Mengunduh Peta Wilayah Indonesia

Ketersediaan data spasial wilayah Indonesia saat ini tidak perlu dikhawatirkan lagi karena kita sudah memiliki website khusus wilayah Indonesia, dengan kebijakan satu peta. Berbeda dengan ketika saya riset saat kuliah, dulu agak kerepotan untuk mengunduh shapefile peta wilayah di Indonesia. Jika ada, terkadang berbayar, kecuali Anda mujur memperoleh unduhan gratis dari orang yang men-share peta-nya.

Geospasial Untuk Negeri

Situs ini merupakan situs resmi milik pemerintah untuk mengunduh informasi mengenai seluruh wilayah Indonesia. Untuk mengunduhnya Anda perlu mendaftar (register) terlebih dahulu. Prosesnya tidak terlalu lama, hanya sedikit mengetik informasi kita di form yang disediakan. Ada tiga langkah yang diperlukan, antara lain:

Buat “username” disertai dengan password. Sertakan email valid yang fungsinya untuk konfirmasi. Email yang diisikan tidak harus email resmi, boleh gmail, yahoo, dan email gratisan lainnya. Jika sudah, klik “lanjut” di pojok kanan bawah, untuk masuk ke “step 2”.

Langkah kedua berisi informasi mengenai pekerjaan kita. Isi saja apa adanya, dilanjutkan dengan menekan tombol “Lanjut” jika sudah selesai.

Jika telah mengisi form ini, di bagian kanan bawah akan muncul tombol “Selesai” yang artinya kita telah selesai mengisi seluruh form yang ada. Selanjutnya buka email Anda dan pastikan ada email dari application.support@big.go.id. Tekan tombol “Verifikasi Email”.

Selanjutnya Anda sudah bisa login ke situs geospasial Indonesia. Silahkan masuk ke wilayah yang ingin Anda unduh, misalnya kabupaten Bekasi.

Untuk mengunduh suatu wilayah, cukup arahkan mouse ke lokasi tersebut. Secara otomatis nanti wilayah tersebut akan menyala. Oiya, sebelumnya masuk terlebih dahulu ke nemu “Dowload” – “Peta per Wilayah”.

Setelah itu pastikan muncul peta Indonesia. Arahkan menggunakan mouse ke wilayah yang ingin diunduh. Untuk zoom in/out gunakan schrol pada mouse Anda. Silahkan login terlebih dahulu sebagai syarat untuk mengunduh.

Pilih 25k ketika ada form yang muncul di dekat wilayah tersebut. Jika sudah diklik maka Anda akan siap mengunduh file rar wilayah tersebut.

Tekan simbol unduh di dekat wilayah tersebut. Simpan di tempat yang Anda inginkan dan pastikan hasil download bisa diekstrak. Saya cukup tercengang karena bukan hanya peta wilayah yang tersedia, peta tematik lainnya seperti niaga, industri, danau, sungan, bahkan kabel listrik pun tersedia .. cek cek cek. Gambar di bawah setelah dibuka dengan ArcGIS disertai modifikasi pada label tertentu di peta. Kenapa tidak dari dulu dibuatnya ya, padahal waktu kuliah dulu nyari-nyari informasi tersebut.

 

Penulis: rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 Pekerjaan: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada : 2008 - Skrg Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.