Analisa Perpindahan Panas dengan CATIA dan CFD

Tulisan berikut ini tentang analisa kalor dengan bantuan CFD. Apakah benar hasil analisisnya sesuai dengan perhitungan? Kita coba yuk..

Buka CATIA, buat part design. Buat gambar balok sederhana dengan ukuran 20 x 50 x 50 (mm). Oiya, udah diinstall kan, Catia dan CFD-nya?

Kemudia simpan part design itu, beri nama misalnya balok. Nah, sisi atas, bawah, kiri, dan kanan akan diberi kalor dengan suhu yang berbeda-beda. Misalnya bagian atas 2000C, bawah 500C, kiri 1000C, dan kanan 4000C. Klik icon CFD pada CATIA untuk masuk ke mode analisa via CFD.

Kalo sudah, jangan lupa konversi m menjadi mm pada folder geometri dengan cara mengklik kanan, pilih length unit dan pilih mm.

Klik kanan material, isikan data yang diminta setelah mengklik komponen yang akan diberi nama materialnya.

Nah, pada boundary condition isikan sesuai dengan panas pada tepian balok. Klik kanan, edit. Pilih bagian atas balok, isikan 2000C. Dengan cara yang sama isikan untuk panas bagian bawah, kiri, dan kanan. Jangan lupa, tipe-nya dipilih temperature.

Sekarang saatnya kita membuat mesh. Dobel klik Mesh Size, dan untuk gampangnya pilih automatic mesh. Jika sudah kliki icon SOLVE. Isikan cek box HEAT TRANSFER, karena yang akan kita analisa hanya Perpindahan Panas.

Lalu Klik SOLVE, tunggu beberapa saat, komputer akan memproses. Kecepatan proses tergantung tipe prosesor komputer Anda. Jika sudah, maka akan muncul pesan: Analysis completed succesfully dan gambar berubah warna.

Dobel klik Result pada folder utama, pilih Static Temperature, maka jika gambar Anda OK akan muncul gambar warna-warni yang menggambarkan temperatur balok tersebut. Tampak warna merah untuk suhu panas dan biru untuk yang dingin.

Gampang kan? Selamat , Mencoba !!!

Rahmadya Trias Handayanto

Iklan

10 respons untuk ‘Analisa Perpindahan Panas dengan CATIA dan CFD

  1. aslm, mas blh nanya gak, klo di CATIA v6 gimana analisa CFD ny mas?
    cz, sy udh install catia v6, tp saya tdk bs menemukan tool CFDny mas.
    mohon bantuanny mas, Thank’s..

    • saya sempat menginstall catia versi 6 juga. Sepertinya tidak ada analisa panas, hanya tegangan saja. Mau ga mau harus instal cfd.

      • oh…
        saya jg punya problem mas, pada saat memilih option stuctural analysis pada catia v6, terdapat tulisan ‘no simulation object has been created. please check your data’. kira2 maksudnya apa ya mas…?
        mohon bantuanny mas..

      • Saya pernah ngalamin, diotak-atik, akhirnya bisa. Cuma saya lupa apa yang saya utak-atik. Coba otak-atik, itu bukan salah di aplikasi Catia, ada parameter yang belum disetting.

  2. salam mas. saya udah buat desain sayap pesawat 3D. saya mau buka ke CF Design ko ngg bisa. mohon bantuanny secara detail langkah2ny supya desain yg kita buat bisa dibuka di CF Design. Terimakasih

    • mau analisa apa? beban apa aliran? kalau aliran agak unik, coba buka help di CFD yang tentang aliran fluida pada mobil. Di sana bukan bentuk mobil melainkan bentuk udara yang di tengahnya hilang karena ada mobil. Misal Anda berendam di air, bukan gambar Anda di air, tetapi gambar air yang kosong di tengahnya karena Anda isi. Gambar dalam format Assembly wajib.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s