Matlab 2007 lebih baik dari pada Matlab 2008?

Tiap tahun biasanya Matlab menerbitkan versi terbarunya. Pertama kali saya menggunakan Matlab 6 tahun 2001 ketika menyelesaikan skripsi S1. Waktu itu Matlab mulai meluncurkan pemrograman Visualnya. Karena hanya sebagai alat bantu simulasi perhitungan getaran, saya tidak begitu mengeksplorasi fitur-fitur yang ada di Matlab 6. Baru ketika menyelesaikan Tesis tentang pencocokan pola dengan Jaringan Syaraf Tiruan, fitur-fitur yang ada banyak saya ketahui, dari SIMULINK, toolbox yang beraneka macam dan teknik kompilasi menjadi program executable sudah saya coba.

Berikut ini kita akan menguji kemampuan pembelajaran Jaringan Syaraf Tiruan (JST) antara Matlab 7 dengan Matlab 8. Untuk mudahnya, kita misalnya akan mengajari perkalian dua bilangan. Persiapkan datanya sebagai berikut pada command window.

Pada Matlab 2008 buka jendela toolbox JST dengan mengetik nntool. Masukan data-data tersebut di atas ke dalam toolbox tersebut.

Parameter-parameter yang digunakan antara lain fungsi pembelajaran lavenberg marquadt (TRAINLM), fungsi adaptasi gradien Minimum (LEARNGDM), fungsi performa Mean Square Error (MSE), jumlah lapis 2 (satu lapis tersembunyi), jumlah neuron 3 pada lapis tersembunyi itu. Fungsi transfer yang digunakan di lapis tersembunyi adalah tangen sigmoid (TANSIG) dan lapisan output linear (PURELIN). Lakukan proses training yang dilanjutkan dengan menguji hasil pembelajaran dan data lain di luar data pelatihan.

Masuk ke tab Train, lakukan proses training dan jangan lupa menyimpan Network1 ke workspace agar bisa digunakan untuk menguji data. Lakukan pengujian dengan fungsi SIM.

Perhatikan, hasil belajarnya cukup baik dimana errornya hampir tidak ada jika diuji dengan data pelatihan. Coba uji dengan data lain selain data pelatihan, apakah benar hasilnya masukan pertama dikali masukan kedua.

Perhatikan, ada error di kolom dua antara target dengan hasil simulasi JST. Berikutnya kita lakukan cara yang sama di Matlab 2007, apakah hasilnya lebih baik? Dengan parameter yang setara tentunya.

Perhatikan gambar di atas, tampak adanya perbedaan dengan Matlab 2008. Pada Matlab 2007, gambarnya masih kurang baik menurut saya. Salah satu perbedaan lainnya adalah saat training tidak dijumpai bentuk GUI penjelasan training, melainkan hanya grafik saja.

Uji terhadap data pelatihan cukup baik dan mendekatai Matlab 2008, hanya saja ada dua data yang harusnya 6 tetapi dijawab 5,9997. Tetapi tentu saja dianggap berharga 6. Sedangkan untuk data lain (data yang sama dengan uji pada Matlab 2008) dihasilkan:

Ternyata hasilnya pun tidak jauh berbeda dengan Matlab 2008, yaitu error di kolom 2 yang disebabkan keluaran yang bernilai 12, jauh dari nilai saat pelatihan. Lebih baik Matlab 2008? Tunggu dulu, coba data lain misalnya logika OR.

Jika menggunakan cara di atas, untuk Matlab 2007 menghasilkan keluaran:

Sedangkan untuk Matlab 2008 menghasilkan keluaran:

Hal ini saya temukan ketika mengajar data mining di kelas Sistem Informasi Darma Persada, lab yang terinstall Matlab 2007 menghasilkan keluaran yang baik dibanding laptop saya yang terinstall Matlab 2008. Kalau ingin membuktikannya coba sendiri di komputer Anda. Salah satu keunggulan versi 2008 adalah dari sisi kompilasi (Deployment Project) yang sudah lengkap.

Iklan

One thought on “Matlab 2007 lebih baik dari pada Matlab 2008?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s