Bersahabat dengan Sigma

Bagi orang-orang ilmu komputer simbol sigma (∑) sudah menjadi santapan sehari-hari. Mau dihindari, tapi selalu ketemu. Apa boleh buat, terpaksa ditelan bulat-bulat. Simbol ini sebenarnya mempersingkat bahasa kita yang artinya “jumlah”. Tetapi kebiasaan pengajar di Indonesia yang suka melihat mahasiswanya pusing, malah menakut-nakuti. Perhatikan fungsi objektif yang harus diselesaikan oleh Fuzzy-CMeans clustering, dibikin gampang ya gampang, dibikin susah ya susah aja:

(1)

Misalnya tukang ojek kerja dari hari senin sampai kamis (i=[1;4];), dengan penghasilan pada hari senin, selasa, rabu, kamis, berturut-turut 50, 70, 80, 100 ribu. Kalau dibuat tabelnya di matlab:

Misalnya ada rumusan seperti ini:

(2)

Dimana Y= total setoran, i= hari ke-i, dan xi = setoran hari ke-i. Kan sama saja dengan pernyataan “setoran lue dari hari senin sampai hari kemis berape?”. Tukang ojek-nya terus buka Matlab:

Ketemu hasilnya 300 ribu. Tentu saja bukan hanya untuk tukang ojek, bisa juga untuk dosen yang nyambi sana nyambi sini. Dari SD kita memang sudah dikenalkan dengan tabel dan saat kuliah sudah terbiasa dengan yang namanya Excel (spreed sheet) untuk mengolah data. Tetapi untuk ilmu komputer yang terkadang excelnya aja tidak bisa mengimport data yang saking besarnya, pemahaman tentang penyakit sigma menjadi wajib. Coba saja download dan import ke excel yg ukurannya di atas 1 Gb data di www.kaggle.com.

(3)

Apalagi nih? Misalnya, karena motornya ditarik akibat beberapa bulan jadi buronan dealer, si tukang ojek jualan di kampung oncom tiga jenis gorengan, oncom, misro, combro. Supaya gampang nulisnya j1, j2, j3. Seperti biasa dia dagang empat hari, senin sampai kamis dan lagi-lagi supaya gampang i1,..,i4. Tiap hari dicatet keuntungan tiap gorengan per hari (dalam ribuan):

Mungkin karena nama kampungnya kampung “oncom”, makanya oncom lebih laris. Kemudian di hari kamis pas mau tutup, satpol pp menghampiri dan minta 10% untuk pajak. Jadi harus dihitung dulu penghasilannya dari hari senin, kembali dia buka Matlab:

Ketemu hasilnya, total = 99 ribu. Kasih dah ke satpol PP pajak 10% = 5 ribu …. karena ngakunya cuma dapet 50 ribu. Sekian dulu tulisan hiburan akibat baca2 jurnal yg ada rumusan kayak begini:

Objective Function

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s