PERTEMUAN I: KOMPUTER DAN MASYARAKAT

komputer:

       Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.

Berbagai Aktivitas Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Komputer :

1.  Perbankan

2.  Perdagangan

3.  Industri

4.  Transportasi

5.  Rumah Sakit

6.  Pendidikan

7.   Seni

8.   Penelitian

9.   Rekreasi

10. Hankam

11. Komunikasi

Bidang Perbankan:

vSistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit) vPenyimpanan data vPemrosesan transaksi secara on-line vPembayaran tagihan secara on-line

Bidang Perdagangan

vMemproses data transaksi dalam jumlah yang banyak. vMenyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock). vPembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain vSelain pembayaran tunai bisa juga secara elektronik

Bidang Industri

vCAM – Computer Aided Manufacturing untuk meningkatkan produktivitas vCAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll vPenggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.

Bidang Kedokteran

vMembantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien. vCAT – Computer Axial Tomography untuk menghasilkan gambar sinar-X bergerak. vMembantu tuna netra membaca dengan teks khusus. vMenyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS vMengelolaan persediaan obat-obatan.

Bidang Pendidikan

vCBE – Computer Based Education sebagai alat pembelajaran. vCAI – Computer Assisted Instruction digunakan pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran. vMenyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar dan soal-soal ujian maupun latihan.

 Bidang Seni

vSYNTHESIZER digunakan untuk bunyi alat musik seperti bunyi gitar dan piano. vUntuk proses penciptaan lagu. vUntuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan special effect.

Bidang Penelitian Science

vPenyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data. vPenelitian ruang angkasa vRamalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.

Bidang Rekreasi

vSumber alat rekreasi seperti games on-line. vRoller Coaster yang dikendalikan oleh komputer

Bidang Hankam

vKapal perang & kapal terbang dipasang peralatan komputer untuk membantu navigasi atau serang yang lebih tepat. vUntuk simulasi perang atau terbang

Bidang Komunikasi

vTelekomunikasi yaitu teleconference. vE-mail, voice mail dll vModem sebagai alat sarana komunikasi antar komputer dengan internet.

Isyu Sosial

Dampak Positif

1.Komunikasi yang lebih baik. 2.Transportasi data yang cepat & aman. 3.Pekerjaan selesai lebih cepat & akurat. 4.Efisiensi tenaga kerja

Dampak Negatif

1.Manusia tergantung dengan komputer. 2.Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat & teliti. 3.Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password. 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.