Seminar Overclocking Himpunan Mahasiswa Komputer (HMK) UNISMA Bekasi

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Himpunan Mahasiswa Komputer (HMK) UNISMA Bekasi menampilkan seminar bedah pc dengan tema “Over Clocking” yang merupakan tema yang cocok dengan jurusan Teknik Komputer. Seminar yang dimoderasi oleh Bp Faisal ini menampilkan sosok jogo over clocking Indonesia, Dicky Jatnika (http://www.facebook.com/groups/174269915336/).

Setelah membahas beberapa aspek hardware dari sebuah PC, mas Dicky kemudian masuk ke materi utama yaitu over clocking. Bagi yang belum tahu apa itu over clocking, bisa dicari di google. Gampangnya, over clocking di sini adalah menaikan kecepatan prosesor PC yang kita miliki. Setiap PC pada bios-nya memiliki fasilitas untuk menaikan kecepatan (clock) dari prosesor dengan adanya fasilitas Multiplier (pengali) yang bisa mendekati angka 15 kali.

Masalah utama pada over clocking adalah mengatasi suhu yang meningkat tajam (hingga di atas 70 derajat) yang dapat mengakibatkan komputer blue screen. Oleh karena itu, kipas pendingin pada prosesor harus diganti dengan yang lebih kuat pendinginannya seperti dengan menambah sirip tambahan, kipas tambahan, pendingin seperti kulkas, hingga yang paling ekstrim adalan dengan nitrogen cair. Sebagai informasi, nitrogen cair dapat mencapai suhu hingga minus 200 der celcius, dan dari informasi pembicara, katanya harga nitrogen cair di Indonesia adalah yang paling murah dibanding negara lain.

Hal yang menarik dari seminar ini adalah bahwa teknologi informasi saat ini sangat cepat perkembangannya, alat yang kita beli saat ini, beberapa bulan ke depan langsung turun dengan cepat. Sebenarnya hal ini bisa menguntungkan konsumen sekaligus juga bisa dibuat jengkel. Pembicara juga cukup baik menggambarkan hardware-hardware terbaru yang muncul saat ini, seperti harga VGA Card yang sangat mahal, hingga jenis harddisk baru bernama SSD yang memiliki kinerja lebih dari tiga kali lebih cepat dari harddisk biasa, yang tentu saja harganya jauh lebih tinggi.

Mudah-mudahan, seminar ini dapat menggalakkan kembali oprek-oprek PC seperti era 90-an mengingat saat ini PC seperti mati suri akibat diterjang oleh derasnya arus gadget (handphone, notebook, tablet PC, dan sejenisnya yang sifatnya mobile).

Rahmadya Trias Handayanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s