Typing Test Online

Saat ini mengetik merupakan aktivitas yang kurang diminati oleh anak-anak muda. Mereka lebih menyukai aktivitas lain yang tidak kalah menarik yaitu pembuatan video. Blog sepertinya kalah menarik dibanding Vlog lewat aplikasi andalannya Youtube. Hal ini didukung oleh “monetisasi” dari Youtube yang sangat menggiurkan. Penghasilan dari konten bahkan melebihi pegawai yang bekerja di kantor atau industri.

Di sisi pendidikan, mengetik tetap dibutuhkan mengingat skripsi atau tugas akhir membutuhkan laporan yang diketik rapi. Jumlah halamannya pun bisa mencapai 40 hingga 100 halaman. Jika lambat mengetik tentu saja membuat siswa lama lulusnya. Copy-paste yang kerap jadi andalan mahasiswa era 90 – 200-an sudah sulit karena banyaknya plagiarism check, ditambah lagi nanti naskah yang di-upload id RAMA (http://rama.ristekbrin.go.id/) harus memiliki nilai similarity (kemiripan dengan naskah orang lain) yang kecil. Jadi mau tidak mau mahasiswa harus mengetik sendiri. Nah, repotnya untuk belajar mengetik, butuh waktu, usaha, dan kesabaran.

Pada postingan yang lalu telah dibahas jenis-jenis keyboard yang ada saat ini. Kebanyakan yang beredar adalah QWERTY. Keyboard standar ini sebenarnya agak merepotkan karena misalnya, huruf “a” yang sering digunakan ternyata terletak di kelingking pada rumah jari. Namun karena sudah terlanjur digunakan orang banyak, terpaksa menjadi standar karena sulitnya orang kalau harus merubah posisi huruf/angka di keyboard.

Beberapa situs menyediakan cara meningkatkan keterampilan mengetik, disertai dengan game-game yang menarik. Untuk standar mengetik bisa menggunakan situs tes pengetikan (Typing Test) ini. Gunakan saja waktu 1 menit untuk tes biar tidak lelah.

Statistiknya juga bagus, beberapa tombol yang kurang kita kuasai diberi tahu, sehingga bisa lebih fokus terhadap huruf-huruf tersebut. Selain itu, situs tertentu berisi game-game online yang beradu kecepatan mengetik dengan orang lain di seluruh dunia, misalnya di 10fastfinger.com. Untuk mudahnya kita cari saja lawan dari Indonesia. Repot juga kalau mengetik tulisan ber-Bahasa Inggris. Untuk memulainya kita harus Sign-in dulu, bisa lewat facebook.

Sepertinya masih banyak anak-anak muda yang mengetiknya cepat (saya ranking 16 dari 41 peserta). Sepertinya Blogger masih tetap eksis dan hobby menulis masih jadi primadona. Dibanding dengan vlog yang boros kuota, blogger jauh lebih efisien. Berikut link video bincang-bincang masalah ini. Sekian, semoga bisa menginspirasi.

Tentang rahmadya

I'm a simple man .. Lahir di Sleman Yogyakarta, 7 Juni 1976 PENDIDIKAN: TK : - (tidak ada TK di tj Priok waktu itu) SDN : Papanggo, Jakarta 83 - 89 SMPN : 129, Jakarta 89 - 92 SMAN : 8, Yogyakarta 92 - 95 Univ. : Fak. Teknik UGM, Yogyakarta 95 - 2001 Pasca. : Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri, Jakarta 2008 - 2010 Doctoral : Information Management Asian Institute of Technology, Thailand 2013 - 2018 PEKERJAAN: Tek. Komputer AMIK BSI Jakarta : 2002 - 2005 IT Danamon Jakarta : 2005 - 2008 Tek. Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta : 2005 - 2008 Univ. Darma Persada Jakarta: 2008 - 2013 Fakultas Teknik Universitas Islam "45" Bekasi : 2008 - Skrg ( Homebase) Univ. Bhayangkara Jakarta Raya: 2018 - Skrg Univ. Nusa Putra Sukabumi: 2018 - Skrg
Pos ini dipublikasikan di Unisma. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.