Tip dan Trik Klasifikasi Lahan di IDRISI

IDRISI (diambil dari kata Al-Idrisi, ahli geografi timur tengah yang juga keturunan Nabi Muhammad SAW) merupakan aplikasi untuk pemodelan land use/cover. Citra satelit yang terdiri dari 7 band frekuensi harus diklasifikasi menjadi beberapa kategori lahan. Standar klasifikasi biasanya menggunakan referensi dari Anderson et al, (link).

Untuk Unsupervised Classification dapat dengan mudah menggunakan fungsi “ISOCLUST” pada IDRISI asalkan memiliki beberapa Band frekuensi citra satelit hasil unduhan dari USGS. Nah, satu tugas yang menjengkelkan adalah mengklasifikasi ulang citra hasil kluster menjadi klasifikasi yang kita inginkan, apakah pemukiman, jalan, cropland, vegetation, dan lain-lain. Yang merepotkan adalah IDRISI menggunakan format “range” untuk menentukan warna hasil unsupervised classification. Postingan ini sedikit sharing cara mudah untuk klasifikasi ulang (reclassify) bahkan untuk yang buta warna sekalipun.

Perhatikan hasil ISOCLUST (Iteratif Self-Orginizing cluster analysis) di atas. Bagaimana kita tahu warna yang menunjukan air, pemukiman, jalan, dan lain sebagainya? Cara terbaik masih menggunakan citra komposit yang menghasilkan citra yang cocok menunjukan air, pemukiman, jalan, dan seterusnya. Namun yang termudah adalah dengan menekan satu persatu kota warna dan melihat kira-kira warna itu menunjukan apa. Misalnya warna ke-empat dari atas diklik, maka menunjukan citra di bawah ini yang dapat dipastikan itu adalah pemukiman/bangunan.

Bagaimana cara membuat tabel konversi dari sepuluh warna di atas menjadi beberapa kelas penting saja? Caranya adalah dengan pertama-tama menyalin warna di atas. Berikutnya konversi urutan dari atas menjadi kelasnya.

Walaupun di bagian tabel: 4 2 3 dan 4 3 4 bisa digabung menjadi 4 2 4 tetapi dengan redundancy di atas dapat mengurangi error. Perhatikan kolom bagian tengah tabel tetap rapi tersusun angka 1 sampai 10 sesuai dengan hasil klasifikasi ISOCLUST. Hasilnya seperti di bawah ini, semoga bermanfaat.

 

 

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Geographic Information System. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.