Big Data dengan Matlab

Dulu saya pernah menggunakan Matlab dengan paralel prosesing (pos yang lalu). Caranya dengan menjalankan serempak aplikasi Matlab beberapa kali. Tetapi saat ini, Matlab terbaru menyediakan fasilitas Big Data.

Salah satu fasilitasnya adalah dengan menyediakan ‘workers’, yaitu proses terpisah, istilah lain dari processor. Selain itu disediakan pula sejenis matriks tetapi hanya sebagian yang ditampilkan, dikenal dengan nama ‘Tall Array’. Fasilitas ini memungkinkan pemodel merakit model tanpa khawatir berat akibat menguji dengan seluruh data. Dengan Tall array tidak seluruh data dirunning, hanya beberapa saja, yang penting jalan. Jika model yang dirakit sudah ok dijalankan dengan Tall Array, maka untuk menjalankan total data dengan instruksi ‘gather’. Silahkan baca lagi postingan tersebut untuk detilnya.

Untuk mengeksekusi Big Data dan Deep Learning, ada baiknya anda menggunakan laptop/komputer dengan GPU dengan compute ability di atas 5. Khusus Windows, silahkan diset GPU agar idle time diperpanjang, mengingat Windows ketika melihat GPU ‘nganggur’/idle, akan direset, padahal tidak idle, melainkan sedang mengeksekusi program. Silahkan lihat cara mengeset di sini.

Untuk mengetahui bagaimana menggunakan Matlab untuk aplikasi Big Data, silahkan lihat video berikut ini. Sekian selamat mencoba.

REF: https://www.mathworks.com/matlabcentral/answers/22047-cuda_error_launch_timeout

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.