Pertemuan I & II: Software Engineering

Pertemuan I : Software Engineering

Dosen: Dr. Sularso Budilaksono (FTI Univ Persada Indonesia)

S1 Ilkom UGM

S2 Ilkom UI

S3 Teknologi Pendidikan UNJ

No HP : 081 3260 XXXX

Sebelum dimulai perumusan materi yang diajarkan, tiap siswa diminta menuliskan properti yang dimiliki sebagai pedoman (di luar negeri, software engineering sudah berorientasi object semua).

Nama : …………….

Bid. Pendidikan S1 : …………….

PTS/PTN S1 : …………

Software Pemrograman

– Non OO : ………………..

– OO : ………………….

Software Database

– Non Client Server : …………

– Client Server : ………….

Pengertian software engineering di Indonesia masih rancu. Di luar negeri software engineer sudah masuk kategori profesi. Software Engineering merupakan akumulasi mata kuliah komputer (jaringan, pemrograman, database dan sebagainya.

Untuk membedakan antara software engineering dengan engineering lainnya bentuk produksinya (volume dan kwalitas). Ada perbedaan antara hardware dengan software dengan karakteristiknya (tidak perlu suku cadang, yang menyusut fungsinya, bisa ganti komponen – untuk OO program, bisa direkayasa). Perangkat lunak bisa dikatakan gabungan antara jasa dan produk dari hasil keluarannya.

Dalam membuat database, saat ini sudah menggunakan tools, dimulai dari rasional/logical – tools/phsical – Table/schema

Hasil keluaran software engineering tidak hanya coding, program dan sejenisnya, tetapi disertai juga dokumentasi lengkap (ER-D dan diagram-diagram lainnya).

Constraint (batasan) software engineering antara lain:

  1. Kualitas
  2. Requirement
  3. Biaya/Cost
  4. Time
  5. Maintainability

Software Engineering berkolerasi dengan 4P (Produk, Proses, Personil, Proyek).

Pemakai perangkat lunak memiliki masalah antara lain: kompleks, banyak alternatif, teknologi yang cepat obsolet (usang).

Contoh program yang digunakan pemerintah untuk merekam transaksi akademik suatu perguruan tinggi : EPSBED. Program ini menggunakan visual foxpro, under windows. Program ini selalu merubah versinya.

Dibahas mitos dan realitas yang terjadi dalam aktivitas software engineering (lihat slide).

Karena produk dari software engineering mengandung unsur jasa, maka tidak ada standarisasi.

Dibutuhkan alat bantu (tools) dalam menghasilkan produk software engineering. Tools di sini bukan hanya sekedar drawing. Contoh:

  1. Datanamics DeZign (Datanamics perusahaannya, Dezign produksnya, seperti microsoft access, dan lain-lain).
  2. Power Designer (versi 5 dan 6 masih ERD + Activity, sedangkan untuk versi baru 12, sudah berbasis obyek).
  3. Visual Paradigm (object oriented).
  4. Silverun (DFD level rinci/detil)
  5. BlueJ
  6. NetbeansBlueJ

DeZign sudah diberikan oleh Pa Sulastro, kemudia diberi latihan membuat database dengan menggenerate database dari tabel beserta relasinya.

Bila melibatkan pihak ketiga, software engineering lebih rumit lagi dalam manajemen proyeknya. Pihak yang terlibat dalam pengembangan software disebut stakeholder (Developer, Customer, Financial Support, dan sebagainya).

PR:

Buatlah Rancangan ERD dengan tools kasus sbb :

1. Perusahaan penerbitan memproduksi buku pengetahuan berbagai mata pelajaran. Buku tersebut ditulis oleh pengarang yang spesialisasi hanya satu pelajaran. Perusahaan memperkerjakan banyak editor yang harus spesialisasi di satu mata pelajaran untuk melakukan editing buku yang akan dipublikasikan. Seorang pengarang dapat menulis banyak buku pada mata pelajaran yang menjadi spesialisasi dia

Petunjuk : harus ada entitas pengarang, editor, mata pelajaran, buku dengan jumlah dan tipe atribut, kardinalitas dan calon primary key diserahkan pada anda.

2. Sebuah RS memiliki banyak klinik (mata, jantung, gigi, dll). Tiap pasien harus memiliki satu informasi Rekam Medis yang menerangkan riwayat penyakit dan riwayat pemerikasaan pada suatu klinik di RS tersebut. Seorang dokter hanya bertugas di satu klikik dan satu klinik dpt memiliki banyak dokter. Tgl periksa pasien, nama dokter dan ID klinik harus tercantum di Rekam medis ketika pasien diperiksa.

Petunjuk : harus ada entitas pasien, dokter,klinik, rekam medis dengan jumlah dan tipe atribut, kardinalitas dan calon primary key diserahkan pada anda.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s