Mengkoneksikan VB dengan ODBC

Open Database Connectivity (ODBC) merupakan alat bantu buatan Windows untuk menghubungkan suatu aplikasi dengan database tanpa langsung terhubung. Untuk itu kita harus membuat ODBC dari database yang telah kita buat. Jika sudah terbentuk, VB akan berkomunikasi dengan database lewat ODBC. Keuntungannya adalah jika kita akan migrasi ke software database lain, atau dalam satu aplikasi dilayani oleh lebih dari satu jenis database application, kita tidak perlu merubah setingan program.

Buka Control Panel cari ODBC (untuk windows 7, bisa di cari di search ). Untuk windows xp, cari di Administrative Tools.

Pilih jenis driver yang sesuai, dalam hal ini Microsoft Access Driver (*.mdb, *.accdb). Klik Finish dan dilanjutkan dengan pembuatan nama ODBC. Pilih Database yang dituju:

Jika Anda berhasil membuat ODBC lengkap dengan target databasenya, pada jendela ODBC tampak database Anda.

Buka VB6 project yang lalu. Sekarang akan kita coba dengan menggunakan ODBC. Sorot objek ADODC1 yang menghubungkan vb dengan database.

Klik Build karena akan kita ganti koneksi dengan ODBC. Pilih provider: Microsoft OLE DB Provider for ODBC Driver karena kita akan menggunakan ODBC. Klik Next . Pilih ODBC yang baru saja Anda buat (Material).

Test Koneksinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s