Beragam Cara Mengakses Application Programming Interface

Application Programming Interface (API) merupakan teknologi dasar pengusung Microservices. Teknologi ini membuat pengguna dan pengembang mudah dalam mengakses data yang lintas platform. Tiap API yang telah dibuat dapat diakses oleh platform tertentu baik system operasi, software, jenis database, dan lain-lain. Sehingga service yang diberikan jadi lebih baik lagi kepada pengguna.

Banyak cara dapat dilakukan untuk mengakses API, antara lain lewat web maupun mobile. Untuk web dapat dilakukan dengan php maupun JavaScript. Data yang disediakan API saat ini berjenis eXtended Markup Language (XML) dan JavaScript Object Notation (JSON), tapi kebanyakan JSON karena lebih mudah.

A. HTML

Pada dasarnya API dapat diakses langsung lewat browser, kecuali untuk yang butuh token (seperti password). Video berikut memperlihatkan cara mengakses API via HTML, tentu saja dengan bantuan JavaScript.

B. PHP

PHP merupakan Server-Based Language sehingga membutuhkan server, misalnya Apache. Dibutuhkan fungsi membuat table dengan php, seperti video berikut ini.

C. Android

Salah satu keunggulan API adalah mirip tombol yang Ketika ditekan langsung dapat diakses oleh beragam platform, salah satunya Android. Berikut salah satu contoh akses mobile dengan MIT app inventor yang menghasilkan program apk yang dapat diinstal di handphone, lihat ilustrasi singkatnya pada video berikut. Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.