Belajar Aplikasi Vertikal (Vertical Application)

Aplikasi (application) banyak macamnya; dari sistem operasi/middleware, hingga software. Salah satu apllikasi yang sering digunakan oleh mahasiswa adalah vertical application. Berbeda dengan horizontal application yang ditujukan untuk pengguna umum dengan tingkat keahlian yang beragam, vertical application ditujukan untuk pengguna khusus yang terbatas dengan proses bisnis tertentu. Bagi pengguna yang tidak memiliki pemahaman tertentu terhadap ruang lingkup keilmuan aplikasi vertikal, aplikasi tersebut sepertinya tidak bermakna. Pengguna, oleh karena itu, perlu belajar terlebih dahulu ilmu yang mendasarinya.

Untuk mempelajari satu bidang ilmu terkadang butuh beberapa bulan, bahkan tahunan. Padahal, seorang insinyur informatika perlu secepatnya memahami ilmu yang menyertai aplikasi vertikal untuk membantu atau bekerjasama dalam suatu tim dengan stakeholder lain. Untungnya, kebanyakan aplikasi menyediakan dokumentasi yang disediakan dalam konten help-nya yang sangat bermanfaat bagi pengguna yang kurang begitu memahami domain dari aplikasi vertikal yang akan digunakan. Fasilitas inilah yang menjadi andalan untuk mempelajari ilmu dasar aplikasi vertikal. Contoh di bawah ini adalah help pada aplikasi vertikal tentang ecology landscape yang membantu menganalisa data spasial dari aspek statistik yang berhubungan dengan ekologi dan lansekap.

Contoh aplikasi vertikal di atas adalah Fragstats (lihat postingan sebelumnya) yang bekerja dengan mode raster (grid/image/ascii). Ketika dibuka dan membuat model analisa baru, akan muncul pilihan patch metrics, class metrics, dan lanscape metrics. Istilah-istilah tersebut dapat dipelajari lewat help pada gambar di atas. Aplikasi ini gratis, hanya saja untuk melihat hasilnya butuh aplikasi lain yang belum tentu gratis, misalnya ArcGis.

Mempelajari ilmu dasar lewat help dapat mempercepat kemampuan dalam penggunaan suatu aplikasi vertikal walaupun tentu saja, perlu juga membaca literatur-literatur tentang ilmu yang mendukung aplikasi tersebut. Selamat mencoba aplikasi vertikal yang banyak tersedia saat ini.

Iklan

One thought on “Belajar Aplikasi Vertikal (Vertical Application)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s