Pertemuan IX: Clustering

Hari/Tgl/Ruang/Mata Kuliah/Dosen/: Jumat/18-06-2010/Data Mining/Rahmadya Trias H., ST, MKom.

Salah satu kemampuan manusia yang alami adalah memisahkan sesuatu. Misal kita sebar berbagai jenis jeruk, lalu kita suruh seorang anak mengumpulkan sesuai dengan jenis jeruk, warna jeruk atau kualitas jeruk (rusak atau tidak) maka dengan mudah anak tersebut sanggup mengumpulkannya. Karakteristik tersebut dapat dimengerti oleh manusia, tapi tidak oleh sistem. Kita harus mendefinisikan sistem dengan baik, sebab jangan-jangan ada bola dianggap sebagai jeruk!

Dalam data mining, pengelompokkan berdasarkan isi suatu field, apakah gender, indeks prestasi, pendapatan atau sebagainya, sesuai dengan kebutuhan. Dalam Microsoft BI development sudah tersedia machine learning-nya yang diberi nama Micorosoft Clustering. Cara mengerjakannya mudah saja, tinggal memanggil database yang akan diolah.

Dalam praktek pada malam ini, sedikit ada error yang diakibatkan oleh sistem analysis service yang tidak “Up” karena suatu hal (masih misterius). Cara menyelesaikan masalah tersebut dengan mudah lewat configuration manager pada MS SQL Server. Tinggal di “Start” saja.

Clustering sangat bermanfaat, misalkan  jika seorang marketing ingin memasarkan mobil, tinggal mencari data yang tercluster dimana paling banyak orang yang belum memiliki mobil padahal berpenghasilan menengah ke atas. OKEH.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s