Support Vector Machine (SVM) di Matlab

SVM merupakan metode algoritma yang sering digunakan untuk regresi dan klasifikasi. Cara kerjanya adalah membuat sebuah bidang batas antara kluster. Bila dibandingkan dengan Jaringan Syaraf Tiruan, beberapa literatur menunjukkan keunggulan SVM yang bekerja secara global optima, sedangkan JST local optima. Walaupun berbeda prinsip, antara SVM dengan JST memiliki tipikal yang sama yaitu data input dan data target dilatih untuk menghasilkan kecerdasan pada sistem. Jika JST menghasilkan bobot dan bias, pada SVM menghasilkan persamaan batas klasifikasi.

SVM di Matlab

Berbagai implementasi telah dilakukan dalam berbagai macam bahasa pemrograman. Untuk Matlab, kita dapat mendownload m-file yang berisi routin untuk penerapan SVM. Link dapat didownload di:

Setelah selesai mendownload, copy folder svm pada C:\program files\Matlab\R2008\Toolboxes kemudian arahkan Path variabel ke situ dengan cara klik File – Set Path.

Klik “Add Folder” untuk menambahkan folder svm ke toolbox Matlab. Setelah itu svm Anda siap digunakan. Sebelum menggunakan ada baiknya Anda mengetik help svm pada command window atau doc svm (versi chm). Alasan utama mengapa kita harus meletakan path adalah karena apabila toolbox svm tersebut tidak diletakkan di path Matlab, maka toolbox itu tidak dapat dijalankan jika kita mengarahkan Current Directory (Direktori Kerja) pada folder yang tidak sama dengan folder toolbox tersebut. Cara mengetes apakah path sudah berjalan adalah dengan merubah current directory di luar directory svm kemudan ketik help svm atau doc svm, jika Matlab menjawab folder not found berarti path belum disetting, selamat mencoba.

Iklan

10 respons untuk ‘Support Vector Machine (SVM) di Matlab

  1. lalu cara mengetes kinerja svm pada matlab sendiri bgmna om? inputan dari svm itu berupa apa y? misalkan ada pnelitian tentang deteksi tepi jantung pada citra x-ray.. nah menurut om svm itu nanti berfungsi pada tahap segmentasi atau yang lain? mohon di jelaskan om. terimakasih.

    • SVM itu untuk membuat suatu fungsi pemisah antara dua kelas. Inputnya ya data yang akan diklasifikasi. Penerapannya, jika ada data baru maka kan dihasilkan kelasnya, biasanya kelas ‘0’ atau ‘1’.

  2. halo om, bagaimana membuat sebuah database pada matlab dari beberapa gambar yang ada pada sebuah folder dan menaruh semua gambar tersebut dalam sebuah mat file? trimakasih

  3. hallo,
    mau tanya om, ada code untuk membuat mat file yang berisikan informasi dari gambar yang ada dalam sebuah folder dan telah di feature extraction?

    • coba satu langkah dulu, ambil image (imread), lakukan transformasi utk ekstrasi ciri, rgb2grey, dll, save ke mat. jika satu bisa tinggal buat skrip yg lebih dari satu dengan for.

  4. om punya tutorial tentang SVM gak, boleh om berbagi dg dg saya, alnya lg butuh buat belajar…
    kirim ke email om, terimaksih om..:)

    • saya pernah lihat temen yg tesis SVR, logikanya pertama-tama dia menentukan kelasnya dengan svr lalu dilanjutkan dengan regresi nilai berapa di kelas itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s