung dekat dengan lubang masuk ( disitu ada 2 garis ) .
    2.Setel angin menurut kondisi motor anda caranya dengan memutar habis setelan angin kekanan sampai mentok lalu putar kembali sambil menaikkan putaran gas di 2500 dan 4000 rm sampai menemukan setelan yang enak.
    3.sebagai alternatif ,lepas ring busi.
    4.pakai oli enduro racing 4 T untuk motor
    5.kalo mau main top speed coba ganti gir belakang 37 atau 39.kalo sering turing coba ganti dengan gir belakang ukuran 49.
    coba deh !
    ( untuk informasi yang lebih jelas mengenai motor ini dapat menghubungi saya di mrblank@live.com )
    salam thunder.

    • seneng sih akan penjelasan yang masuk akal serta buanyak, tapi rasanya kurang pas klo hanya menulis sebegitu banyak, tapi klimaks dari permasalahannya cuma sedikit, apalagi dibumbui dengan iklan oli segala,tapi menurut saya anda terlalu bertele-tele,contohnya (“bila anda menginginkan performa sebaiknya jangan menggunakan karbu king karena akan sangat merusak motor anda dengan adanya penumpukan kerak pada piston anda,memang enak pada putaran bawah tapi biasanya tetap jelek diputara atas.”), apalagi ada kalimat (“saya akan mendapat performa yang cukup mumpuni dari motor ini namun ternyata semuanya diluar dugaan saya ,dia tidak cukup mengesankan saya apalagi saya dulu adalah seorang senior mekanik pada suatu dealer ditempat saya”).

      pada dasarnya apapun yang kita telan mentah2 akan sangat berbahaya bagi kita, disini saya sangat meragukan kredibilitas anda yang katanya sebagai seorang SENIOR MEKANIK, kalau penjelasan anda seperti di atas, maka solusi dari semua keinginan para pemilik THUNDER hanya satu, yaitu “JANGAN MEMBELI SUZUKI THUNDER 125”, ada banyak kendaraan lain yang mungkin lebih baik dari thunder 125,tapi yang kita butuhkan disini adalah penjelasan yang baik dengan tidak memakai kata “jangan”.

      kalau memang anda seorang mekanik, tentunya anda tau bahwa yang namanya karburator adalah komponen untuk menyalurkan BBM menuju ruang bakar,dan jenis karbu yang sedikit saya ketahui saat ini ada 2 diluar yang injection,yaitu: Vakum dan konvensional (biasa disebut karbu tarik)

      nah kelemahan dari thunder 125 sendiri adalah karena digunakannya karbu vakum, dan alternatif para pemilik thunder yang menggunakan karbu vakum adalah biasanya mengganti dengan yang konvensional milik yamaha RX-King/ NSR Sp untuk mendapatkan kecepatan yang diharapkan dengan biaya yang relatif tanpa mengganti atau menambah part lainnya agar bisa mengeluarkan kekuatan sesungguhnya dari thunder 125.

      sedangkan masalah yang anda bilang “jangan menggunakan karbu king karena akan sangat merusak motor anda dengan adanya penumpukan kerak pada piston”, itu yang saya bilang diawal “apapun yang kita telan mentah2 akan sangat berbahaya bagi kita”, jikalau anda mengerti tentang mesin, tentunya tidak akan anda langsung pasang tuh karbu king, sama halnya makanan, tidak mungkin DAGING mentah yang anda beli dipasar langsung dimakan bukan?

      diracik dulu, tentunya anda tahu yang disebut Pilot Jet (PT) dan Main Jet (MJ),dengan menggunakan karbu king, kalau seting dari pasokan udaranya “PAS” saya yakin tidak akan bermasalah mengaplikasikan karbu RX-king pada Thunder 125, tapi yang mungkin perlu diperhatikan adalah, adanya lubang seluran oli samping yang mesti ditutup, karna motor kita 4 tak yang tidak membutuhkan oli samping.

      sekedar tambahan,
      di sepeda indonesia kita memiliki aturan yang sengaja dibuat untuk membatasi kecepatan kita dalam berkendara(motor lokal standar satu cilinder dan tergabung dalam AISI), tanpa kita sadari, supaya kita tidak membahayakan diri kita maupun orang, dengan cara apa membatasinya?
      >limiter = pembatas putaran mesin, rata2 mesin motor kita hanya mampu berputer antara 9.000 rpm s/d 12.000 rpm walaupun di speedo tertera 14.000 rpm, karena pada putaran tersebut motor dapat berlari antara 95 km/j s/d 120 km/j tergantung cc dan type dan limiter itu biasanya tertanam pada CDI

      To Be Continued

      • saya heran sama aturan pemerintah, jika kecepatan dibatasi mengapa sekarang ukuran cc cenderung bertambah? matic saja sekarang sudah mulai 125 cc. Kalo mau konsisten supaya nggak pada ngebut, mending batasi aja cc-nya, misalnya 80 cc (kalo lagi nanjak sambil digoes .. he he), untuk apa dibatasi, pake vakum segala.
        Bekasi Thunder Club kebanyakan pake karbu King sih .. mereka bilang, “kalo nggak .. ntar ketinggalan (ya nggak bakal ditinggal dong)”. Tapi boros sih, mau nggau mau namanya karburator (valve controlled), kalo mau irit beli motor yang injection (fuel controlled). Misalnya ke dt dieng, waktu nanjak kalo nggak gigi 1, gigi 2 terus sampe atas, RPM dipaksa tinggi. Waktu itu masih di Danamon sering ngobrol .. tapi sekarang udah pada “mencelat” ke mana-mana kerjanya. Untuk penggemar touring saran saya berangkat jumat sore habis bubaran kerja (kebetulan kalo bank sabtu libur) dan minggu pagi harus balik, soalnya untuk istirahat seharian (kan besok kerja lagi). Untuk yg masih single sebaiknya “menghormati”, kasian kan kalo ada brother yg ribut ama istrinya. Sory .. jadi ngelantur.

  15. kalau bicara logika betul sekali apa yang di ilustrasikan oleh tuanku Rahmadya, tapi sebetulnya bukan membatasi kekuatan motor tersebut loh, tapi secara spesifik membatasi kecepatan dengan kecepatan sewajarnya di indonesia, tapi tetap kuat dan bertenaga pada powernya

    contohnya, jupiter MX yang katanya 135 cc yang notabennya lebih besar dari Thunder 125, tetap saja tidak bisa lebih cepat dari seharusnya (top speed), tapi apakah waktu dia dalam akselerasi awal tenaganya kendor? atau pada saat nanjak tidak memiliki tenaga/ kedodoran? jawabannya tentu saja tidak, tetap dia memiliki tenaga yang powerfull, tapi untuk top speed, jangan harap tuh jarum speedo bisa bergeser antara angka 90km/h sampai 110km/h dalam keaadaan standar

    kalau masalah penggunaan karbu king boros ataupun irit saya rasa itu relatif yah, tapi justru itu keunikan karbu karbu konvensional, saya (waktu punya supra x 100 cc) selalu mempunyai kebiasaan untuk agak sedikit memboroskan pasokan BBM ke ruang bakar dengan tujuan untuk sedikit mendapatkan performa dan tidak terlalu menyiksa mesin dengan campuran terlalu miskin, karena kalau terlalu miskin campuran BBMnya mesin terasa sekali panasnya sedangkan kalau kaya mesin lebih bertenaga tidak berisik dan adem untuk dipakai jarak jauh dan agak sedikit hemat oli krn tidak terlalu cepat ganti

    tapi kalau menggunakan karbu vakum yah pasrah, dapetnya itu dari sananya, dengan karbu king, kita bisa atur dgn mudahnya irit/borosnya dengan cara sekecilnya menaik turunkan jarum skepnya atau mengganti spuyernya yang notabennya lebih murah caranya.

    sedikit pengalaman dari saya
    waktu itu saya hanya punya honda kharisma X, dan saya amat tergila-gila untuk mempunyai motor sport/ yang sering dibilang motor batangan, lalu pilihan saya jatuh pada Suzuki Thunder 125 dengan alasan murah berkualitas dan bukan motor china, ada sedikit harapan bahwa motor ini memiliki performa lebih baik dari kharisma x lama saya dengan pertimbangan walau sama2 125 cc tapi dia memiliki 5 percepatan dan murni motor sport, tapi justru yang terjadi apa?

    performa thunder 125 agak sedikit berat.
    mesin thunder 125 agak kasar.
    body thunder 125 berat (jelas cc kecil badan besar).
    thunder 125 lebih boros dari karisma X.
    thunder 125 lebih mahal dalam urusan spare part.

    memang masalah yang saya sebutkan tadi tidak bisa di compare head to head karena keduanya berbeda segmen, tapi saya yakin para pemilik thunderpun tahu ada yang tahu kelebihan2 lainnya yang salah satunya mungkin.

    thunder 125 lebih nyaman dikendarai, apalagi untuk jarak jauh (coba bandingkan dengan vendor lain dengan ukuran tubuh pengguna 165 cm kebawah).

    thunder 125 lebih irit dibandingkan motor sport lain yang ada, walaupun masih tetap urutan pertama yang teririt adalah BAJAJ dengan pulsarnya (konon).

    thunder 125 lebih terjangkau, apa sih yang bisa ngalahin harga? dan kalau bicara kualitas bisa dipertanggung jawabkan.

    nah dari perbandingan2 diatas jelas kita bisa lihat dan bayangkan bahwa segala sesuatunya adalah relatif dan tak bisa melebihi sesuatu dari yang lainnya.

    lalu apa hubungannya dengan penggunaan karbu Rx-king?
    nih pengalamannya begini, setelah saya rasakan sendiiri performa dari thunder 125 standar ternyata saya agak sedikit kecewa pada saat itu hingga suatu hari saya coba kekuatan dari thunder 125 untuk jalan kedaerah sekitar puncak yaitu curug 7 cilember

    rekan2 tentu pernah tau daerah tersebut dan bagaimana menanjak curamnya untuk kedaerah tersebut sekitar antara kemiringan 35 s/d 45 derajat (kira2), dengan thunder 125 dalam keadaan std, ternyata saya harus menggantung kopling 1/2 pada gigi 1 karena kalau dilepas semua motor tidak bisa nanjak mulus.

    tapi menggunakan karbu king, saya tidak perlu melakukan itu karena pasokan bbm kemesin cukup, bahkan gigi 2 saja masih mampu nanjak.

    bisa anda bayangkan betapa tersiksanya mesin, kopling bro, digantung sementara mesin meraung-raung, apa kagak ancur tuh kopling lama2? dan mesin jadi tambah panas banget.

    TO BE CONTINUED.

  16. mas knapa kok tendem Q panggilan sayang for motor tander Q itu kalo but jalan jarak jauh / mudik lah bali jawa sering mati di tengah jalan gmana tu ara menyiasatinya sblmnya makasih mas

    • ada yang bilang oli, tapi kalo olinya oke, biasanya kepanasan tuh mesin. kok bisa? kerak bila terbakar jadi arang di piston dan menaikkan suhu di atas kondisi jika tanpa arang. minta bengkel bersihin kerak aja.

  17. Ane jg penguna thunder gan baru 5bln berhubung pas-pasan duitny jd ambil thunder deh,pake SGO susah cari olinya dealer agak jauh dari rumah,pake oli apaan dong yg enak n pas,ada yg bilang enduro racing(ati2 banyak palsu) ada yang bilang castrol jd apa dong?trs bukannya castrol power 1 cuma 800ml,kan thunder 1000ml,trs mineral/sintetik.
    Masih awam ne soal oli,mohon bantuannya

    • senasib dong .. beli castrol 800 ml dua botol .. separuhnya dibawa pulang untuk 2500 km yang akan datang .. jatuhnya tetap lebih mahal

  18. assalammualaikum wrb
    masnya dosen unisma atau apa ni?kita tetangga ni saya tinggal di koperpu, belakang kantor balai irigasi.
    oke kembali ke persoalan thunder 125, thunder saya baru 1 tahun saya kerja di pt amarta, tau dong mas?yang di pintu air itu perusahaan kontraktor,kebayangkan jaraknya paling 1 km kurang kali ya dari rumah ke kantor,yang jadi pertanyaan klo saya berangkat atau pulang kantor setelah motor diparkir/berhenti muncul suara di knalpot bunyinya tek..tek..tek..bunyinya akan hilang kalau knalpot sudah dingin,tapi kalau diajak jauh misal ke jakarta itu gak bunyi dan waktu diajak mudik ke sukabumi juga gak bunyi, trus mesinnya juga panas banget dan dinginnya juga lama padahal PP ke kekantor aja, juga klo dibawa lari 50-70 kok mesin terasa kasar ya tapi klo dah lewat segitu enteng,kira2 apa masalanyan ya mas?dan apa solusinya.terima kasih

    • saya dosen teknik unisma, sekarang lagi belajar di yogya. Pengalamannya sama seperti saya. kalo di atas kecepatan itu getarannya hilang kan? cuma masalahnya jika umur motor udah di atas 3 tahun dan ga pernah diservis besar, akibatnya lemah untuk rpm tinggi padahal untuk kecepatan tinggi rpm juga harus tinggi. Bunyi tek-tek karena ada pendinginan oleh angin dan knalpot mulai mengkerut lagi (dari pemuaian). Walau deket, pemanasannya sama dengan jauh dong.

  19. numpang nimbrung ya. Thunder 125 cc punya saya keluaran tahun 2004, sekarang motornya berat nanjak, riskan kalo ada jalan tanjakan, karena motor seperti pengap dan mesinnya mau mati, apakah karena karbu?! mohon petunjuk, trima kasih!

    • kebetulan dulu waktu kerja di danamon, ada temen yang ikut club thunder bekasi. Sering setiap jumat sore, langsung touring, dan tiba lagi ke rumah minggu pagi supaya bisa istirahat di rumah krn besok kerja lagi. pernah ke dataran tinggi dieng, nanjak terus, gigi satu dan dua saja. semua tidak menggunakan karburator asli, pake karburator rx king, kalo ga ya ga ada tenaganya.

  20. mas permisi saya mau ikutan minta saran nih, saya punya thunder 125 spek(cdi BRT+busi Platinum+knalpot free+karbu PE28+accu kering) yg lain standard , sblmnya itu thunder ngk ada masalah tapi lama2 knp ya mas kok di RPM bawah habis di geber gas langsung mati kayak ngk ada kompresi tapi di RPM atas ngk ada masalah , kiprok+spul udah d ganti yg baru, yg saya bingung ketika cop di kiprok di lepas mesin di RPM bawah okok saja tp pas di colokan kembali k kiprok mesin langsung mati deh, nah itu dia bingung sayaaa apa penyebabnya ya mas?, thanx b 4

    • saya punya pengalaman buruk dengan kiprok nih .. (krn thunder non-kick starter). jangan bengkel di pinggir jalan, krn rata2 bengkel tdk resmi kurang bisa deteksi kelistrikan. Apalagi yg mentalnya kayak anggota dewan 🙂

    • thunder 2004 + 3 thn berarti tahun 2007 ke atas udah harus bongkar mesin tuh. atau minimal bersihin ruang bakar, krn dari pengalaman saya banyak keraknya di sana. tapi ndut-ndutan itu kemungkinan besar karburatornya

      • terimakasih mas ada penjelasan diatas g boleh pake karbu king, padahal baru mo saya ganti sama karbu king

    • yg standar aja, kalo ganti tubeless, jangan gede-gede ukurannya .. rantai, karet dudukan, dll biasanya ikut2an ganti krn ga sanggup nahan berat roda

  21. asskum…numpang nanya mas,ane punya thunder karburator sering banjir ma netes mulu bbnya kenapa ya msa?trus satu lg cara ngeting pilot supaya jangan banjir g mana ya mas?maksih ilmunya ya…

    • karbu menutup otomatis saat pelampung mencapai batas tertentu, kecuali kalo pelampungnya rusak. makanya di thunder ada penutup bensin di bagian kiri bawah, kalo lama berhenti sebaiknya dimatikan utk mengurangi beban pelampung. Pilot jet kan hubungannya dengan suply BBM saat motor akselerasi, kalo banjir/tidak itu urusan pelampung (cmiw). mungkin ada yg lebih tahu nih para touring mania??

  22. mas…q orang bekasi jua nih

    motor thunder ku baru setahun kok ada suara kasarnya ketika panas,,,
    kira2 itu suara darimana ya?

    terus mau tanya selain ganti karbu king, gimana cara lain biar ngebut n kira2 biar kecepatn sejajar ama satria FU bisa ga ya..

    maklum…motor saya temanya drag… jadi pengen bisa ngebut juga gitu 😀

    thanks

  23. mas mau nanya ni,kok thunder q kalau diengkol kadang bunyi nguk seperti kurang pelumas,dan juga rem belakang kok ngak pakem waktu motor sedang melaju,kalau motor kondisi diam/standar dua dan rem belakang ditekan remnya pakem,kampas rem baru dan tromol rem juga sudah dibersihkan,mohon pencerahan,tq

    • Waduh, thunder saya ga punya engkol. Sering kena banjir ga? Takutnya air masuk lewat sela2 engkol.
      Ngukur kekuatan rem ya harus pas berbeban bang (Jalan) ..

    • Sorry, baru bisa jawab sekarang. Maklum abis lebaran nih. Rekan kerja saya baru saja menjual motor thundernya. Dijual ke pedagang motor bekas. Katanya sih, kalo yang thunder tanpa kick starter harganya turun dràstis tuh, termasuk thunder saya. Sudah saya tanyakan, untuk menambah kick starter sama saja dengan ganti block mesin baru. Sepertinya tidak ada yang mau ngutak-atik.

  24. Bro2 semua…
    ane make thunder udah 1 tahun,,tp belakangan ini sering rewel,, kecepatan mentok di 80 km/jm,,, kasih rujukan bengkel yg oke donk yg berlokasi d Jogja…. ane bingung ini udah jabanin bnyak bengkel,, blm ada yg pas…

  25. ass..sya mau nanyak nh,sya jg punya thuder non kick stater & sya pakek karbu ninja,kira2 cocok g?..trus bagaimana cara merawat staternya biar awet,soalnya stater sya cepat lemah otomatis susah buat ngidupinnya,apalagi g ada pilihan lain..
    tolong bantuannya mas….thanx..

    • saya belum pernah ganti karburator walaupun teman-teman saya sudah banyak yg ganti (milik king). waktu itu di tahun ketiga masalah muncul karena aki (waktu itu sy ganti aki kering) dan kiproknya jebol, mungkin karena waktu itu mulai ada peraturan harus menyalakan lampu siang hari.
      Jadi kemungkinan masalah thunder non-kick saat ini adalah butuh aki lebih karena lampu harus menyala terus dan ditambah karburator yang diganti karbu jenis racing (king/ninja) yang memang dirancang khusus motor dgn kick starter.

      • mas brow smwnya.ni q punya thunder 125.asli plat solo wonogiri.tinggal d tambun bekasi.sy make karbu rx king tapi moncong di coak abis.pj+mj lupa brapa,filter udara copot saringanya,knalpot standart(klo loss d tilang polisi),oli enduro racing 4t.di geber lawan megapro masih ohh yesss.kmren coba ngecengin vixion di MM2100.cuma jtah ganti kampas kopling.yakin brow g nyesel.pdhal mtor dh nempuh mudik bks-wng 3x.onderdil awet…suzuki forever lah.lagi pgen ganti monoshock cuma msh ragu

      • saya liat monoshok yg rombak saringan udara biar tambah panjang ke dalam. saringan diganti dgn yg sekepel tangan

  26. Setuju mas… punya saya juga tanpa engkol….sejak ada peraturan pagi hari menyalakan lampu utama…umur aki makin pendek….saya pake yuasa….mas rahmad pake apa?

  27. perkenalkan saya sugeng dari bandung; saya coba berbagi pengalaman selama pake thunder. Awalnya saya kecewa dengan performa hunder, setelah cari info sana sini saya coba oprek sendiri tuh thundi. Alhasil performa meningkat. Yg saya coba adalah : 1. Moncong saringan udara saya potong 2. Kabel dari koil kebusi dililit pakai kawal email dari ujung koil sampai busi, trus dihubungkan ke ground 3. Mj naik 2 step, pj naik 1 step. 4. Knalpot ori saya bobok biar suaranya ga terlalu bising 5. Ring busi dihilangkan. 6. Busi pakai racing (ujung lancip) 7. Oli pakai motul gold. Sekarang ban motor saya ganti semua dengan ban trail (velg ori). Saya tes bandung madura ga ada matinya. Sekian share saya, semoga bermanfaat oh ya saya sudah 2 tahun pakai thundi.

  28. Mas ganti stang itu dipotong ga ujung2 nya ; balancer ori thunder 125 masuk ga ? rencana sih maw psang balancer asli sama pake raiser asli tp stang masih punya yamaha trail Terima Kasih sebelumnya

    • waktu ganti stang trill, saya pakai raiser, jadinya pasti pas. ga tau kalo nggak pakai raiser. raiser=baja tambahan supaya stang nambah tinggi. Masalahnya itu, balancer harus dimodif di stang yang baru, waktu itu saya ga pasang karena kendor melulu.

  29. saya juga pemakai thunder 125 tahun 2006,saya beli sekitar 5 jt sama balik nama sekalian punya pengalaman sedikit nih ,pernah sepulang kerja ceritanya ke bawa suasana panas ketika di lampu merah cibitung ,lampu merah tinggal 5 detik lagi di bagian depan ada motor kesayangan ane thunder pastinya he…… kiri kanan vixion bukan yang new, mega pro,scorpio,dan bison nah…..setelah hijau waduh saya di tinggal sekitar 16 meteran adu cepat buseeettttttt cepet amat tuh ya motor dlm hati yaiayalahhhhh cc nya lebih gede …..tapi begitu trek panjang dan peforma thunder ane mulai naik alhamdulilah cm scorpio yang gak kekejar,sampe jatung ane debar nya gak nahan ha……..nih thunder boleh jg dlm hati tp ngejarnya dengan usaha dan skil dalam pengaturan perpindahan gigi yang akurat he…..sok bngt we ngom nya …padahal kaya nya tuh yang nunggangin vixion sm bison nya aja pd kg bisa naik motor masa di lewatin thunder. he………..nah ini nih pengalaman yang mau saya info selang beberapa jam pas mau sampai rumah kok thunder ane mati di stster hidup di gas masti waduh……knpa nih ya kok di gas rpm tinggi mati ,masa baru nyalip vixion aja dah ngadat he…….

    penasaran buka busi setelah sampai di rumah biasanya kalo yang seperti ini penyakitnya busi,di cek api ada ah cb saya beli baru ternyata sama saja mesin mati pd saat di tarik ke rpm tinggi ah masa spulnya sih pikir saya ,saya pikir lagi wah cek dl karbunya ah ……bgt di copot sblm di buka saya liat kok banyak kotoran maklum saringan udaranya di lepas,ternyata jarum skep dan rumahnya gak mau naik akibat kerak tersebut ya sudah di bongkar di bersihin maklum jenis vakum ,kalo yang di tarik tali gas kan gak bakal nyangkut…. he……. sudah bersih pasang lagi top cer dah he…….itu pengalamannya , maklum jarang di servis di bengkel paling2 di bersihin pake kuas.jadi gak pake semprotan angin he….mudah mudahan bermanfaat buat yang pake thunder kalo ktm masalah yang seperti ini salam,

    pecinta thunder

  30. spek thunder ane : karbu king pj 22,5 mj 155, tci BRT dualband, knalpot racing, velk lebar ban besar, arm kotak besar, monosock, piston os 175, cakram belakang. yg ane rasain sih thunder tuh “bertenaga” di rpm atas, ane lebih ngerasa mantab kalo mantengin di gear 4 tp kalo masuk gear 5 rada kurang jebret gituh kalo gear 5 rpm ditambah getarannya walah.so far so good lah.. konsumsi bbm sekitar 1:30. oh iya bro sering2 cek oli nih mesin puanas oli cepet nguap jgn sampe kering fatal akibatnya. sekian trimakasih 🙂

  31. saya mau nanya klo rumah oli pembuangan ada sparpart yang jual ga yah? soalya ulir bagian rumah aus kalah sama bautnya ( kekencengan masang baut kayanya ) 😀 trus kira” harganya berapa ya? klo ada yg tau mohon infonya thanks.. salam Thunder

  32. Dulu waktu punya
    Vega… Duuhh Cinta banget
    TVS X3i… Wow..nyaman..
    Jupie MX… Penginnya ngebut truzz…
    Sekarang Thunder… Cocok dng umur dan bodyku yg sudah mulai membengkak… Hehehe
    .
    #CintaMotor

  33. Om,,,tolong dong,,,mtr thunder saya gak ada api nya,,,busi baru coil di pake ke smash masih bagus,,,cdi blm tau,,,mau beli cdi takut malah bukan cdi nya,,,

  34. mas mau nanya thunder saya tahun 2005 ,saya amau ganti karburator Pe 28 Nsr ,dan ada perubahan dalam tali gas thunder itu sendiri,ada info atau saran ga mas gimana caranya tali gas thunder bisa masuk ke karburator pe 28 ?

  35. gan ane ada masalah nih,barusa ane kebengkel malahan thunder gk mau idup,kronologi nya gini,2 hari sbelum nya stater ane bunyi nya jd ngook ngookk,tapi masih nyala tuh mesin,asumsi ane tuh areng stater nya yh harus di ganti karna dah setaun trakhit ganti,stelah kmarin stater ane gk mau nyala sama sekali,asumsi brarti areng nya fah abis bener,trus ane paksain pake cara ngadu di bendik,walaupun kluar api dikit tapi mtr masih nyala,plg kerja ane beli areng stater sama plastik dudukan nya,dan kebengkel lah ane,stelah di bengkel di oprak oprek sama si lae nya,malahan gk bisa,di statet gk bisa di adu bendik pun gk bisa,malahn di adu bendik percikan api nya gede banget,mesin gk idup,bolak balik bonhkar statr masih gk idup,,kira2 apa nya ya gan,,,,

    • sy pernah dulu ngalamin bunyi ngok-ngok sebelum akhirnya ga bisa starter, ternyata problem di kiprok karena aki kering (aki basah sy ganti) udah mau habis (2 tahun). jadi ganti kiprok + aki (saya ganti ke basah lagi/yuasa). sy masih mikir apa aki kering kalo mau habis bisa ngerusak kiprok ya??

      • sekedar info dan berbagi aja gan,,setelah kejadian stater kmarin,gak tau nya bendik yg mesti di ganti,,padahl ada yg bilang kalo bendik masih bunyi cetak cetek itu blm rusak,kmarin bendik ane masih bunyi cetak cetek,tapi di stater gk mau nyala padahal abis ganti areng dinamo,,pas ane ganti bendik yg baru,alhasil tokcer lagi,,brarti meski bendik masih bunyi tetep ada kemungkinan rusak jg,,,,tanks gan yaaa , ,,,,

        Pada tanggal 13/01/15, Rahmadya Trias Handayanto

  36. mas bagaimana caranya agar rantai kecil dalam bolk tidak bunyi,masalhnya sya punya motor thunder bising sekli rantai kecilnya mohon kasi penjelasan agar motor saya tetap mulus bunyinya kembali

    • rantai kamprat ya .. itu ya mirip rantai motor yg luar, lama-lama kan kendor juga, jadi harus dikencangi lagi, ga perlu turun mesin. paling parah seperti teman saya yang putus rantainya, nyerosot tapi ga jatuh dia krn makenya santai, kalo ngebut ngeri juga.

  37. Mlm gan..ane pengguna thunder juga nie…udh 10 thn…smpe skrng msh ok nie…kmren sempet ilang tenaga trus ane browsing eee dpt pncerahan ane gnti tci brt..skrng mtor ane bs lari ngejar mtor2 cc gde..bahkan smpet ngejar scorpio…itu cm gnti tci atau cdi…blm yg lain…o ya ctatan mtor ane dlm kondisi stang seher yg kurang sehat…itu ja bs kaya gtu larinya trus gmn kalo dia sehat……tp sekarang setingan karbunya juga ga bner blm service jd pas di gigi 5 tnaga ilang gan…jadi wat thundie mania…klo pengen ngebut service yg bner ganti cdi atau karbu…pasti thunder ente semua bs ngejar mtor cc 150..

  38. cuma share pengalaman bersama thunder 125 aja nih gan….

    Saya dulu pernah punya thunder 125 non kick starter 2005 warna biru beli dari baru kredit dibeliin bokap, sewaktu saya masih SMA dulu. Stabil sih enak dipake jarak jauh, tapi sayangnya getaran tinggi. Nah penyakitnya muncul di karbu vakum stelah motor berusia 4 tahun, sering mbrebet dan susah langsam, kadang bisa langsam tapi tenaga hilang di 4-6rb rpm, setelah ganti karet vakum normal lagi, tapi setelah 1 tahun pakai gejala serupa muncul lagi, tenaga malah ilang di rpm tinggi, kadang mesin mati. Nah setelah diusut skep udah baret. Daripada pusing ane sekalian aja ganti karbu RX-King, Karbu King dari mulai kw rendah sampai kw super udah pernah coba semua, emang kualitasnya baik ya kw super merk MIC. Lalu jajal karbu PE 28 juga pernah enak banget dipake ngebut, PE 28 juga sama kayak karbu King, kualitas semakin mahal semakin bagus, pernah juga pakai karbu NInja PWL28 kw merk LIppo, tapi lebih nyaman pakai karbu PE28, karena skep Ninja berat cuma cocok buat ngebut, gak cocok buat harian bikin capek aja.
    Pakai CDI/TCI BRT juga pernah gan, tapi malah cenderung bikin aki tekor dan air aki cepet habis kalo masih pakai aki basah, lagian limit cdi BRT vs CDI ori hanya beda 1000 rpm saja lebih tinggi BRT sih limitnya.
    Pakai CDI shogun kebo juga pernah, malah susah distarter dan bikin aki tekor karena timing pengapian CDI shogun kebo lebih mundur dari CDI ori thunder. akhirnya balik lagi ke cdi ori lebih nyaman awet.
    Beralih ke mesin, ane pasang per kopling racing merk TDR milik FU yg keras banget, hasilnya capek dipake macet-macetan. kampas kopling ane pakai suzuki GP100 kw 45rb sepaket. gear belakang ane pakai milik F1Z ukuran 39 mata, nafas panjang top speed gak tau karena speedo aslinya cuma mentok 120km/h aja. Knalpot pakai silincer FU tahun 2008. Perubahan modifikasi mesin semua itu semakin membuat getaran semakin tinggi, malah bikin capek.

    Memasuki tahun 2010 stang piston mulai kena, suara berisik mulai timbul, akhirnya turun mesin deh. Nah penyakit lainnya ada pada dinamo starter ketika motor berusia 5 tahun sering aus tuh dinamonya, brushtel sering habis. Karena gak dilengkapi dinamo starter jadi sering dorong buat idupin mesin.

    Memasuki tahun 2011, ane udah capek sering rewel terus tuh dinamo starternya, tiap 6 bulan selalu minta ganti brustel, dan sering dorong melulu. Akhirnya ane putusin untuk dijual saja, dan ganti ke thunder 125 2006 kick starter, tuker tambah ke showrum motor bekas. Tetapi warnanya sesama biru, jadi kayak gak ganti motor.

    Perubahan yg ane lakukan pada thunder 2006 ini antara lain:
    – ganjal per kopling
    – papas head 0,5 mm
    – porting in-ex
    – knalpot tiger revo kw, tapi leher knalpotnya pesen ke tukang knalpot dg diameter yg lebih kecil dari leher ori thunder, jadi suaranya lebih halus.
    – sengaja masih pakai karbu vakum karena jika ganti ke karbu konvensional seperti dulu gak kuat sama getarannya parah, bikin capek.
    – Main jet = 115 milik satria 2 tak, Pilot jet = 17,5 milik shogun kebo
    – pasang gas spontan
    – filter dilepas busanya saja, tapi box masih dipasang
    – ban belakang 120/80-18, depan 90/90-18

    Hasilnya top speed bisa 135-140km/h, namun sayangnya getaran masih terasa tinggi karena memang karakter mesin thunder gak dilengkapi fitur engine balancer sperti new thunder 125 keluaran 2011 keatas.

    Akhirnya ane pasang cincin magnet 2 biji di kabel busi, dan power booster yg disambungkan ke aki, koil dan CDI agar getaran bisa berkurang meskipun masih terasa.

    sekian pengalaman ane bersama thunder 125 hingga kini 2015.

  39. Sminggu yg lalu beli Thunder baru di MNC news kbn sirih, murmer 6jt off the road. Pengen ganti ban lebar untuk dipasang digali pelg standar, cocoknya ukuran berapa? Apakah plug and play?

    • Ban blkg sih no problem, ban depan sepertinya harus bongkar cincin penyangga garpu di bawah spakbor kalo kegedean.

    • Belakang bisa masuk, depan harus cabut ring di bawah spakbor. Sebaiknya jgn dicabut krn itu fungsnya menahan garpu balans. Biasa, ganti ban ganti karet peredam krn ga kuat nahan berat roda

  40. saya punya thunder 2004 tanpa kik stater lumayan bandel saya 1 bln sekali plg ke cianjur melewati jln yg menanjak serta belokan yg curam tp tdk prnh ber masalah justru masalah nimbul skrg mtr jrg di pake tp kalau di nyalain kluar asap pth tipis kdg asap itam mlh skrg mtr ane gx idu di stater bunyi ser ser tp ngelos sprt gk ada kompresi tp dinamo hdp sprt ga nyangkut knp y mhn bantuan ny mksh

  41. Salam gledek..!!!
    Tengkyu info2nya mas bro..
    Sy pake thunder 2009, baru terakhir2 ini mulai ada masalah starternya.
    Menurut sy memang dah seharusnya ganti aki,,setelah itu sekitar 1 minggu kmrn beli aki baru yuasa, semua jd oke kecuali klakson ga kuat pas malam karena bersamaan nyala lampu ato apa ga tau.
    Kemarin2 sy keluar kota 3 hari, motor di tinggal di tempat penitipan motor. Waktu mau ambil, pake kick starter dl (lumayan lama juga baru nyala). Tp setelah nyala normal, sy coba matiin dan nyalain lg dgn di starter tp ga bisa2.
    Sampai skrg blm bisa, sy coba ganti bendik tp tetap ga bisa di starter.
    Kira2 masalahnya dmn y mas bro??mohon pencerahannya.

    • masalahnya sama dengan saya dulu, cuma repotnya ga ada kick starter. biasanya kalo aki baru, sehari habis karena spul error, tapi punya mas bro seminggu baru kerasa drop, berarti keisi juga dong. ntah spul (merubah putaran magnet jadi arus ac) ngisinya tersendat atau kiproknya mas (merubah arus ac jadi dc utk ngisi aki), tinggal dua itu aja masalahnya, kalo bisa jangan langsung beli, pastikan dulu masalahnya di mana, krn harganya lumayan.

  42. Permisi Om,numpang nanya/konsultasi.thunder saya punya masalah oli rembes/bocor dari seputaran selang/pipa yang menuju ke PAIR.biasanya ada tetesan oli dilantai kalo motor habis dipake.kira2 penyebabnya apa ya?mohon pencerahan om.terimakasih.wassalam

  43. Bro, udah 3 hari belakangan ini, muncul suara aneh dari mesin Thunder saya (2008).

    Suranya seperti peluit, berdecit aneh gitu. Kayak suara dinamo mobil2an remote control: ngiiing..cit..cit..ngingng.

    Seperti kombinasi suara angin dan gesekan karet.

    Itu kenapa ya bro?

    Suara timbul setiap motor dihidupkan, gak perdulu masih dingin atau udah panas.
    Motornya sih tetap jalan, seperti biasa.

    TIA bro.

  44. Saya rasa bukan dinamo bro (yg buat starter itu kan), soalnya udah lama ga pake dinamo, aki udah lama soak, saya copot.. sementara, sambil nabung beli aki baru.

    Saya selalu engkol.

    Setelah saya dengarkan lagi, bunyinya miirip suara tikus kejepit, berdecit dan melengking.

    Tadi saya jam 8 satroni Beres Suzuki, eh, malah belum buka zzz sijuki.

  45. *update*
    Ternyata itu bunyi dari kabel RPM bro hahah

    Kabel RPM ini udah lama putus (udah 2 thn), kubiarin aja, lama² kering dan karatan dia. Setelah dicabut kabel yg didalamnya.. Langsung ilang bunyi tikusnya. Haha.

    Thx. Nice blog gan.

  46. salam kenal….
    bang, saya pakai thunder125 th 2011, setelah ganti stang rx king kalau belok ke kanan mesin langsung mati sendiri….tolong bang apa penyebabnya….tks. rizal.

    • mati trus hidup lagi kah? matinya seperti tombol on/off dipencet? biasanya klo kabel hanya ketarik kan cuma ngerem atau nambah ngegas

  47. Bung rahmadya, mau nanya soal masalah motor thunder 125 th 2009 (baca2 di web katanya thunder v4).

    problem yang saya hadapi gini..

    saat kondisi dingin tidak bisa langsam/idle (jika gas ditutup mesin mati, jika di choke penuh juga mati, hanya bisa setengah itupun jadi kek mbrebet).
    setelah dipanaskan 3 – 5 menit idle udah mulai bisa walau RPM nya masi sangat rendah (<1000 ).
    setelah dipakai jalan agak jauh (mesin panas), idlenya normal (rpm 1200an).

    setelan gas udah pernah saya coba naikkan sampai rpm 1200 (saat dingin), hasilnya pas mesin panas rpm malah melonjak sampe 2000 an.

    kira-kira masalahnya dibagian mana ya ?

    Note :
    – karbu standar bawaan dari beli, Pilot Jet(12,5) dan Main Jet(105) ga ada yang diutak atik.
    – udah coba ganti skep karbu dan karet skep yang ori juga repair kit karbu masih sama juga.
    – mesin korter 50.
    – udah coba servis besar, skir klep, ganti intake
    tapi penyakit sudah langsam/idle pas dingin blom sembuh2 juga

    cape juga harus nahan gas sambil manasin motor, ga seperti yang lain sekali di start bisa di diemin sambil nungguin mesin panas

    maaf curhatnya kepanjangan,
    terima kasih atas infonya 🙂

    • mirip kasus saya dulu ketika beralih dari oli standar ke sintetik (rapsol, castrol, dkk). ketika balik lagi ke standar motornya jadi bingung :). sempet mogok saat jalan jauh dan macet, tapi setelah didinginin sebentar jalan lagi. akhirnya langsung ganti sintetik lagi.

  48. kalo menurut saya thunder mbrebet, susah langsam, itu bukan karena oli gan, tapi karet vakum bocor dan skep baret, serta manifold ada yg sobek dikit. Itu aja sih yg perlu diperhatikan gak ada yg lain, oli tuh kayaknya gak ada hubungannya sama mbrebet deh…
    Kalo sampai kejadian udah ganti repair kit, skep, dan karet vakum serta manifold masih aja mbrebet, berarti ada masalah di kelistrikan pengapian, CDI, Koil, kiprok, Sepul, Aki, coba check itu aja. Tapi kalo masih mbrebet ya mekaniknya kurang oke. Pengalaman gak semua mekanik bengkel resmi itu bagus dan berpengalaman. Mending cari bengkel biasa aja yg kenal dan berpengalaman gan. Thunder mbrebet itu bisa diatasi dg mudah kok

    • kalau choke tidak digunakan, gejala brebet nya ga ada, hanya saja penyakit ga bisa langsamnya ini cuma ketika mesin dingin…ketika mesinnya sudah panas, semuanya lancar..mekanik bengkel resmi cuma bisa nyaranin ganti karbu, ga bisa kasih solusi lain…juga saya ragu, apa dengan ganti karbu bisa menjamin penyakitnya sembuh..kalo masi sama juga, sayang duitnya..apalagi harga karbu thunder yang ori bisa bikin kantong jebol..mendekati 1jt 😦

  49. Saya pemakai Thunder 125 2006, lumayan sih bisa maximal 140kpj. Tapi sayang vibrasi tinggi, lebih enak tuh ngoprek thunder keluaran 2011 keatas, karena mesinnya udah dilengkapi balancer, jadi sengebut apapun ente vibrasi minim gan…

    Berikut beberapa ubahan yang saya lakukan:
    – Gas spontan, adalah hal yg paling inti agar thunder enak dipakai zig-zag dalam macet-macetan… Kalo gak mau pakai gas spontan ya ganti saklar kanan milik Scorpio gan, karena bukaan gas lebih pendek, jadi enak dipakai zig-zag. Tapi kalo saya cukup pakai gas spontan merk daytona aja yg dari besi, jangan pakai merk bungbon, karena berat gak nyaman dipakai. Misal pakai saklar kanan milik scorpio ya sekalian ganti saklar kirinya, soalnya tombol lampunya scorpio ada di kiri sih…

    – papas head 0.5mm udah cukup gan, biar kompresi naik
    – porting inlet dan outlet biar pasokan udara dan bbm lancar
    – noken as ganti racing gan, kalo punya saya pakai merk nokenasracing.com, coba cari di google ada kok yg jual dan nomer yg bisa dihubungi. Tapi kalo mau hemat ya noken as ori aja yg dibubut.
    – piston oversize 100, aslinya pengen bored up pakai piston tiger, tapi mahal.
    – ganjal per kopling pakai ring kuningan
    – boshing arm pesen ke tukang bubut dg material yg lebih kuat biar gak getar parah dipakai ngebut.
    – karburator masih pakai vakum, tapi pilot jet naik jadi 17.5 milik shogun kebo, dan main jet pakai 115 milik satria 2 tak, pernah pakai main jet tiger ukuran 120 tp agak boros.
    – klem manifold ganti seperti di gambar itu pakai klem pipa
    – busa filter dilepas, tapi box filter tetep dipasang biar gak kemasukan air hujan.
    – pasang cincin magnet 9power 2 biji di kabel busi
    – pasang booster aki biar pengapian stabil, kelistrikan stabil, lampu awet, aki awet, getaran berkurang.
    – aki pakai aki kering biar gak ribet 😀
    – ban belakang pakai ukuran 120/80-18, dan depan pakai 90/90-18
    – knalpot pakai tiger revo imitasi
    – sproket belakang standart ukuran 45 bisa mentok 140kpj tapi getar parah…
    beberapa hari lalu ganti pakai 42 milik RGR biar nafasnya panjang, tapi belum pernah uji top speed selama pakai gear RGR ini.

    Untuk Thunder 125 dibawah tahun 2011 yg mesin lama belum pakai balancer disarankan pakai karbu ori aja biar gak terlalu getar kalo dipakai ngebut, biar gak lelet ya itu pasang gas spontan dan naikkan spuyer. Kalo nekad pasang karbu RX-King, PE28, Ninja PWL28 gpp asal kuat capek nahan getaran aja. Emang sih beneran kenceng dan enak dipakai ngebut, tapi ya bikin capek aja getaran tinggi, mending pakai karbu ori aja deh, selain itu karbu ori kan lebih pas rapat masuk ke filter, jadi aman dari banjir gan…
    Pengalaman saya pernah pakai karbu Ninja PWL28 merk Lippo dg ukuran spuyer 40/120 dan gas spontan, serta pakai gear belakang ukuran 37 milik RX-King, hasilnya enak dipakai 150kpj, tapi getar dan gak kuat nanjak.
    Akhirnya pakai karbu vakum lagi dan gear gede lagi.

    Thunder itu lebih enteng dipakai ngebut kalo ente gak gendut gan, alias berat badan ente gak lebih dari 75kg aja, tapi kalo agan gendut ya jangan salahin motornya yg lelet. Karena karakter mesin thunder itu short stroke, jadi torsi dan power ya baru terasa di rpm atas gan. Mending beli motor yg stroke panjang aja kayak vixion atau new CB150 yg stroke panjang, jadi torsi dan power udah terasa mulai rpm bawah dan ngedrop di rpm atas.

    Sekian pengalaman saya pengguna thunder 125.
    Rencana sih mau pakai piston Tiger atau sekalian scorpio, pasang klep yg lebih lebar milik Tiger/Sonic, pasang oil cooler, pengen custom ratio jadi 6-speed, pengen pakai karbu vakum milik scorpio, tapi semua masih angan-angan karena duitnya gak cukup. hahaha….

    Enaknya thunder itu selain material logamnya lebih kuat dan awet daripada motor lain, thunder itu aman dari maling/begal karena gak ada yg mau nyolong, meskipun kunci kontak kelupaan seharian nempel di motor, tapi aman aja tuh. Coba kejadian gitu di vixion, pasti amblas tuh motor digondol maling. hahahaha

  50. Saya pake Guntur 2006, dulu waktu masih karbu vakum pernah rewel gara2 motor sering mberebet terus suka bensin banjir, 4 bulan kemarin saya ganti dengan karbu king akhirnya jadi enak tarikan ringan tenaga maknyus, tapi akhir2 ini mmbrebet lagi, seperti abis bensin, padahal sudah servis, trus kuras tangki bensin dudah, siapa tau kotor dari tanki, tapi tetep 1-2 hari mbrebet lagi. tolong kasih pecerahannya, terima kasih

  51. halo kawan2 thunderist…
    saya ada rencana pakai karbu PE 28 yg kw 1, kampas kopling FU 150 indoparts, cdi rencana pakai BRT tapi belum nemu yang jual di semarang, tujuan saya cuman pengen speed naik, tarikan enteng, ada masukan kawan2 ?
    Suwun….

  52. Mohon pencerahannya gan saya ada problem. saya pengguna thunder tahun 2005 tanpa kick starter.
    Baru pakai november 2017 sampai sekarang.😂
    awal penggunaan agak mberebet berulangkali ngebersihin karbu (saya pake karbu pe28) setelah itu lancr tapi ngeberebet lagi. Saya coba bersihin tanki dan ternyata tanki kotor sekali bensin yg di keluarkan itu penuh karat butek berwarna coklat, kondisi tanki penuh tambelan. Saya putuskan ganti tanki ori(800rb), ternyata setelah diganti ngebrebet hilang, tarikan jadi lancar, saya menggunakan pertalite gan.
    Gak lama Muncul lagi masalah kecil si thunder mati lagi gak bisa di statter saya bawa bengkel katanya arengnya/dinamo suruh ganti pas saya liat ternyata sikring putus lalu saya ganti rumah dan sikringnya yg 30alhamdulillah lancar sampai 3bulan(desember,january,february) saya pakai pulang pergih kuliah priok-matraman.
    Tapi Awal bulan maret sampai sekarang si thunder bermasalah lagi.
    selagi saya pulang kuliah ketika menunggu di lampumerah tiba tiba si thunder mati, saya coba stater tidak bisa, saya lihat lampunya redup(sayapikir aki low/soak) lalu saya coba dorong cari bengkel terdekat 5bengkel kagak bisa 😂 lalu saya minta seseorang gojek untuk stutmotor saya.
    Kopling saya tekan gigi 2 saya injak taraaaa motor hidup kembal, tapi lampu saya lihat redup ketika saya gas tinggi lampu terang tapi saat saya lepas lampu kembali redup. Sampai rumah langsung saya cas akinya. kesokan harinya saya coba starter kembali alhamdulillah bisa nyala.
    Setelah itusaya pakai kuliah kembali ternyata masalah yg sama datang. Saya cas kembali akinya esoknya saya coba nyalain tapi kali ini starter benar benar tidak ngangkat padahal lampu masih nyala terang.
    Sya putuskan saya dorong sambil tekan kopling posisi gigi 2. taraaa akhirnya hidup kembali.
    lalu saya tes jalan
    di tengah jalan mogok lagi gan
    abis itu saya dorong lagi dan hidup lagi (kalo lampu dinyalahin motor langsung mati alhasil saya matiin lampu biar agak mending)😂
    sampe rumah aki saya cas lagi
    eaoknya saya starter masih tidak ngangkat gan. gitu aja terus gan(saya berfikir kiproknya gak bisa ngecas aki)
    alhasil saya ganti kiprok 300rb habis itu ternyata starter masih tidak bisa.
    saya coba nyalahin lagi dengan didorong, nyala dan jalan gan saya bawa keliling gang tapi suara gasnya kayanya tinggi gitu kaya ketarik, gak bisa posisi idle dan pas gas ditarik malah ngempos dan mati.
    mohon pencerahannya gan ampe sekarang starter juga blom bisa

    • saya punya pengalaman pahit juga. dikira masalahnya aki ternyata bukan, spul bukan juga, ternyata kiprox. jadi tiga serangkai aki, spul, kiprox

  53. Kalo aki full tapi di starter gak ngangkat itu kenapa gan? Harus di dorong baru bisa nyala.
    Itu pun pada posisi idle gasnya terdengar tinggi(sepertidi tarik) dan saat dipaksa untuk narik gas motor ngebrebet dan mati 😢
    Saya pakai thunder 125 2005 non kick starter.

    • aki ok, spul, kiprok ok, distarter terdengar bunyi tendangar piston nendang, masalah tinggal busi, kompresi, atau banjir bensin di ruang bakarnya.

  54. mas rahmadya apa kabar? masih pake thunder sekarang? domisili masih di jogja?
    kapan2 saya mau touring ke jogja, ntar bisa sowan kesitu.
    salam kenal, hendi dari semarang
    thunder lovers juga saya.

    • saya di bekasi sekarang. dulu sering diajak temen kantor thunder ke dieng, touring. cuma sy ga berani, gigi 1/2 kopling kalo nanjak ke sana kabarnya. gara2 sy upload di blog, langsung ada yg nawar lengkap + asesoris. dilepas dah thundernya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s