Instalasi Matlab

Matlab tersedia dalam dua pilihan, yakni untuk sistem operasi Windows dan Linux dan bahkan tersedia juga untuk komputer Machintosh. Untuk versinya, setiap tahun biasanya mengeluarkan versi terbaru, misal Matlab 2009, 2010, 2011, dan seterusnya. Misalnya saya akan menginstall versi 2010, sediakan terlebih dahulu source Matlabnya. Beberapa situs terkadang menyediakan file master yang disharing, misalnya www.avaxhome.ws. Masukkan pada kolom search: Matlab, maka akan ditampilkan baik software maupun ebook tentang Matlab. Atau coba Link ini. Biasanya dalam satu paket berisi file-file berikut ini:


Jika dalam bentuk CD biasanya langsung AutoRUN, atau klik saja file “setup”, maka Anda akan masuk ke proses instalasi Matlab 2010. Biasanya akan muncul instalasi Microsoft visual c++.


Yang dilanjutkan dengan mengkopi file-file yang dibutuhkan Matlab.


Saat akan menginstall matlab, diperlukan serial number, dan diakhiri dengan aktivasi setelah Matlab berhasil diinstall. Ada dua pilihan, yaitu Matlab Stand Alone dan Matlab network. Biasanya yang kita gunakan adalah Stand Alone. Untuk mudahnya baca readme di CD/File master Matlab 2010 dan ikuti saja langkah-langkahnya. Pilih install tanpa menggunakan internet saat muncul pesan di awal proses instalasi, lalu klik “Next>”.


Bacalah license agreement sebelum mengklik tomblo radio “Accept”. Matlab termasuk software mahal, akan tetapi untuk pendidikan memiliki harga khusus yang jauh lebih murah.


Berikutnya pada jendela File Installation key, pilih “I have the File Installation Key for my license ” jika sudah memiliki, dan masukan angkanya.


Klik “Next>” maka jendela berikutnya adalah pilihan instalasi. Pilih Typical saja dan biarkan default lokasi program di C:\ kecuali jika Anda ingin memindahkan letak folder instalasinya.


Setelah mengklik “Yes” maka Matlab akan membuatkan folder di C:\Program Files\MATLAB\R2010b\. Terakhir, sebelum proses instalasi, Matlab akan menampilkan fitur-fitur apa saja yang akan dipasang, pilih “Install” dan tunggu beberapa saat (tergantung kecepatan prosesor Anda) sampai proses instalasi selesai.


 Perhatikan dua tiga file pada source file, tampak satu buah file readme (txt) dan dua buah file aktivasi (dat) yang akan digunakan saat aktivasi.


Saat proses instalasi selesai, maka Anda diminta memilih menggunakan langsung Matlab yang baru diinstall itu, ataukah melakukan proses aktivasi. Jika Anda telah memiliki file Aktivasi, anda tinggal mengarahkan (Browse) ke file aktivasi pada komputer Anda. Untuk server, gunakan lic_server dan untuk standalone gunakan lic_standalone. Berikut ini cara penggunaannya. Jika Icon Matlab tidak muncul di Desktop, tidak berarti Anda gagal menginstall Matlab, coba cari dengan explore di lokasi: C:\Program Files\MATLAB\R2010b\bin. Anda akan menjumpai Matlab.exe, buat short cut ke dekstop dengan klik kanan – Send to – Desktop (Create Shortcut). Banyak software yang mirip dengan Matlab tetapi berbasis open source seperti Scilab, Octave, Euler Math Toolbox dan FreeMat. Namun, tentu saja sedikit kurang fleksibel dibanding Matlab. Jika dibuka, tampilan Matlab akan seperti gambari berikut ini.


[update:3.5.2018]

Beberapa versi Matlab lama sejak akhir 2017 diminta untuk aktivasi kembali. Jika tidak maka tidak bisa digunakan. Selain dengan mengundurkan “date and time” windows yang digunakan, cara lain adalah dengan menggunakan kode aktivasi versi terbaru, misal 2013 ke atas.

Iklan

24 respons untuk ‘Instalasi Matlab

    • katakanlah passwordnya angka 1, yang dimasukkan oleh user via gui dan ditangkap dengan variabel handles.input. berarti kita test apakah yang diinput (handles.input) sama dengan passwordnya? di matlab fungsi tersebut adalah “isequal”. Test=isqual(handles.input,1). uji dengan if test==0
      msgbox(‘password salah’)
      else
      msgbox(‘password benar’)
      …..
      end
      end

  1. mas, aku punya matlab 2010b, setelah sukses instal pas maw gunakan diminta lisensi..pdhl saat instal lisensi diberikan, mohon solusinya.syukran

  2. mas masih punya matlab 2011a, krn punya sy error dan cari lg agak susah sedangkan data” sy brubah gt pakai matlab 2013a sy perlu tuk presentasi dua minggu ke depan.

    • kok bisa berubah, data apa itu? harusnya sih ga masalah, kecuali beberapa sintax function (harus diset ulang ngikutin panduan help versi terbaru yang diinstal)

  3. gan kan pas mau install matlab banyak pilihanya tuh, nah apa aja ya yg dipilih supaya ngambil memori C ga banyak atau supaya matlabnya bisa jalan dengan fungsi minimal standartnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s