Membuat diagram blok dengan Simulink matlab

 

Simulink adalah salah satu alat bantu dalam matlab khusus untuk perancangan diagram blok. Untuk membuatnya, klik icon di Matlab. Tunggu beberapa saat hingga matlab memunculkan jendela simulink. Untuk menggambar diagram blok baru klik icon (new) pada jendela Simulink Library browser. Gambar bentuk contoh di bawah ini.

Perhatikan cara membuatnya sebagai berikut: Step didrag dari Source, begitu juga Constant. Display dan Scope diambil dari Sink. Sementara Add diambil dari Math Operation. Transfer Fcn diambil dari Continuous. Dobel klik tiap komponen untuk mengganti harga parameter. Misalnya kita ingin mengganti harga parameter Step sebagai set point yaitu 80. Isi final value dengan harga 80.

Begitu juga dengan constant, beri harga -10. Di sini kita ambil contoh pemanas yang akan memanaskah suhu hingga 80 derajat tetapi menerima gangguan dari lingkungan sekitar misalnya 10 derajat di bawah harga set pointnya. Untuk mensimulasikan, klik icon (run) dan ganti angka di sebelah kanannya sesuai keinginan. Defaulnya adalah 10 detik, Anda bisa mengganti menjadi 100 detik atau lebih sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya tampak pada gambar di bawah ini.

Perhatikan sistem tidak mampu menjaga suhu tetap 80 derajat karena ada gangguan sekitar -10 derajat, jadi ada error sebesar 10 derajat. Pertemuan yang akan datang akan dibahas cara menjaga suhu tetap 80 derajat walaupun ada gangguan dari lingkungan dengan batas-batas tertentu.

Iklan

One thought on “Membuat diagram blok dengan Simulink matlab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s