Virus Trojan

Firewall dan Keamanan Data/01.05.2013/Teknik Komputer

Istilah trojan berasal dari kuda trojan yang merupakan strategi Yunani untuk memasuki Troy. Kuda patung yang berisi prajurit akhirnya bisa masuk dan menguasai Troya (http://en.wikipedia.org/wiki/Trojan_Horse). Prinsip ini digunakan oleh hacker untuk memasuki kumputer yang dituju. Caranya adalah membuat sebuah program yang biasanya menarik dan gratis. Ketika diinstal di komputer, ternyata membuka port tertentu yang digunakan untuk memasukan virus.

Prinsip trojan sebenarnya tidak selalu negatif. Kebanyakan software yang ada unsur “UPDATE” selalu membuka port ketika diinstal. Misalnya program XAMMP berikut ini yang akan membuka port: 3306 ketika dijalankan. Untuk mengetahui port apa saja yang terbuka di komputer kita dapat dilakukan dengan mengetik netsat di command prompt.


Sekarang coba jalankan XAMPP dengan menekan tombol XAMMP start. Hingga server apache dapat berfungsi dengan masuk ke http://localhost. Masuk ke menu phpmyadmin untuk mengakses database mysql.


Karena apache pada XAMPP disertai dengan akses terhadap database Mysql, maka diperlukan port tertentu untuk komunikasi Client dengan Mysql. Sekarang kembali ke Command Prompt, dan jalankan lagi netstat untuk melihat port baru yang terbentuk ketika XAMPP dijalankan.


Perhatikan Localhost:3306 berarti pada PC localhost (127.0.0.1) terdapat port 3306. Coba matikan kembali XAMPP untuk membuktikan jika port 3306 itu muncul akibat XAMPP.

Aplikasi lain seperti antivirus, windows, dan lain-lain yang membutuhkan update, pasti memiliki port tertentu yang terbuka ketika dijalankan. Untuk menghindari virus trojan, sebaiknya tidak sembarangan menginstall program (biasanya game).


 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s