Urutan Perancangan Sistem Interaksi (Materi IMK)

Seperti ilmu yang melibatkan unsur seni seperti melukis, bernyanyi, dan sebagainya terkadang tidak memerlukan panduan, patokan atau aturan-aturan tertentu yang dapat mengekang kreativitas. Tetapi tetap saja dibutuhkan aturan yang fungsinya membantu orang yang baru belajar. Begitu pula untuk perancangan sistem interaksi, ada aturan-aturan tertentu berupa kaidah-kaidah yang sering dijumpai di berbagai buku literatur.


Perhatikan rancangan google di atas, betapa sederhananya tanpa adanya sampah-sampah yang mengganggu tujuan utama dari si mesin pencari “Jenius”.

 

Soal:

Sesuai dengan prinsip user centered design maka rancanglah urutan yang mengikuti kaidah-kaidah perancangan disain berbasis interaksi (masih dengan kasus yang sama pada tugas-tugas sebelumnya).

 

Pemilihan ragam dialog : “icon, menu, atau yg lain disertai alasan singkat”

Perancangan struktur dialog: “jika ragam dialog ada banyak, atur mana yg utama mana yang tambahan.

Perancangan format pesan: “instruksi berupa apa?

Perancangan penanganan kesalahan: “salah input respon sistem apa?”

Perancangan struktur data: ”

 

Beberapa jawaban mahasiswa:

  • Aplikasi web pembayaranpajak untuk orang tua (Ikmal, rachmat hidayat, rachmat Mulya nagata, M. Fadlan, Wahyu, Yayan)
    • Ragam dialog untuk orang tua menggunakan huruf/tulisan yang jelas (ukuran besar) agar dapat terbaca dengan nyaman mengingat unsur usia.
    • Menggunakan gambar/icon yang mudah dipahami dalam mendukung aplikasi web.
    • Informasi-informasi yang terupdate dimunculkan dengan tampilan yang berbeda, misal dengan suatu tulisan gerak
    • Panduan suara (audio)

     

  • Game Pembelajaran balita (anita, astri, dwi, indah, frida)
    • Pemilihan Ragam dialog: dalam pemilihan ragam dialog, balita lebih mudah menggunakan icon karena lebih menarik dan icon bisa menunjukkan gambar yang dia inginkan. Di bawah icon bisa diberikan teks dan disertai suara untuk menunjukkan definisi dari icon.
    • Perancangan Struktur dialog: Icon beserta suara lebih utama daripada teks karena icon dan suara lebih membantu balita untuk belajar dengan game tersebut. Sedangkan teks hanya untuk bantuan belajar balita dalam membaca.
    • Perancangan format Pesan: format pesan berupa suara
  • Pemasaran web online baju muslim (laras, elmina, desta, putri, rizka, maulidha)
    • Pemilihan ragam dialog: teks, visual dan suara: karena dalam web kami memerlukan teks untuk memberikan informasi kepada user akan produk-produk yang kami jual. Visual digunakan untuk menampilkan informasi gambar2 tentang produk kami. Suara digunakan untuk menghilangkan rasa kebosanan user disaat melihat/mengunjungi situs kami.
    • Perancangan struktur dialog: ragam dialog yang paling penting dalam web kami yaitu teks. Karena teks berfungsi untuk menampilkan informasi2 kepada user. Struktur dialog tambahan visual dan audio.
    • Perancangan format pesan: instruksi berupa user diarahkan ke halaman tampilan produk, kemudian apabila user ingin memesan produk kita, user dapat langsung menghubungi contact person pada halaman tersebut.
    • Perancangan penanganan masalah: kami menyediakan halaman komentar untuk mengumpulkan komentar2 user kami dalam memperbaiki pelayanan yang ada pada web kami.
  • Web game anak-anak SD (amalia, aulia, ghozia, neti, winda)
    • Pemeilihan ragam dialog: Button start dan quit (ghozia) dan menu modifikasi animasi (aulia). Untuk memulai dan mengakhiri game diperlukan button start dan quit yang mudah dilihat/ditemui oleh anak2. Suatu variasi juga memungkinkan anak2 dapat memodif animasi sesuai dengan keinginannya. Menu setting (winda): untuk mengatur alur2 pada game tersebut. Misal mengatur level, mengatur besar kecilnya volume, dll. Menu help (winda) : berisi tentang panduan2 untuk menjalankan game tsb.
    • Perancangan struktur dialog: button start dan quit, help, setting dan modifikasi animasi.
    • Perancangan format pesan: Pesan paa saat akan mengakhiri game, muncul teks apa ingin dismpan? Atau keluar tanpa disimpan? (ghozia), pean pada saat animasi salah jalan (aulia), pesan pada saat memasuki level yang lebih tinggi (aulia dan ghozia), pesan pada skor tertinggi di akhir permainan (neti).
    • Penanganan masalah: meminta incorrect password dan username kembali (ghozia), jika salah memilih gambar maka ada peringatan (gambar tidak cocok) aulia, apabila belum menyelesaikan game pada level tersebut tidak dapat memilih level yang lebih tinggi (aulia dan winda)
  • E-learning (oscar, nanda, imam, ghalih.
    • Menu pulldown untuk menghemat space dan memperindah halaman login berbentuk menu. Artikel ditampilkan dalam bentuk menu, untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari materi. Video, untuk memperjelas materi praktikum, user chat sebagai alat interaksi mahasiswa.
    • Yang paling banyak digunakan adalah klik, karena ketik hanya digunakan saat user chat saja. Klik digunakan saat login dan searching.
    • Bentuk instruksi bisa dikombinasikan atara huruf, angka dan simbol.
    • Apabila ada kesalahan saat login, sistem akan meminta untuk memperbaiki field yang salah
    • Sistem akan menyediakan login attempt sebanyak 10 kali jika percobaan tersebut habis maka user tidak dapat mengakses website itu.
Iklan

2 respons untuk ‘Urutan Perancangan Sistem Interaksi (Materi IMK)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s