Menambah Artikel di ORCID

Orcid (https://orcid.org) merupakan situs identifikasi peneliti yang berisi nomor dan identitas lainnya. Salah satunya adalah artikel-artikel yang telah dipublikasi. Masuk terlebih dahulu ke situs ORCID dan jika belum punya akun, silahkan register terlebih dahulu.

Setelah masuk akan muncul informasi seperti pekerjaan, pendidikan, dan publikasi. Link dapat dishare agar orang lain bisa melihat CV kita lengkap. Misalnya link ORCID saya ini.

A. Menambahkan Secara Manual

Di bagian atas artikel-artikel, dapat diklik beberapa metode penambahan publikasi, seperti DOI, BIBTEX, dan salah satunya adalah “add manually”. Biasanya jurnal-jurnal lokal ber-ISSN belum memiliki DOI jadi harus dimasukan secara manual.

Masukan informasi mengenai tulisan yang akan didaftarkan ke ORCID Anda. Isian yang ada tanda bintangnya wajib ada. Jika sudah tekan “add to list” di bagian bawah.

Pastikan isian baru muncul di daftar publikasi.

B. Dengan DOI

Jurnal internasional atau jurnal nasional terakreditasi, dari Sinta 1 sampai 6 pasti memiliki DOI. Karena wajib memiliki DOI, misalnya jurnal yang saya kelolo ini (Jurnal Piksel). Persiapkan DOI yang akan Anda daftarkan ke daftar publikasi ORCID Anda, misalnya dari Scopus saya, ada tulisan yang belum dimasukan dengan DOI: 10.30534/ijatcse/2019/4381.52019.

Kembali masuk ke daftar list artikel di ORCID, tekan add lewat DOI. Masukan DOI ketika diminta.

Setelah diklik “retrieve work details” informasi mengenai judul, nama jurnal, akan muncul. Tekan “add to list” ketika sudah yakin informasi-informasi lainnya.

Jika ingin mengintegrasikan ORCID ID ke Scopus silahkan lihat tautan berikut. Sekian semoga bermanfaat.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Komputer dan Masyarakat, Riset dan Penulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.