Sumber Data untuk Riset Komputasi

Data merupakan komponen penting dalam suatu riset. Sumbernya bisa secara langsung (data primer), bisa juga berasal dari sumber lain (data sekunder). Untuk menguji akurasi dari metode yang kita temukan mau tidak mau harus diuji dengan data real. Dengan berkembangnya internet, saat ini banyak lembaga-lembaga riset yang menyediakan data secara cuma-cuma. Tentu saja khusus riset tentang metode perbaikan dari metode yang ada karena jika risetnya tertuju pada lokasi tertentu maka mau tidak mau kita mengambil data dari lokasi tersebut.

Salah satu situs yang dapat dijadikan sumber data adalah https://archive.ics.uci.edu/ml/datasets.html yang berfokus pada machine learning dan intelligent system yaitu teknik-teknik yang dipakai dalam proses data mining dan decision support system. Situs ini berisi data-data yang sudah digunakan sejak tahun 1987 oleh David Aha ketika masih menjadi mahasiswa di UC Irvin.

Situs lainnya ada yang unik karena selain menyediakan data juga sebagai tempat kontes akurasi dalam menangani “big data” dengan hadiah yang lumayan besar. Dapat di akses di http://www.kaggle.com/ dengan terlebih dahulu sign up jika Anda belum memiliki akun. Karena bekerja dengan format big data maka pastikan akses internet Anda cepat karena data yang di download besarnya terkadang dalam gigabyte.

Selain mendownload dan mengikuti kontes/lomba kita dapat juga menguji hasil olah data yang telah kita lakukan dengan mengupload data hasil oleh sesuai format yang diminta (biasanya csv) dan langsung mengetahui rankingnya walaupun kontes sudah tidak dilombakan lagi dan pemenangnya sudah diperoleh.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Asian Institute of Technology, Data Mining, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.