Menyamakan Koordinat Raster ArcGIS dengan IDRISI

Untuk melakukan klasifikasi citra satelit, diperlukan cropping agar mempercepat proses berdasarkan study area. Pada IDRISI proses cropping menggunakan fasilitas WINDOW. Proses ini memerlukan area pemotongan yang merupakan peta study area. Karena biasanya peta study area dibuat dengan ArcGIS maka perlu sinkronisasi ke IDRISI.

Proses konversi study area dari ArcGIS ke IDRISI memerlukan file ASCII. Buka toolbox Raster to ASCII di ArcGIS dengan men-search. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengeset Environment setelah menginput peta study area dan nama file output-nya.

Setelah menekan Environment, pilih Output Coordinates yang diarahkan ke file satelit hasil konversi GeoTIFF ke Raster (contohnya b1.rst).

Tunggu beberapa saat setelah menekan OK, hingga ArcGIS menampilkan pesan berhasilnya proses konversi RST menjadi ASCII. Berikutnya untuk menguji kecocokan proyeksi, buka IDRISI dan impor file ASCII tersebut.

Perhatikan gambar di bawah ini. Study area sudah sinkron dengan peta satelit (hasil konversi GeoTIFF ke RST). Sayang tile peta satelit tidak pas ke study area.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s