Memulai Fragstats untuk Analisa Sprawl

Seperti telah dibahas pada postingan sebelumnya, Fragstats sangat baik digunakan untuk analisa sprawl (entah apa padanan kata bahasa Indonesia untuk istilah “sprawl”). Ada baiknya unduh tutorial Fragstats yang disediakan oleh vendornya di link berikut ini. Setelah dicoba ternyata Fragstats membutuhkan GIS tool, misalnya ArcGIS untuk melihat hasil olah statistik. Gambar di bawah ketika tutorial1 dibuka dengan ArcMap 10.

Kalau dilihat sekilas sepertinya menggunakan format data Grid dengan ekstensi TIF. Tutorial yang didownload dalam bentuk zip tersebut ternyata disediakan pula file-file pendukung untuk praktek berupa file *.mxd standar ArcGIS. Masih sedikit video yang dishare di youtube tentang penggunaan Fragstats. Sempat menemukan, tapi bahasanya Perancis.

Ada juga beberapa yang bagus dan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Link video di bawah ini cukup baik untuk mengolah data di ArcGIS sebelum diekspor ke Fragstats untuk dianalisa. Semoga dapat digunakan untuk menghitung Patch Density (PD), Landscape Shape Index (LSI), Euclidean Nearest-Neighbor Distance (ENN), dan Mean Patch Size (MPS).

Iklan

One thought on “Memulai Fragstats untuk Analisa Sprawl

  1. […] Seperti telah dibahas pada postingan terdahulu, sprawl yang artinya pembukaan lahan baru perkotaan, berdampak negatif terhadap lingkungan. Mengetahui perkembangan sprawl suatu wilayah dapat membantu mengurangi dampak negatif tersebut. Banyak riset yang sudah membahas masalah sprawl pada daerah urban yakni (Pham and Yamaguchi, 2011; Sun et al., 2013; Yue et al., 2013). Rata-rata software yang digunakan adalah Fragstats (lihat postingan terdahulu). […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s