Membuat Master Slide pada Power Point

Materi UAS Komputer I. 03.01.2013. Tek. Elektronik

Terkadang kita membutuhkan suatu template pada slide yang akan kita buat agar seragam dari mulai hingga selesai. Untuk mudahnya kita buat tulisan PANCASILA dengan tiap SILA dalam satu SLIDE. Buka Power Point. Masuk ke View dan Klik Slide Master.

Setelah masuk ke mode Slide Master, tampak di barisan bawah jenis slide yang akan dirubah seting template-nya. Misal kita akan atur yang ketiga dari atas. Klik template slide tersebut.

Kemudian Anda bebas mengatur template tersebut, misalnya Warna, background, tulisan, logo, dan sebagainya. Coba buat mirip seperti ini, karena akan kita masukan hiperlink yang akan menghubungkan judul ke slide tertentu. Buat judul PANCASILA di bagian Judul, buat background yang Anda sukai, tambahkan Text Box yang akan menjadi Hyperlink ke slide yang dituju.

Untuk mempercepat, text box dapat di Copy-paste saja dari yang sebelumnya. Ganti menjadi tulisan Sila pertama hingga kelima. Jika sudah selesai, tekan tombol untuk kembali ke mode edit slide. Selanjutnya, ketika Anda membuat slide baru lewat menu New Slide, akan tampak template yang baru saja kita atur.

Buat Tulisan tiap sila untuk tiap SLIDE dari sila pertama hingga sila kelima. Manfaat dari membuat slide baru dari slide master adalah ketika Master dirubah, maka seluruh slide akan ikut berubah, Misalnya kita akan tambahkan LOGO pada slide Master, maka seluruh slide yang dibuat dari master tersebut akan muncul logonya. Berikutnya kita akan membuat Hyperlink yang mengarahkan link sila ke isi sila pada slide pertama hingga kelima. Klik Insert – Hyperlink. Sorot Sile Pertama, ketika muncul jendela Insert Hyperlink pilih Place in The Document karena link yang dituju masih dalam file yang sama. Anda bisa saja menambah link internet, atau file lainnya.

Lakukan hal yang sama untuk sila kedua hingga kelima. Jalankan dengan Slide Show, pastikan ketika Anda mengklik Sila Kedua, di sebelah kanan akan muncul tulisan Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s