Problem Erase dan Clip di ArcGIS

Clipping dan Erasing merupakan teknik geoprocessing penting dalam ArcGIS. Fungsi utamanya adalah menghasilkan peta dengan lebih berfokus pada wilayah tertentu. Postingan terdahulu sudah dibahas bagaimana melakukan proses Erase, atau yang dikenal dengan inversi dari Clip. Hanya saja beberapa hari yang lalu dijumpai masalah ketika dilakukan proses Clip atau Erase, tidak ada hasilnya (tidak ada yang berubah, walau tidak ada pesan error). Ternyata masalah utamanya adalah beda proyeksi antara peta yang mau di-clip dengan clipper-nya. Walaupun dua peta terbuka dan tampak sinkron ketika dibuka besamaan di ArcGIS tetapi jika beda proyeksinya (atau salah satunya tidak memiliki proyeksi) maka tidak dapat dilakukan geoprocessing dengan peta lainnya. Untuk itu lakukan penyamaan koordinat dengan langkah-langkah di bawah ini.

Pada Arc Catalog, sorot Clipper yang digunakan untuk memotong. Klik kanan dan masuk ke Properties untuk mengeset suatu shapefile.

Pilih XY Coordinate System untuk menyesuaikan Clipper dengan peta yang akan di-clip. Salah satu cara termudah adalah dengan memilih koordinat yang sama dengan peta yang akan di-clip. Pilih layer dan cari peta yang akan diclip pada list yang tersedia. Tidak harus sama dengan yang di-clip sebenarnya, bisa peta lain yang sama koordinatnya.

Barulah setelah ditekan OK, proses Clip dan Erase dapat dilakukan dengan cara seperti biasa. Proses Clip terletak di menu Geoprocessing sedangkan erase harus dicari di menu Search dan masukan kata kunci Erase.

Area merah muda jika ingin dikurangi dengan area biru pada gambar di atas, fungsi yang digunakan adalah erase. Masalah proyeksi dan koordinat adalah masalah dasar dalam ArcGIS yang penting dikuasai terlebih dahulu oleh pengguna yang baru belajar GIS. Selamat mencoba.

Penulis: rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

3 tanggapan untuk “Problem Erase dan Clip di ArcGIS”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.