Analisa Sprawl dengan FRAGSTATS

Sprawl yang artinya pembukaan lahan baru perkotaan, berdampak negatif terhadap lingkungan. Jika tidak diawasi maka akibatnya dapat dirasakan hingga generasi yang akan datang. Sprawl berkaitan dengan perkembangan lahan (land use growth) dimana suatu kota yang tidak sanggup lagi menampung penambahan kebutuhan lahan dan bergeser ke wilayah sekitarnya (vicinity). Untuk itu perlu menganalisa Sprawl agar pengambil kebijakan dapat memprediksi laju Sprawl ini. Salah satu perangkat lunak yang baik dan sering digunakan oleh peneliti adalah Fragstats. Software ini gratis dan dapat diunduh di situs ini. Ukurannya lumayan kecil, hanya 5 Mb.

Software ini kompatible dengan ArcGis versi 10 dengan format Grid. Selain software, vendor juga menyediakan tutorial lengkap dengan data sample yang akan diolah. Di bawah ini tampilan awal setelah menginstall perangkat lunak tersebut dan siap digunakan untuk menganalisa Sprawl. Rencananya akan digunakan di Jabotabek (JMRR), khusus ke arah barat (Bekasi kota, Bekasi kabupaten, dan Bogor utara).

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat digunakan untuk menganalisa Sprawl suatu wilayah. Terlebih dahulu unduh citra satelit USGS yang sudah dijelaskan pada post sebelumnya.

Penulis: rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

3 tanggapan untuk “Analisa Sprawl dengan FRAGSTATS”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.