Running JApplet Pada Browser

JApplet merupakan fasilitas java yang dapat berjalan pada web lewat browser (chrome, mozilla, safari, dll). Berbeda dengan PHP yang terletak di sisi server (server side), applet berjalan di sisi klien (client side). Versi terbaru dari Applet adalah JApplet yang mempermudah programmer merakit GUI pada Netbeans.

Karena sifatnya yang berjalan di sisi klien, beberapa browser menganggap Applet berbahaya dan tidak lagi disarankan, seperti flash yang lebih dulu dihentikan operasinya. Apalagi dengan bahasa Java yang powerful, jika Applet itu dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, akan merugikan pengguna karena sifatnya yang ‘mengunduh’ dan ‘eksekusi’ di komputer klien. Namun, Chrome masih melihat manfaat Applet sehingga memasukan ekstensinya agar bisa menjalankan browser: https://chrome.google.com/webstore/detail/cheerpj-applet-runner/bbmolahhldcbngedljfadjlognfaaein/related.

Namun Applet tidak bisa dijalankan tanpa menggunakan server, oleh karena itu terlebih dahulu harus menginstall server, misalnya Apache pada XAMPP.

Build Applet pada Netbeans setelah selesai dirakit dan dites. Sisipkan dengan kode berikut di bagian body.

<applet code=TicTacToe.class

archive=”TicTacToe.jar”

width=120 height=120>

</applet>

Misalnya kelas yang akan diakses ‘TicTacToe.class’ dengan JAR hasil build ‘TicTacToe.jar’. Ekstensi ‘class’ merupakan hasil build (atau clean and build). Jalankan aplikasi via browser dengan mengakses alamat web, dan jalankan extension chrome utk applet. Tunggu beberapa saat dan pastikan aplikasi berjalan dengan baik.

Silahkan lihat video youtube ini untuk lebih jelasnya, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.