MATERI UAS BAHASA ASSEMBLY

Bulan november mungkin menjadi bulan tersibuk tahun ini. Diawali dengan kelahiran anak ke-2, pelatihan penulisan artikel ilmiah tiga hari di Hotel Sheraton, seminar Telkom di Hotel Arya Duta, pelatihan Oracle 11g di PT Assaba, Survey Evaluasi Kinerja di Departemen Pekerjaan Umum (PU), hingga aktivitas yang padat sebagai anggota kelompok kerja penerimaan pegawai baru di lingkungan Universitas Islam “45” Bekasi. Akibatnya tentu saja aktivitas mengajar yang sedikit terhambat. Oleh karena itu, mencontoh tradisi malu orang-orang Jepang, saya mengucapkan gomennasai (maaf) kepada semua pihak yang merasa kurang terlayani.

Saya teringat nasehat guru ngaji saya waktu kecil dulu, “Ambil yang baik, tinggalkan yang buruk”. Tentu saja maksudnya bukan waktu ke mesjid bawa sendal buruk, pas pulang ambil sendal yang baik, tetapi dalam segala kondisi, keadaan, posisi, atau situasi, pasti ada sisi positif yang dapat kita manfaatkan. Banyaknya pelatihan-pelatihan yg harus saya jalani membuat saya berkewajiban menyebarkan ilmu tersebut agar bisa dinikmati juga oleh pihak lain yang mungkin lebih membutuhkan dari pada saya sendiri.

Kembali ke mata kuliah bahasa Assembly, atau sering diistilahkan bahasa rakitan, materi UAS akan beralih ke pemrograman tanpa debug. Tanpa debug di sini berarti kita memerlukan software tambahan untuk merakit script berbahasa asembly menjadi executable program. Salah satu buku berbahasa Indonesia yang baik adalah karangan Susanto, atau dikenal dengan inisial S’to, yang bukunya tentang hacking banyak beredar di pasaran. Kita sudah selayaknya berterima kasih kepada beliau atas kebaikan hatinya men-sharing buku itu gratis setelah royaltinya di PT Gramedia berakhir. Saya berhasil mendolotnya di situs www.ilmukomputer.com, situs pembelajaran buatan sensei saya, Pa Romi SW. Atau bisa donlot di link ini: http://www.ziddu.com/download/12903550/sto-assembly.rar.html


Salah satu software yang menurut saya terbaik untuk mengkompilasi bahasa asembly adalah Turbo Assembler buatan borland. Tentu saja jika ada yang lebih tertarik dengan Macro Assembler buatan Microsoft juga tidak apa-apa. Toh, listingnya tidak jauh berbeda. Banyak dijumpai pula emulator-emulator bahasa asembly yang gratis didonlot di internet. Manfaat emulator adalah berkurangnya resiko akibat “utak-atik” kita dengan bahasa asembly, seperti kata-kata lucu yang sering saya lihat di MTV (dengan logat Jepangnya), “bi ker ful, don trai dis at hom”. Jika tertarik dengan turbo assembler bisa baca buku terbitan luar negeri “Mastering Turbo Assembler” karangan Tom Swan yang tebalnya seribu halaman. Silahkan donlot sendiri aja.


Sedangkan untuk software-nya cari sendiri di internet. Atau klik link ini aja, saya bantuin cari: http://www.ziddu.com/download/12903634/TASM.rar.html Bagaimana cara menggunakannya? Tentu jawabannya: baca dan praktekan !!


Rahmadya Trias Handayanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s