Pertemuan XII: Instalasi Software Enkripsi PGP

Hari/Tgl/Ruang/Mt.Kuliah/Dosen: Senin/07-06-2010/Lab.Design/Firewalls dan Keamanan Data/Rahmadya Trias H., ST, MKom.

Pertemuan kali ini membahas teknik enskripsi, dekripsi, tanda tangan digital dan manajemen keamanan terhadap data penting. Software yang digunakan merupakan software gratis PGP Software 6.0. Berbeda dengan sistem password, pada enkripsi, data yang kita miliki diolah terlebih dahulu menjadi chipper text yang harus didekripsi terlebih dahulu sebelum dibaca. Sehingga untuk membongkarnya kita terlebih dahulu harus memiliki “Kunci” yang dibuatkan oleh software tersebut. KLIK DI SINI, untuk melihat cara instalasi.

Setelah software terinstall, fasilitas yang tersedia lumayan banyak antara lain: encrypt, decrypt, digital signature, wipe dan sebagainya. Pada software itu diperkenalkan juga kunci privat dan kunci public yang disebarkan ke lingkungan yang akan menggunakan software PGP. Tiap anggota lingkungan berkewajiban menyerahkan kunci public yang akan digunakan untuk tujuan jika ada seseorang yang akan mengirimkan file terenkripsi ke kita. Jadi tiap lingkungan memiliki kumpulan kunci public yang diberi istilah “Ring”. Kunci private hanyalah dimiliki tiap individu. KLIK DI SINI, untuk membuat RING.

Yang menarik adalah digital signature sebagai pengganti tanda tangan konvensional. Perlu diketahui, bahwa tanda tangan tidak bisa dengan cara meng-capture gambar/image tanda tangan. Karena fungsinya (authentication and repudiation) tidak berjalan. Sebagai gantinya, kita bisa menempelkan digital signature kita via software tersebut, dan lingkungan (RING) akan mengetahui bahwa file/data tersebut bener-benar ditulis oleh si penanda tangan. KLIK DI SINI, untuk melihat proses digitalisasi tanda tangan (digital signature).

Salah satu hal menarik dari software ini adalah teknik menghapus suatu file dengan enkripsi tertentu (secure delete) sehingga file yang telah kita hapus tidak dapat dibaca via recovery software sehingga data aman dari pihak lain yang berniat mencuri data. KLIK DI SINI untuk download software tersebut.

Iklan

3 respons untuk ‘Pertemuan XII: Instalasi Software Enkripsi PGP

  1. cara mendapatkan software ini bagaimana,didownload apa gmn?terus cara penyimpanannya agar tidak diketahui orang lain dengan menggunakan password apa tidak..?
    mohon komentnya..
    makasih

    • maaf baru bisa balas, di Yogya internet lambat banget. cari aja di internet, banyak kok, tapi dari yang resmi ya, khawatir virus. software itu bisa untuk encripsi file/folder kok, tapi harus inget passwordnya, kalo ga, bakalan ga bisa dibuka. Selain itu ada fasilitas menghapus yang tidak bisa direcovery lagi lewat program-program recovery.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s