Habis Update Connectify LAN dan Wireless LAN Error ..

Bermula dari update windows yang terpending, muncul masalah di connectify. Connectify adalah salah satu software yang fungsinya mirip tethering pada android yaitu sharing koneksi internet. Koneksi internet yang hanya bisa dilakukan lewat kabel, dengan software ini laprop kita dapat berfungsi sebagai hotspot. Tadinya mungkin connectify error karena harus update, ternyata ketika software tersebut saya update, malah koneksi jaringan saya error. Sempat terfikir apakah harware lan card error, ternyata setelah saya booting dengan ubuntu, jaringan ok, berarti hardware tidak bermasalah.

Untuk mengetahui dimana errornya, lakukan langkah sederhana dengan mengklik kanan computer dan pilih property. Tampak spesifikasi windows Anda, jumlah RAM, tipe 64 atau 32 bit, dan lain-lain. Di bagian kanan atas ada “device manager” yang berfungsi untuk mengetahui hardware yang ada pada komputer kita, termasuk hardware yang error tadi.

Network adapter saya, tadinya muncul tanda “!” seru yang berarti ada masalah. Saya sempat pinjam laptop teman untuk mendownload driver laptop saya (Thosiba Satellite M840). Setelah itu saya coba install dengan driver tersebut, tetapi gagal. Jika saya klik kanan pada network dan pilih “detect new hardwware” laptop mampu mendeteksi network card saya tetapi ketika install driver otomatis, muncul pesan kesalahan.

  1. Langkah Klasik, Restore System

Langkah andalan saya adalah restore system, dan biasanya berhasil, begitu saran dari mbah google. Tetapi sayangnya restore point saya tidak ada yang berhasil, padahal tiap kali restore membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 15 menit. Giliran selesai, ada pesan restore gagal.

  1. Langkah Modern, Driver Cleaning

Semalaman saya surfing di internet untuk mengobati masalah ini. Beberapa menyarankan driver cleaner, misalnya CCcleaner, Wintools.net, System Ninja, dan sejenisnya, tetapi frustasi juga karena mereka hanya memasarkan produk mereka, sementara driver tidak kunjung benar. Bahkan dari youtube ada yang kasusnya seperti saya, tetapi sampai selesai dia hanya menunjukkan errornya saja tidak ada penyelesaiannya, begitu pula ketika saya baca komentarnya hanya berisi saran2 sederhana seperti restore dan install ulang windows.

  1. Langkah Sesuai Teori, Safe Mode

Akhirnya, sesuai dengan basic dari sistem operasi pada window, dikenal istilah safe mode, dimana windows beroperasi dengan driver minimal. Langkah masuk ke save mode adalah dengan menekan F8 ketika selesai booting komputer/laptop Anda. Piliah Safe Mode. Tentu saja saat menjalankan ini, masih ada sanksi di otak saya, berhasil atau tidak. Tetapi logika saya mengatakan bahwa sebenarnya Windows mampu mendetek lan card, hanya saja ketika menginstall driver, seperti ada yang menghalangi (mungkin karena connectify atau update windows yang terpending, belum jelas juga).

Setelah masuk ke “Device Manager”, saya terkejut juga ketika merefresh dengan klik “Scan for hardware Changes” ternyata LAN berhasil terdeteksi. Tinggal dag dig dug .. setelah keluar dari safe mode dan ke mode normal, apakah terdeteksi juga. Dan ternyata , Alhamdulillah .. OK.

Akhirnya langkah pamungkas yaitu install ulang windows tidak perlu dijalankan. Semoga bermanfaat.

Iklan

2 thoughts on “Habis Update Connectify LAN dan Wireless LAN Error ..”

  1. Saya juga pakai Connectify tapi belum pernah ngalamain masalah seperti diatas
    kalaupun ga bisa konek atau ga mau baca koneksi yg dishare paling sy restart aja Connectify nya dan beres

    1. Kalo windows update, jangan lupa restart, kalo belum restart kita udah update connectify tapi windows update belum restart biasanya problem di driver krn pending

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s